Harga Terbaru Roll Cat Tembok Motif dan Polos di Pasaran Berikut Panduan Penggunaannya

Selain dengan kuas, salah satu alat yang bisa Anda gunakan ketika Anda ingin mengecat atau dinding rumah adalah roll. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak roll , baik yang polos maupun yang motif, dengan bervariasi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan anggaran serta keinginan Anda dalam menghias rumah.

Sekilas Tentang Roll Cat

Penggunaan roller cat

Penggunaan roller cat

Roll, atau juga bisa disebut dengan roller, merupakan salah satu alat yang bisa digunakan dalam pengecatan. Alat ini sangat cocok dan tepat jika Anda akan mengecat permukaan yang luas, seperti tembok dan plafon. Namun, untuk menggunakan roller ini, pastikan roller yang Anda pilih tepat agar hasil pengecatan bisa sempurna.

Seperti dikutip dari Edupaint.com, sebaiknya pilih roller yang sesuai peruntukan dan pekerjaan tertentu. Untuk pekerjaan dengan cat enamel, misalnya untuk pintu dan dinding dapur, gunakan roller dari bahan mohair, yaitu roller dengan bulu halus dari kambing tertentu. Sementara, untuk mengaplikasikan cat yang mengilap (gloss) atau agak mengilap (semi-gloss) di dinding yang rata, misalnya plester, lantai, dan dinding, sebaiknya gunakan roller yang tipis kurang dari seperempat inci.

Di pasaran, roller hadir dalam berbagai varian atau jenis yaitu: 

  • Roller sudut, seperti namanya, biasanya digunakan untuk mengecat sudut permukaan dan perbatasan dinding.
  • Roller trim, biasanya memiliki panjang 3 inci dan sesuai untuk mengecat area bidang yang sempit.
  • Roller radiator, biasanya memiliki diameter 3/4 inci dan cocok untuk mengecat bagian belakang radiator, toilet, dan pemanas air.
  • Roller khusus, umum digunakan untuk mengecat permukaan yang bundar, seperti pipa dan pilar.
  • Roller busa, biasanya dipakai untuk mengecat besi tempat dan railing tangga.

Nah, jika Anda bosan dengan dinding yang polos dan kelihatan monoton, Anda sekarang bisa mendekorasi ulang tembok rumah Anda dengan cara lain yang lebih unik dan diklaim lebih ramah di kantong, yaitu menggunakan bantuan roll motif. Roll ini dikatakan dapat mempercantik dinding dan hasilnya tidak kalah keren jika dibandingkan dengan wallpaper.

Roll cat motif sendiri secara sederhana bisa dikatakan sebagai alat untuk mengecat dinding yang berbentuk roll, dengan motif gambar yang bisa diaplikasikan langsung dengan cat tembok. Dengan roll ini, tampilan dinding dikatakan lebih menarik, dengan pengerjaan yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Roll cat motif sudah tersedia dalam beraneka motif, mulai bunga mawar, pattern wallpaper, gambar kartun, dan lain-lain.

Harga Roll Cat Tembok

Roller cat motif (sumber: etsy.com)

Roller cat motif (sumber: etsy.com)

Lalu, di mana bisa mendapatkan roll cat tembok, baik yang polos maupun yang motif? Anda tidak perlu bingung, karena alat mengecat ini sudah tersedia di banyak toko bangunan maupun situs jual beli online lokal. Harga roll polos umumnya jauh lebih murah dibandingkan roll dengan motif. Berikut kami informasikan kisaran harga roll cat tembok, baik polos maupun motif, di pasaran Tanah Air.

Jenis RollKisaran Harga (Rp)
Roll Polos ‘Rolset’ 4 inciMulai 15.000
Roll Polos ‘Supra’Mulai 20.000
Roll Polos ‘Rolset’ 9 inciMulai 25.000
Roll Polos ‘Ace Budget’ 3,8 inciMulai 35.000
Roll Motif Seri 054y WallpaperMulai 84.500
Roll Motif Seri 071y WallpaperMulai 84.500
Roll Motif Seri 021y WallpaperMulai 84.500
Roll Motif Seri 002y WallpaperMulai 84.500
Roll Motif MawarMulai 110.000
Roll Motif WallpaperMulai 110.000
Roll Motif GarisMulai 110.000
Roll Motif Logo PlayboyMulai 110.000
Roll Motif Anime/KartunMulai 119.000
Roll Motif KaligrafiMulai 119.000
Roll Motif KotakMulai 115.000
Otokomae Monotaro Resin RollerMulai 99.900

Di samping roll, ada banyak penjual yang juga menawarkan satu paket roll lengkap dengan bak. Di pasaran, harga paket roll plus bak ini berada di kisaran Rp200 ribuan hingga Rp350 ribuan, tergantung  roll, roll, dan juga ukuran bak. Anda bisa mengecek sendiri harga paket ini langsung di toko bangunan maupun situs jual beli online.

Panduan Menggunakan Roll

Roll, roller, motif, polos, harga, cat, tembok, dinding, aplikasi, pengecatan, wallpaper, jenis, rumah, seri, paket, logo, situs, online, toko, bangunan

Roller yang biasa digunakan dalam pengecatan tembok

Mengaplikasikan cat tembok menggunakan roll memang bisa dikatakan relatif lebih mudah jika dibandingkan memakai kuas. Pasalnya, roller cat dapat mempercepat proses pengecatan, dan permukaan tembok pun akan lebih rata dan halus. Di samping itu, roller cat juga dapat dipakai untuk memperoleh efek-efek tertentu pada dinding, misalnya dinding tampak seperti wall-cover.

Untuk menggunakan roller, secara umum sama seperti Anda menggunakan kuas. Berikut adalah teknik mengaplikasikan cat tembok menggunakan roller yang bisa Anda coba di rumah.

  • Umumnya roller digunakan untuk pengecatan dinding dengan ukuran luas atau lebar.
  • Sebaiknya, Anda lakukan terlebih dahulu percobaan cat menggunakan roller pada area tertentu untuk menentukan kekentalan cat.
  • Setelah Anda mendapatkan komposisi kekentalan cat yang tepat, Anda bisa mencelupkan roller ke dalam ember cat.
  • Tempatkan roller di tengah-tengah ember cat yang sudah terisi, kemudian angkat roller dan gulung menuruni sampai lereng ember, kemudian berhenti beberapa waktu. Lakukan hal ini dua atau tiga kali untuk memastikan cat terserap oleh kuas roller.
  • Kemudian, angkat roller secara perlahan dari ember cat, untuk menghindari tetesan, lakukan penyapuan ke dinding dengan mendorong roller menjauh dari tubuh Anda.
  • Pengecatan dengan roller dilakukan dengan tanpa mengangkat roller dari dinding, lakukan pola seolah-olah Anda menulis huruf “M” besar atau huruf “W” besar.
  • Kemudian, masih tanpa mengangkat roller dari dinding, isi ruang kosong dari huruf yang dibuat dengan pola zig zag .
  • Setelah satu daerah selesai, kemudian angkat roller dengan perlahan, selanjutnya pindah ke daerah lain dengan memastikan cat masih ada di kuas roller.

Setelah pengecatan lapisan pertama sudah selesai dan kering, Anda bisa lihat apakah hasil pengecatan sudah maksimal. Jika belum, maka Anda bisa lakukan pengecatan lapisan kedua, kemudian tunggu sampai kering. Disarankan untuk melakukan percobaan pertama dengan menggunakan komposisi dari campuran cat terlebih dahulu untuk memastikan berapa lapisan cat yang Anda perlukan.

[Update: Ditta] 

Baca juga  Update Terlengkap Harga Popok Merek Sweety (Semua Ukuran)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Terbaru Roll Cat Tembok Motif dan Polos di Pasaran Berikut Panduan Penggunaannya"