Harga Roster Beton 20 x 20 (Minimalis dan Motif)

Salah satu syarat untuk mendapatkan hunian yang sehat adalah menjaga sirkulasi udara agar tetap baik. Nah, untuk tujuan tersebut, Anda bisa mengaplikasikan berbagai lubang angin dari material seperti batako, GRC, hingga batu alam. Namun, salah satu material yang populer adalah roster beton dan diklaim cocok untuk rumah di daerah tropis seperti Indonesia. Sudah hadir dalam berbagai ukuran, termasuk 20 x 20 cm dan 0 x 30 cm, harga komponen ini ternyata relatif terjangkau.

Dinding roster beton (sumber: his.ua)

Dinding roster beton (sumber: his.ua)

Seperti yang kita ketahui, Indonesia berada di daerah tropis, yang membuatnya memiliki suhu rata-rata tidak kurang dari 18 derajat Celcius, yakni 27 derajat Celcius.[1] Dengan matahari yang menyinari selama 12 dalam sehari, udara yang panas dapat membuat banyak orang merasa tidak nyaman, baik ketika melakukan aktivitas maupun beristirahat. Bahkan, paparan panas berlebih dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti heat rash hingga heat stroke.[2]

Nah, untuk meminimalkan hal-hal tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan ventilasi pada hunian. Ventilasi sendiri dapat diartikan sebagai pertukaran udara di dalam bangunan dan di luar ruangan.[3] Menurut sebuah studi, keberadaan ventilasi pada bangunan di daerah tropis sangat penting bagi kenyamanan termal dan berperan dalam mendukung peningkatan waktu kerja produktif.[4] Standar ukuran ventilasi yang berkisar 10 sampai 20 persen dapat ditingkatkan sampai mencapai 50 persen dari luasan lantai jika kebutuhan angin dalam ruangan belum memadai.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kandang Kucing dari Kayu (Berbagai Ukuran)

Kelebihan Roster Beton

Ada berbagai bahan yang dapat diaplikasikan sebagai ventilasi udara, salah satunya roster beton. Dilansir dari Dekoruma, roster beton memiliki bentuk seperti bata yang dilubangi di bagian tengahnya. Hollow atau rongga tersebut diklaim berfungsi efektif untuk menghalau teriknya sinar matahari, menyalurkan udara sejuk, sekaligus menciptakan aksen unik untuk hunian.

Roster beton ini sering digunakan sebagai bangunan pasang dinding karena mudah dipasang dan dirawat, tidak membutuhkan banyak bahan pendukung, tidak membutuhkan banyak tenaga kerja dalam pemasangan, tahan terhadap cuaca dan lapuk, serta memanfaatkan potensi lokal.[5] Selain itu, roster beton kerap dipilih masyarakat lantaran punya harga yang lebih ekonomis dibandingkan roster dari bahan lain.

Kelebihan roster beton tidak berhenti di situ. Terbuat dari campuran material semen, pasir, dan kerikil, bahan ini dikatakan memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan roster yang terbuat dari kayu, tanah liat, dan semen. Dengan komposisi material penyusun yang lebih kompleks, roster beton resisten terhadap pelapukan yang disebabkan perubahan cuaca.

Menggunakan roster beton juga dapat berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Pasalnya, dengan memanfaatkan potensi cahaya alami, udara, dan angin secara maksimal, Anda telah melakukan penghematan energi. Ruangan yang terisi cahaya alami yang optimal dan pertukaran udara yang lancar sama dengan mengurangi penggunaan listrik dan pendingin ruangan, termasuk AC.

Baca juga  Update Harga Mangkok Bakso (Berbagai Merk & Ukuran)

Tidak hanya dapat dipasang di bagian eksterior, roster beton juga bisa Anda aplikasikan di dalam ruangan. Roster beton yang disusun secara vertikal dapat berfungsi sebagai penyekat antara dua ruangan atau transisi area indoor dan outdoor. Selain itu, dengan bentuknya yang masif, roster beton bisa disusun dengan mudah menjadi pernik hiasan taman dalam rumah, seperti bangku dan pot tanaman.

Berbagai motif roster (twitter: @rosterbeton)

Berbagai motif roster (twitter: @rosterbeton)

Nah, apabila Anda tertarik menggunakan roster beton untuk rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan terdekat atau sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung ukuran dan model. Sebagai referensi, berikut harga roster beton ukuran 20 x 20 cm di pasaran.

Harga Roster Beton 20 x 20

Model Roster BetonHarga
Roster Beton 20 x 20 Minimalis Lubang 4Rp8.000 – Rp15.000 per
Roster Beton 20 x 20 MiringRp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Motif Sarang SemutRp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Motif Laba-LabaRp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Motif BulatRp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Model ZRp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Lubang 9Rp9.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 3DRp9.000 – Rp17.000 per buah
Roster Beton 20 x 20 Motif BungaRp12.000 – Rp19.800 per buah
Baca juga  Update Harga Ulekan Kayu dan Batu Berbagai Ukuran

Harga roster beton ukuran 20 x 20 cm di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko material bangunan dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga roster beton 20 x 20 cm tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang dijual sama.

[1] Syahnan, Muhammad Rif’at, Azridjal Aziz, Rahmat Iman Mainil. 2016. Potensi Air Kondesat sebagai Media Pendingin untuk Aplikasi Modul Evaporative Cooling terhadap Performansi AC Split 1 PK. JOM Fakultas Teknik Universitas Riau, Vol. 3(2): 1-5.

[2] Pandiangan, Kristoffel Colbert, Listiani Nurul Huda, A. Jabbar M. Rambe. 2013. Analisis Perancangan Sistem Ventilasi dalam Meningkatkan Kenyamanan Termal di Ruangan Formulasi XYZ. e-Jurnal Teknik Industri FT USU, Vol. 1(1): 1-6.

[3] Indrani, Hedy C. 2008. Kinerja Ventilasi pada Hunian Rumah Susun Dupak Bangunrejo Surabaya. Dimensi Interior: Jurnal Desain Interior, Vol. 6(1): 9-23.

[4] Ibid.

[5] Umar, Muhammad Zakaria. 2019. Kajian Fisik Roster Beton di Kota Kendari. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, Vol. 8(3): 155-162.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Roster Beton 20 x 20 (Minimalis dan Motif)"