Keunggulan dan Update Harga Rinso Cair Semua Kemasan

Rinso merupakan salah satu merek deterjen ternama di Nusantara. Selain menghadirkan deterjen bubuk atau powder, Rinso juga merilis deterjen dalam bentuk cair atau liquid. Harga deterjen cair Rinso tidaklah mahal, bahkan ada varian kemasan sachet sekali tuang yang dijual dengan harga ribuan rupiah saja.

Rinso Cair All Varian (credit: Tokopedia)
Rinso Cair All Varian (: Tokopedia)

Keunggulan dan Komposisi Rinso Cair

Menurut penelitian, deterjen merupakan bahan kimia pembersih yang dibuat dari suatu bahan dasar surfaktan dengan penambahan bahan dasar lainnya. Secara khusus, deterjen adalah surface active agent antara minyak dan air yang mampu menghilangkan kotoran dengan cara emulsi. Secara umum, detergen yang dijual di pasaran mengandung bahan utama berupa enzyme, brighteners surfaktan, builders, bleaches, alkalis. dan colorants corrosion inhibitor.[1]

Bacaan Lainnya

Selain mengandung bahan-bahan di atas, khusus untuk deterjen merek Rinso jenis liquid, juga dilengkapi dengan fragrance, antibacterial, antimicrobial, dan bahan campuran lain. Fragrance, atau yang biasa dikenal sebagai parfum, memiliki peran sebagai pencegah bau apek pada yang dijemur. Parfume juga akan memberikan sensasi kesegaran dengan wangi floral yang tahan lama.

Ada banyak varian aroma deterjen cair Rinso yang bisa Anda pilih, mulai dari aroma floral classic, aroma bunga mawar yang segar, hingga aroma buah peach Jepang yang manis dan segar. Selain itu, ada varian Rinso cair yang dilengkapi dengan pengharum sekaligus pelembut pakaian bermerek Molto. Biasanya, Rinso seperti ini wanginya lebih tahan lama di pakaian dan tidak membuat pakaian bau matahari saat kelamaan dijemur.

Bahan terpenting lainnya yang ada pada produk Rinso adalah surfaktan atau surface active agent (zat aktif permukaan). Ini merupakan komponen utama deterjen yang menyebabkan Rinso dapat membasahi permukaan kain dengan menurunkan tegangan permukaan air. Senyawa ini memiliki bentuk yang mirip dengan berudu atau bola raket mini yang terdiri dari bagian kepala dan ekor.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Surfaktan memiliki dua sifat yang berada di bagian kepala dan ekornya. Kepala surfaktan bersifat hidrofilik, merupakan bagian nonpolar. Kepala pada surfaktan dapat berupa anion, kation, atau non-ion. Sementara itu, ekor surfaktan dapat berbentuk rantai linier atau hidrokarbon. Konfigurasi kepala-ekor tersebut membuat surfaktan memiliki fungsi sebagai pembersih pada deterjen cair Rinso.

Rinso cair dengan kandungan surfaktan lebih tinggi dibanding Rinso bubuk, dikenal sebagai deterjen pembersih yang ampuh untuk mengangkat noda dalam sekali kucek. Noda yang membandel dan bersifat lengket, seperti tinta, oli, minyak goreng, dan es , diklaim bisa dibersihkan tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Deterjen seperti ini cocok bagi Anda yang selalu harus mencuci pakaian dalam jumlah banyak.

Sebagai tips agar Rinso sekali bilas dapat bekerja dengan maksimal, Anda perlu mencampur air dengan satu sachet Rinso cair hingga berbusa. Setelah itu, masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam bag berisi air Rinso. Rendam pakaian selama 20 menit hingga 1 jam. Setelah air mulai berubah warna menjadi lebih gelap dan pekat, Anda bisa mulai mengucek pakaian. Cara ini akan membuat noda pada pakaian langsung terangkat dan larut dalam air.

Merendam pakaian sebelum dicuci di air Rinso juga akan membuat parfum Rinso menyerap secara merata pada pakaian. Jadi, setelah pakaian dicuci dan dibilas, Anda tidak perlu merendam pakaian dalam air pelembut atau pewangi pakaian. Cara ini terbilang lebih efisien karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mencuci.

Ada juga Rinso cair yang memiliki sifat ringan dan dilengkapi dengan teknologi khusus agar ramah mesin cuci. Deterjen seperti ini konon tidak akan membuat baju Anda mudah rusak atau membuat mesin cuci cepat rusak karena deterjen. Baju yang dicuci dengan Rinso khusus untuk mesin cuci juga tidak mudah menguning. Ini cocok bagi Anda yang ingin mencuci kemeja dan baju dengan warna terang.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Rinso cair juga tidak akan mengubah warna pakaian Anda yang bernada gelap. Pakaian dengan bahan katun atau nilon yang gelap tidak akan berubah menjadi terang atau luntur. Meskipun begitu, sebaiknya Anda memisahkan pakaian berwarna dan putih saat dicuci. Cara ini akan mempermudah Anda ketika akan menjemur pakaian.

