Berbicara mengenai produk deterjen di Indonesia, salah satu nama yang sangat populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga adalah Rinso. Bahkan, di beberapa daerah, orang-orang Indonesia lebih sering menyebut detergen penghasil busa pakaian sebagai Rinso. Di pasaran sendiri, Rinso telah hadir dalam berbagai kemasan, salah satunya 1.4 kg yang dijual dengan harga mulai Rp36 ribuan.
Wikipedia mencatat, Rinso adalah nama merk sabun cuci atau deterjen dari Unilever yang digunakan di Australia, Indonesia, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Merek ini awalnya diciptakan oleh Robert S. Hudson dengan merek dagang Hudson’s Soap dan pada tahun 1908 dijual kepada Lever Brothers dari Port Sunlight, Inggris. Rinso juga diproduksi oleh Lever Brothers Company (kemudian dikenal sebagai Unilever) di Amerika Serikat, dimulai pada tahun 1918.
Di pasaran Indonesia, masih menurut sumber yang sama, Rinso diluncurkan pada tahun 1970 sebagai merek deterjen pertama di Tanah Air dan terkenal dengan motto ‘’Berani Kotor itu Baik”. Kini, Rinso dikatakan sebagai pemimpin nomor satu di pasar deterjen Indonesia, dan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut (2003, 2004, dan 2005).
Sementara itu, Unilever Indonesia dalam situs resminya mengungkapkan tujuan Rinso adalah memberikan proses pencucian yang efektif dan lebih mudah dan pengalaman mencuci terbaik agar orang dapat mengeluarkan semua potensi mereka tanpa takut kotor. Perusahaan berangkat dari filosofi bagaimana anak-anak bebas bereksplorasi, pulang ke rumah dalam keadaan kotor, dan bernoda bak mengenakan lencana penemu yang pemberani. Ini adalah cara yang berharga untuk memperkaya hidup mereka. Jadi, perusahaan menekankan “jangan takut kotor” karena ketika menjadi kotor, kotor itu baik.
Di pasaran dalam negeri, dikutip Tirto, Rinso memang telah menjadi nama generik bagi produk deterjen untuk mencuci pakaian. Jika seorang ibu menyuruh anaknya ‘belikan Rinso ya, Nak!’ maka detergen yang dimaksud belum tentu bermerek Rinso, bisa saja merek lainnya. Rinso bernasib seperti Honda untuk produk sepeda motor, Sanyo untuk pompa listrik, atau Aqua untuk air mineral.
Masih menurut sumber yang sama, di Indonesia, Rinso termasuk merek yang top, seperti halnya sabun merek Lux dan pasta gigi Pepsodent. Rinso bahkan kerap dikatakan sebagai market leader deterjen (pemimpin pasar deterjen), dalam hal ini di Indonesia.[1] Sebelumnya, Rinso hanya memiliki satu jenis untuk satu kebutuhan. Namun, saat ini varian Rinso semakin beragam. Ada Rinso yang dikhususkan untuk menjaga agar warna pakaian tetap cemerlang, Rinso yang dikhususkan untuk proses mencuci dengan cepat, hingga Rinso yang dikhususkan untuk mesin cuci. Berikut beberapa varian Rinso yang telah dijual bebas di Indonesia.
Varian Rinso
- Rinso Detergen Bubuk Colour Care. Produk ini dikatakan memiliki beberapa keunggulan, antara lain dengan ekstrak kulit jeruk, efektif menghilangkan noda membandel, menjaga pakaian tetap halus, wangi bersih dan segar, serta warna pakaian tetap cemerlang. Rinso Detergent Bubuk Colour Care sendiri hadir dalam kemasan 800 gram
- Rinso Anti Noda plus Molto. Produk ini hadir dalam varian Rinso Molto Deterjen Cair Perfume Essence (kemasan 42 ml, 225 ml, 800 ml, dan 1.000 ml), Rinso Anti Noda Deterjen Bubuk Classic Fresh (kemasan 24 gram, 46 gram, 430 gram, 600 gram, 800 gram, 1.4 kg, dan 1.8 kg), Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh (kemasan 42 ml, 225 ml, 800 ml, dan 1.000 ml), Rinso Molto Deterjen Cair Royal Gold (kemasan 42 ml dan 800 ml), Rinso Molto Deterjen Bubuk Rose Fresh (46 gram, 250 gram, 800 gram, 1.8 kg), Rinso Molto Deterjen Bubuk Royal Gold (kemasan 800 gram), dan Rinso Anti Noda Deterjen Cair Classic Fresh (kemasan 42 ml dan 800 ml).
- Rinso Matic. Produk ini tersedia dalam varian Rinso Matic Deterjen Bubuk Bukaan Depan (kemasan 1 kg dan 3 kg), Rinso Matic Deterjen Bubuk Bukaan Atas (kemasan 3 kg), Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Depan (kemasan 1.6 liter dan 2.7 liter), dan Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Atas (kemasan 65 ml, 800 ml, 1.6 liter, dan 2.7 liter).
- Rinso Gentle. Produk ini dikatakan efektif untuk menghilangkan noda dan cocok untuk kulit yang sensitif. Rinso Gentle sendiri tersedia dalam varian Rinso Gentle Deterjen Bubuk kemasan 700 gram dan Rinso Gentle Deterjen Cair kemasan 700 ml.
Jika Anda membutuhkan deterjen dalam jumlah banyak, maka Rinso kemasan 1.4 kg bisa menjadi pilihan yang cocok. Lalu, berapa harganya saat ini?
Harga Rinso 1.4 Kg
Jumlah Rinso 1.4 Kg | Harga |
Rinso 1.4 Kg eceran | Rp36.000 – Rp44.700 |
Twin Pack Rinso 1.4 Kg (2 pcs) | Rp63.100 |
Informasi harga Rinso 1.4 kg di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, Rinso kemasan 1.4 kg dijual dengan harga mulai Rp33 ribuan. Namun perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.
Untuk mendapatkan deterjen Rinso memang tidak susah. Anda bisa membeli produk ini di pasar tradisional, toko kelontong, minimarket, pasar swalayan, maupun supermarket besar. Selain kemasan 1.4 kg, juga tersedia kemasan lebih kecil atau bahkan lebih besar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai gambaran, berikut kami sajikan berbagai varian Rinso yang dijual di minimarket.
Harga Rinso di Minimarket
Varian Rinso | Harga di Indomaret | Harga di Alfamart |
Rinso Deterjen Powder + Molto Purple 250 gr | Rp4.500 | Rp5.000 |
Rinso Molto Detergent Cair Japanese Peach 510 ml | Rp14.900 | Rp14.800 |
Rinso Molto Deterjen Cair Royal Gold 510 ml | Rp14.900 | Rp14.900 |
Rinso Deterjen Cair Molto Perfume Essence 565 ml | Rp14.900 | Rp14.900 |
Rinso Deterjen Powder Anti Noda + Molto Korean Strawberry 700 gr | Rp27.300 | Rp22.900 |
Rinso Deterjen Powder + Molto Rose Fresh 770 gr | Rp27.300 | Rp27.600 |
Rinso Deterjen Powder Classic 1.2 kg | – | Rp42.700 |
Rinso Deterjen Powder Molto 1.8 kg | Rp62.100 | Rp64.000 |
Rinso Deterjen Liquid Front Load 1.6 L | Rp82.700 | – |
Informasi harga Rinso di atas kami rangkum dari aplikasi dan website resmi minimarket yang bersangkutan. Perlu diketahui, di setiap cabang minimarket harganya bisa berbeda-beda. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi cabang Indomaret atau Alfamart terdekat.
Rinso sendiri menyarankan agar para ibu menggunakan detergen cair, alih-alih detergen bubuk. Pasalnya, menurut produsen, detergen cair mudah sekali larut dalam air. Ini artinya, baik di temperatur air yang dingin sekalipun, detergen jenis ini tetap dapat menyatu dengan air. Selain itu, varian ini dapat dioleskan langsung ke noda pakaian, memiliki busa lebih banyak, tidak ada sisa butir detergen setelah proses pencucian, dan wangi.
[Update: Ditta]
[1] Kertajaya, Hermawan. 2005. Strategi Membidik Pasar Ibu. Jakarta: gramedia Pustaka Utama, hlm. 45.