Update Harga Resleting Tas per Meter & per Roll

Resleting menjadi salah satu komponen yang hampir selalu ditemukan di berbagai produk seperti tas, jaket, gaun, hingga sepatu. Dibandingkan kancing atau pengait biasa, resleting atau ritsleting menawarkan kepraktisan yang lebih tinggi. Harga resleting di pasaran biasanya ditentukan berdasarkan merk, jenis, dan ukurannya.

Resleting tas (sumber: packhacker.com)
Resleting tas (sumber: packhacker.com)

Tahukah Anda? Ternyata resleting diciptakan karena rasa ketidaksabaran sang penemunya. Menurut sejarah, tercatat resleting ditemukan sekitar tahun 1890-an. Waktu itu, sepatu yang dipakai kebanyakan orang adalah sepatu yang tingginya hingga menutupi betis. Tentunya banyak kancing yang harus digunakan sebagai pengaitnya.

Bacaan Lainnya

Untuk memakai dan membuka sepatu tersebut, diperlukan waktu lebih sekurang-kurangnya 15 menit. Hal tersebut yang dikeluhkan Whitcomb Judson. Kemudian ia memutar otak menciptakan alat pengait baru selain kancing. Berbagai eksperimen ia coba untuk mewujudkannya, dan akhirnya terciptalah benda pengait yang terdiri dari dua metal yang dapat disatukan dengan kepala pengait di tengahnya.

Usaha kerasnya semakin membuahkan hasil sekalipun telah banyak menemui kendala dan hasil yang kurang sempurna. Hingga ia mendapat dukungan dari Kolonel Lewis Walker untuk membuka Universal Fastener Company di bulan Desember 1913 yang menjadi cikal bakal perusahaan resleting yang dikenal hingga saat ini.

Selang beberapa waktu, benda pengait ciptaan Judson semakin berkembang. Tidak hanya dipasang untuk sepatu, tetapi untuk benda lainnya seperti baju maupun tas bahkan meluas dan multifungsi. Sayangnya, belum ada nama untuk benda ini. Hingga pada satu kesempatan, seorang pengusaha datang berkunjung ke perusahaannya untuk melihat Judson memperagakan alat temuannya ini bekerja. Dengan spontan ia berteriak, “Wow Zipper!” Sejak itulah alat pengait ini disebut zipper dan dikenal dengan resleting di Indonesia.

Ada beberapa jenis resleting yang ada di pasaran yang bisa dibedakan dari bahan pembuatnya juga dari bentuk/tipenya. Menurut tipenya, resleting dibedakan menjadi dua, yaitu Close End dan Open End.

Jenis Resleting

  • Resleting Close End, adalah resleting yang bagian ujungnya dilengkapi dengan kawat pembatas/pengunci (bottom stop) sehingga kepala resleting tidak akan lepas. Resleting ini biasanya dipakai untuk kantong, tas, sepatu, celana, ataupun dress.
  • Resleting Open End, yaitu resleting yang tidak terdapat kawat pengunci di ujungnya sehingga kedua sisi resleting dapat dipisah. Namun biasanya dilengkapi juga dengan pembatas yang bisa dibuka tutup. Resleting ini biasanya dipakai untuk pengganti kancing di bagian depan baju seperti kemeja atau jaket.

Berdasarkan bahan pembuatnya, resleting dibedakan menjadi empat, yaitu invisible zipper, coil zipper, metal zipper, dan plastic zipper. Penjelasannya sebagai berikut.

Bahan Resleting

  • Invisible zipper biasa disebut resleting jepang, giginya tidak terlihat dan biasa dipakai untuk dress atau gaun.
  • Coil zipper, resleting ini gigi-giginya terbuat dari polyester atau nilon yang membentuk gulungan panjang. Karena itulah disebut coil. Di pasaran banyak dijual dalam bentuk close end maupun open end. Untuk memenuhi kebutuhan industri, diproduksi juga dalam ukuran panjang yang tidak dibatasi dan dijual per gulung atau per meter.
  • Metal zipper. Dari namanya sudah jelas kalau resleting berbahan besi atau metal. Gigi resleting ini memang terbuat dari metal seperti kuningan, aluminium, atau nikel.
  • Plastic zipper. Dilihat dari bentuk giginya, resleting ini mirip dengan metallic zipper. Hanya giginya terbuat dari plastik atau resin. Plastic zipper iasa dipasarkan dalam open end yang digunakan untuk jaket maupun tas.[1]
Harga Resleting Tas – shopee.co.id

Harga Resleting Tas

Merk Resleting TasHarga
Resleting koil/plastik ASAHI no 5Rp1.500 per meter
Resleting AMCO no 5 Rp2.200 per meter
Resleting plastik tas kerajinan tangan souvenir no 5Rp3.000 per meter
Resleting Vislon no 5 Merk Lion 24 inch/60 cmRp4.000
Resleting YKK no 5Rp4.250 per meter
Resleting YEE gigi kasar 70 cmRp5.000
Resleting Jepang invisible zipper 25 cm atau 10 inciRp7.000 per lusin
Resleting besi no 5 (62) Emas Muda (90 cm)Rp7.035 per yard
Resleting waterproof panjang 78 cm Rp15.000
Resleting AMCO no 5 per 5 meterRp11.000
Resleting tas waterproof no 3Rp13.000 per meter
Resleting slider tas no 3 100 yard (90 meter)Rp86.500 per roll

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga resleting tas di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, resleting YKK no 5 yang semula dijual seharga Rp4 ribu, kini sedikit naik menjadi Rp4.250 per meter. Begitu pula harga resleting Jepang invisible zipper 25 cm yang naik dari Rp6 ribu menjadi Rp7 ribu per lusin.

Harga resleting tas di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga resleting tas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan bisa berbeda di setiap tempat. Anda dapat mendatangi peralatan jahit terdekat atau memesan produk melalui sejumlah situs online.

[Update: Ditta]

[1] Aan, A. 2014. Absolute Zipper Creations: 20 Aksesori Unik & Cantik dari Resleting (Muttafaqur R, editor). Sidoarjo: Genta Group Production.

Pos terkait