Keunggulan lain produk Rinso cair, yaitu tidak panas di tangan. Meskipun mengandung bahan kimia cukup tinggi, menurut beberapa konsumen, Rinso cair tidak membuat tangan Anda meriang atau seperti terbakar saat mencuci. Ini cocok bagi Anda yang memiliki kulit tangan sensitif. Kebanyakan deterjen yang beredar di pasaran kadang memang membuat tangan menjadi panas dan kemerahan. Sehingga, tak jarang orang malas mencuci.

Beberapa varian Rinso cair yang mengandung pelembut dan pengharum pakaian juga tidak membuat tangan kekeringan. Terlalu sering mencuci baju, kadang membuat telapak tangan menjadi kering dan kasar. Tak sedikit pula orang merasakan kulitnya mengelupas dan tebal akibat deterjen cair. Rinso cair konon membuat tangan terasa halus dan lembut setelah mencuci. Sehingga, Anda bisa mencuci pakaian dengan lebih santai dan aman.

Ilustrasi: Mencuci Baju (credit: hellogiggles)
Ilustrasi: Mencuci Baju (credit: hellogiggles)

Tips Mencuci dengan Rinso Cair

Selain bisa dipakai untuk mencuci pakaian, banyak konsumen yang memakai Rinso cair untuk mencuci , handuk, selimut, bed cover, dan helm. Untuk mencuci semua benda tersebut, Anda harus merendamnya terlebih dahulu sesuai ketebalan bahannya. Misalnya, jika Anda mencuci bed cover atau selimut, Anda perlu merendam bahan tersebut selama 1 jam hingga 2 jam atau hingga air rendaman berubah warna. Sehingga, tidak ada kotoran yang tersisa setelah dibilas.

Jika Anda ingin mencuci sepatu memakai Rinso cair, Anda perlu memperhatikan bahan sepatu. Untuk sepatu berbahan kain beludru, Anda tidak boleh merendamnya terlalu lama. Ini akan membuat sepatu kehilangan sifat beludrunya. Selain itu, Anda memerlukan sikat khusus untuk menghilangkan warna kehitaman atau kecokelatan akibat kotoran dan debu yang menempel. Sehingga, sepatu akan terlihat seperti baru.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Sebelum membeli Rinso cair untuk memenuhi kebutuhan deterjen di rumah, pastikan Anda mengetahui harga dan varian yang beredar di pasaran. Jadi, Anda bisa memperkirakan anggaran belanja bulanan dengan mudah. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel harga Rinso cair berikut.

Ilustrasi: Varian Rinso Cair (credit: IG @mula.yanto)
Ilustrasi: Varian Rinso Cair (credit: IG @mula.yanto)

Harga Rinso Cair

Varian Rinso Cair Harga
Rinso Cair Molto Sachet 42 ml Rp1.000
Rinso Cair Anti Noda Sachet 42 ml Rp1.000
Rinso Cair Molto 46 ml Rp1.000
Rinso Cair Molto Rose Fresh 42 ml Rp1.000
Rinso Cair Molto Perfume 215 ml Rp5.000
Rinso Cair Classic Fresh 1 renceng 40 ml Rp5.308
Rinso Cair Sachet 1 renceng 40 ml Rp5.500
Rinso Cair Molto 1 renceng 40 ml Rp5.500
Rinso Cair Royal Gold 1 renceng 42 ml Rp11.200
Rinso Cair Gentle 700 ml Rp24.500
Rinso Cair 800 ml Rp25.415
Rinso Cair 800 ml Rp29.000
Rinso Cair Molto 750 ml Rp29.200
Rinso Cair Molto Japanese Peach 1 l Rp44.100

Informasi harga Rinso cair di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Rinso cair di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Rinso Cair Royal Gold 1 renceng 42 ml yang semula dijual seharga Rp8 ribu, kini naik menjadi Rp11.200. Begitu pula harga Rinso Cair Molto 750 ml yang naik dari Rp17.500 menjadi Rp29.200. Anda juga bisa mendatangi minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart untuk membeli beberapa varian Rinso cair.

[Update: Ditta]

[1] Agustina, Siti, dkk. 2005. Biodegradasi dan Toksisitas Deterjen. Jurnal Kimia dan Kemasan, Vol. 27(2): 1-7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *