Info Terbaru Harga Rinso 1.4 Kg dan Varian Lengkapnya

Berbicara mengenai produk deterjen di , salah satu nama yang sangat populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga adalah Rinso. Bahkan, di beberapa daerah, orang-orang lebih sering menyebut detergen penghasil busa pakaian sebagai Rinso. Di sendiri, Rinso telah hadir dalam berbagai kemasan, salah satunya 1.4 kg yang dijual dengan mulai Rp29 ribuan.

Display Rinso di minimarket (sumber: tribunnews.com)

Display Rinso di minimarket (sumber: tribunnews.com)

Wikipedia mencatat, Rinso adalah nama atau deterjen dari Unilever yang digunakan di Australia, Indonesia, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Merek ini awalnya diciptakan oleh Robert S. Hudson dengan merek dagang Hudson's Soap dan pada tahun 1908 dijual kepada Lever Brothers dari Port Sunlight, Inggris. Rinso juga diproduksi oleh Lever Brothers Company (kemudian dikenal sebagai Unilever) di Amerika Serikat, dimulai pada tahun 1918.

Di pasaran Indonesia, masih menurut sumber yang sama, Rinso diluncurkan pada tahun 1970 sebagai merek deterjen pertama di Tanah Air dan terkenal dengan motto ‘’Berani Kotor itu Baik’’. Kini, Rinso dikatakan sebagai pemimpin nomor satu di pasar deterjen Indonesia, dan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award selama 3 tahun berturut-turut (2003, 2004, dan 2005).

Sementara itu, Unilever Indonesia dalam situs resminya mengungkapkan tujuan Rinso adalah memberikan pencucian yang efektif dan lebih mudah dan pengalaman mencuci terbaik agar orang dapat mengeluarkan semua potensi mereka tanpa takut kotor. Perusahaan berangkat dari filosofi bagaimana anak-anak bebas bereksplorasi, pulang ke rumah dalam keadaan kotor, dan bernoda bak mengenakan lencana penemu yang pemberani. Ini adalah cara yang berharga untuk memperkaya hidup mereka. Jadi, perusahaan menekankan “jangan takut kotor” karena ketika menjadi kotor, kotor itu baik.

Baca juga  Info Terbaru Harga You C1000

Di pasaran dalam negeri, dikutip Tirto, Rinso memang telah menjadi nama generik bagi produk deterjen untuk mencuci pakaian. Jika seorang ibu menyuruh anaknya ‘belikan Rinso ya, Nak!’ maka detergen yang dimaksud belum tentu bermerek Rinso, bisa saja merek lainnya. Rinso bernasib seperti Honda untuk produk sepeda motor, Sanyo untuk pompa listrik, atau Aqua untuk air mineral.

Masih menurut sumber yang sama, di Indonesia, Rinso termasuk merek yang top, seperti halnya sabun merek Lux dan pasta gigi Pepsodent. Hermawan Kertajaya dkk dalam buku ‘Positioning, Diferensiasi dan Brand’ menyebut Rinso sebagai market leader deterjen (pemimpin pasar deterjen), dalam hal ini di Indonesia.[1] Sebelumnya, Rinso hanya memiliki satu jenis saja untuk satu kebutuhan. Namun, saat ini varian Rinso semakin beragam. Ada Rinso yang dikhususkan untuk menjaga agar warna pakaian tetap cemerlang, Rinso yang dikhususkan untuk proses mencuci dengan cepat, hingga Rinso yang dikhususkan untuk cuci. Berikut beberapa varian Rinso yang telah dijual bebas di Indonesia.

Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak Jagung yang Diklaim Baik Untuk Kesehatan Jantung

Varian Rinso

Deterjen bubuk

Deterjen bubuk

  • Rinso Detergen Bubuk Colour Care. Produk ini dikatakan memiliki beberapa keunggulan, antara lain dengan ekstrak jeruk, efektif menghilangkan noda membandel, menjaga pakaian tetap halus, wangi bersih dan segar, serta warna pakaian tetap cemerlang. Rinso Detergent Bubuk Colour Care sendiri hadir dalam kemasan 800 gram
  • Rinso Anti Noda plus Molto. Produk ini hadir dalam varian Rinso Molto Deterjen Cair Perfume Essence (kemasan 42 ml, 225 ml, 800 ml, dan 1.000 ml), Rinso Anti Noda Deterjen Bubuk Classic Fresh (kemasan 24 gram, 46 gram, 430 gram, 600 gram, 800 gram, 1.4 kg, dan 1.8 kg), Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh (kemasan 42 ml, 225 ml, 800 ml, dan 1.000 ml), Rinso Molto Deterjen Cair Royal Gold (kemasan 42 ml dan 800 ml), Rinso Molto Deterjen Bubuk Rose Fresh (46 gram, 250 gram, 800 gram, 1.8 kg), Rinso Molto Deterjen Bubuk Royal Gold (kemasan 800 gram), dan Rinso Anti Noda Deterjen Cair Classic Fresh (kemasan 42 ml dan 800 ml).
  • Rinso Matic. Produk ini tersedia dalam varian Rinso Matic Deterjen Bubuk Bukaan Depan (kemasan 1 kg dan 3 kg), Rinso Matic Deterjen Bubuk Bukaan Atas (kemasan 3 kg), Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Depan (kemasan 1.6 liter dan 2.7 liter), dan Rinso Matic Deterjen Cair Bukaan Atas (kemasan 65 ml, 800 ml, 1.6 liter, dan 2.7 liter).
  • Rinso Gentle. Produk ini dikatakan efektif untuk menghilangkan noda dan cocok untuk kulit yang sensitif. Rinso Gentle sendiri tersedia dalam varian Rinso Gentle Deterjen Bubuk kemasan 700 gram dan Rinso Gentle Deterjen Cair kemasan 700 ml.
Baca juga  Update Harga Rokok Tahun 2021 (Berbagai Merk)

Dari semua varian tersebut, masing-masing menawarkan sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu, berapa harga Rinso dengan kemasan 1,4 kg saat ini?

Harga Rinso 1.4 Kg

Untuk mendapatkan detergen Rinso memang tidak susah. Anda bisa membeli produk ini di pasar tradisional, toko kelontong, minimarket, pasar swalayan, maupun supermarket besar. Harga masing-masing varian tentunya berbeda, tergantung kemasannya. Nah, untuk Rinso Deterjen Bubuk Classic Fresh kemasan 1.4 kg, sekarang dijual dengan harga Rp27 ribu. Harga tersebut terbilang turun dari penawaran sebelumnya yang mencapai Rp29 ribu per bungkus.

Rinso sendiri menyarankan agar para ibu menggunakan detergen cair, alih-alih detergen bubuk. Pasalnya, menurut produsen, detergen cair mudah sekali larut dalam air. Ini artinya, baik di temperatur air yang dingin sekalipun, detergen jenis ini tetap dapat menyatu dengan air. Selain itu, varian ini dapat dioleskan langsung ke noda pakaian, memiliki busa lebih banyak, tidak ada sisa butir detergen setelah proses pencucian, dan wangi.

[Update: Ditta]

[1] Kertajaya, Hermawan. Strategi membidik pasar ibu (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005), hlm. 45

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Rinso 1.4 Kg dan Varian Lengkapnya"