Info Lengkap Sejarah & Update Harga Roti Bagelen di Pasaran

 

Siapa mengira jika roti awalnya dibuat secara tidak sengaja oleh pemuda dari Mesir. Roti pertama tersebut terbuat dari adonan yang terfermentasi cukup lama dan kemudian dipanggang. Roti kemudian terus berkembang menjadi berbagai macam salah satunya jenis yang cukup populer di tengah yakni Bagelen. Roti kering dengan paduan rasa manis dan asin tersebut dijual dengan harga cukup terjangkau.

Bacaan Lainnya
Roti Bagelen (Instagram @peko_tort)
Roti Bagelen (Instagram @peko_tort)

Menelisik lebih jauh, resep kuliner roti bagelen merupakan resapan dari resep kuliner negara Belanda. Pada masa penjajahan, Indonesia mulai mengenal roti warmbollen yang merupakan salah satu penganan asal Belanda. Roti tersebut memiliki tekstur basah dengan isian buttercream. Inilah cikal bakal terlahirnya bagelen, roti yang mirip warmbollen dengan olesan buttercream atau mentega, hanya saja teksturnya lebih garing.

Karakteristik Roti Bagelen

Nah, pasti tak banyak yang tahu bahwa roti bagelen memiliki sejarah yang cukup unik. Nama Bagelen diketahui berasal dari daerah Jawa Tengah. Banyaknya warga di daerah Bagelen tersebut berprofesi sebagai pembuat roti kering, tak ayal nama roti kering di sana menjadi populer sebagai roti bagelen.[1] Pendistribusian roti yang sebelumnya dibuat dengan bahan dasar gandum tersebut, terbilang cukup sukses, sehingga kudapan ini masih bertengger manis di etalase toko-toko kue kecil maupun yang telah memiliki nama, khususnya di Pulau Jawa.

Baca juga  Update Harga Kacang Tojin 1 Kg, Camilan Renyah Khas Sumatera Barat

Tak hanya dibuat dengan gandum, kini roti bagelen juga banyak dikembangkan dari bahan lainnya seperti tepung bahkan roti tawar. Sebab, mulanya roti bagelen diciptakan daerah setempat karena mencegah roti berjamur. Roti tawar pun akhirnya diubah menjadi bagelen.

Sebelum roti tawar berjamur, para pembuat roti mengubah teksturnya menjadi bagelen. Caranya begitu sederhana dengan memanggang roti tawar dengan buttercream (mentega putih yang beraroma lebih kuat dan manis) maupun mentega. Setelah kering, umumnya roti bagelen akan ditaburi gula pasir.

Seiring waktu, resep roti bagelen terus mengalami perubahan sehingga menghasilkan banyak varian bentuk dan rasa. Toppingnya kini tak sekadar gula pasir saja, tapi juga keju, meises, cokelat, selai buah, dan lain sebagainya. Warna roti bagelen pun kian ciamik dengan pewarna makanan yang aman dikonsumsi, contohnya seperti bagelen pelangi.

Faktanya, roti bagelen pernah meraih rekor MURI pada silam dalam acara Fortune Baking Festival di Semarang, Jawa Tengah. Rekor MURI tersebut mengapresiasi replika Warak Ngendog yang disusun dari 2.450 buah roti bagelen dengan batik setinggi 4 meter dan lebar 2 meter. Pembuat roti bagelen tersebut menghabiskan waktu selama dua hari dengan total bahan dasar roti sebanyak 8 ton. Luar biasa, bukan?

Baca juga  Update Harga Ekstrak Kulit Manggis di Apotek dan Situs E-Commerce
Roti bagelen (sumber: omiyago.com)
Roti bagelen (sumber: omiyago.com)

Harga Roti Bagelen di Pasaran

Varian Roti Bagelen Harga (Rp)
Bagelen Jordan 7.600
Indomaret Mini Bagelen Keju 45g 10.700
Indomaret Mini Bagelen Cokelat 45 gr 10.700
Bagelen Bulat Rasa Roombotter Cempaka Baru 250 gram 16.500
Weston Bagelen Butter Kecil 150 gram 17.500
Arnet Roti Bagelen Rasa Keju 22.000
Calista Bagelen 30.000
Bagelen Tjemara 32.900
Bagelen Abadi WarmbollenVanila 38.000
Kartika Toast Bagelen Cheese + Bagelen Butter Kartika Sari (2 pcs) 40.000
Bagelen Basah Abadi 44.900
BAGELEN Roti Kering Smeer Meses Merissa Oleh-oleh Khas Solo 52.000
Kartika Sari Bagelen Special Cheese/Special Butter/Almond 64.800
Bagelen Abadi Super Mini 68.500
Bagelen Roti Kering Maxim’s 70.000
Roti Kering Bagelen Bandung Raya 82.000
Bagelen Mini Curah per kilo 90.000
Bagelen Prima Rasa 1 Toples 91.860
Bagelen Merk Abadi Rombotter Kaleng 150.000

 

Roti bagelen (sumber: abadibagelen.com)
Roti bagelen (sumber: abadibagelen.com)

Harga roti bagelen tahun 2022 dan 2021 ada beberapa yang mengalami kenaikan dari tahun 2020. Misalnya produk Bagelen Jordan yang dibanderol Rp6.500 tahun 2020, naik jadi Rp7.500 di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp7.600 tahun 2022.

Baca juga  Info Terbaru Harga Fanta 1,5 Liter dan Kemasan Lainnya

Demikian pula produk Bagelen Abadi Warmbollen Vanila yang naik harga dari Rp30.500 di tahun 2020 menjadi Rp37 ribu di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp38 ribu di tahun 2022. Namun, ada juga produk yang turun harga seperti Bagelen Abadi Super Mini dari Rp65 ribu di tahun 2021 jadi Rp62 ribu di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp68 ribu tahun 2022.

Harga di atas tentu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak penjual. Kisaran tersebut kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Anda dapat menemukan roti bagelen dengan mudah di sejumlah minimarket seperti di Indomaret mulai harga belasan ribu rupiah. Jika ingin lebih hemat, di pasar juga banyak terdapat roti bagelen berbagai merek.

[Update: Almas]

[1] HardiMelliana. 2018. Fun Cooking with Yackikuka. Jakarta: PT Cahaya Duabelas Semesta, hlm. 43.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.