Harga Rohto Cool (Botol & Dus)

No comment174 views

Saat cuaca sedang , berangin, dan berdebu, terlebih banyak polusi udara dari asap kendaraan, mata rentan terkena iritasi maupun gangguan mata lainnya. Untungnya, untuk mengatasi masalah ini, sudah tersedia banyak obat mata yang dapat Anda pakai, salah satunya Rohto Cool. Diklaim dapat meredakan sementara mata merah akibat iritasi ringan, produk ini dapat Anda di berbagai apotek, toko obat, maupun lewat situs online dengan harga mulai belasan ribu rupiah per botol.

Ilustrasi: memakai obat tetes mata (sumber: wpr.org)

Ilustrasi: memakai obat tetes mata (sumber: wpr.org)

Iritasi mata merupakan salah satu masalah mata yang memang sering terjadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan sebagian penyebabnya bersifat menular. Umumnya, iritasi mata ini disebabkan cuaca yang panas dan berangin, debu, serta tingkat polusi asap kendaraan yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, penggunaan gadget yang menuntut mata untuk selalu siaga menatap layar juga bisa menimbulkan gangguan mata kering.

Untuk mereka yang doyan berenang pun tidak luput dari masalah ini. Pasalnya, sebagian besar air di kolam renang sudah tercampur bahan klorin berupa kaporit yang awalnya ditujukan sebagai desinfeksi. Namun, yang perlu diketahui bahwa kaporit dalam jumlah berlebihan ternyata dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan, seperti iritasi saluran pernapasan, dada terasa sesak, gangguan pada tenggorokan, batuk, hingga iritasi pada mata.[1]

Baca juga  Update Kisaran Biaya Operasi Hipospadia

Sebuah studi tahun 2015 lalu dengan pengukuran kadar awal sisa klor pada kolam renang di kawasan Jakarta Selatan sebesar mg per liter menemukan bahwa 74 orang pengguna kolam renang mengalami keluhan iritasi mata.[2] Penelitian tersebut mengatakan bahwa ada hubungan bermakna antara kadar sisa klor terhadap keluhan iritasi mata pada pengguna kolam renang.

Untung saja, untuk mengatasi gejala iritasi mata tersebut, sekarang sudah tersedia sediaan obat mata. Sediaan farmasi untuk obat mata ini dapat berupa salep dan larutan, dengan keduanya memiliki sterilitas yang terjamin. Salep mata sendiri adalah salep steril yang mengandung basis salep (massa lunak), sedangkan larutan, juga suspensi, biasanya berbentuk tetes mata yang digunakan dengan cara meneteskan obat pada selaput lendir mata di sekitar kelopak dan bola mata.[3]

Indikasi Rohto Cool

Dibandingkan salep, memang kebanyakan masyarakat lebih suka memakai obat mata dalam bentuk tetes. Di pasaran sendiri, sudah ada sejumlah merk yang cukup terkenal, salah satunya Rohto Cool. Ini adalah produk buatan PT Rohto Laboratories yang diklaim dapat meredakan sementara mata merah akibat iritasi ringan yang disebabkan debu, asap, angin, sengatan matahari, pemakaian lensa kontak, alergi, atau karena berenang.

Baca juga  Indikasi, Efek Samping, dan Harga Neurodex di Apotik

Dalam satu botol Rohto Cool, telah mengandung Naphazoline HCI sebesar 0,012%, Asam Borat, Natrium Borat, Dinatrium Edetat, Polisorbat 80, Benzalkonium Klorida sebesar 0,005%, Klorobutanol, dan Menthol. Mekanisme kerja Naphazoline HCI adalah sebagai dekongestan yang membatasi respon vaskular konjungtiva dengan cara vasokontriksi.

Agar mendapatkan hasil terbaik, dosis penggunaan Rohto Cool yang disarankan adalah meneteskan satu atau dua pada masing-masing mata sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Perlu diingat, jangan menggunakan dosis lebih dari yang disarankan karena dapat menimbulkan efek samping berupa mata pedih mata panas, hingga hipertermi.

Rohto Cool (youtube: Rohto Eye Drops)

Rohto Cool (youtube: Rohto Eye Drops)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan Rohto Cool. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli obat tetes mata tersebut di sejumlah apotek, toko obat, minimarket seperti Indomaret, atau lewat situs jual beli online. Hadir dalam kemasan botol berisi 7 ml, obat ini dapat dibeli secara maupun per dus. Berikut kisaran harga Rohto Cool di sejumlah tempat.

Baca juga  Info Harga Natur-E di Indomaret, Alfamart, Apotek

Harga Rohto Cool

Tempat JualHarga
Situs E-CommerceRp14.650 – Rp55.000 per botol
MandjurRp17.500 per botol
Apotek K24Rp18.110 per botol
AlfamartRp18.500 per botol
IndomaretRp18.700 per botol
WatsonsRp21.900 per botol
HD MallRp30.082 per botol

Selain per botol, banyak juga pedagang yang menawarkan obat mata Rohto Cool dalam kemasan kardus berisi 12 botol. Biasanya dijual lewat situs jual beli online, harga Rohto Cool per dus ini sekitar Rp175 ribu hingga Rp200 ribuan. Perlu dicatat bahwa harga Rohto Cool tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[1] Wicaksono, Bayu, Budiyono, Onny Setiani. 2016. Faktor Risiko Kejadian Iritasi Mata pada Pengguna Kolam Renang X di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) UNDIP, Vol. 4(4): 852-858.

[2] Burhanudin, Ibnu. 2015. Analisis Klorin terhadap Keluhan Iritasi Mata pada Pengguna Kolam Renang Pemerintah di Jakarta Selatan Tahun 2015 (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

[3] Lalia, An Nisa N, dkk. 2019. Tingkat Pengetahuan Masyarakat di Daerah Joyoboyo tentang Penyakit Mata dan Sediaan Obat Mata. Jurnal Farmasi Komunitas, Vol. 6(1): 9-13.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Rohto Cool (Botol & Dus)"