Update Harga Regulator Common Gas dan Keunggulannya

Tabung gas saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia yang tidak bisa dilepas begitu saja. Banyak toko kelontong hingga pusat perbelanjaan menjual produk ini. Untuk tabung gas, dibutuhkan alat sebagai penghantar gas dan kompor berupa selang dan regulator. Biasanya, selang dan regulator dijual sepaket, tetapi ada juga yang dijual secara terpisah. Nah, salah satu regulator gas yang dijual terpisah dan diminati banyak orang adalah regulator common gas dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Regulator dan selang Common Gas/CommonGaz (facebook: Jual Produk LPG)
Regulator dan selang Common Gas/CommonGaz (facebook: Jual Produk LPG)

Keunggulan Regulator Common Gas

  • Lulus Standar Uji Nasional. Bagi Anda yang ingin membeli regulator gas, Anda juga perlu memperhatikan kelayakannya. Untuk mengetahui apakah regulator layak digunakan, Anda bisa melihat bagian selang atau kepala regulator. Jika terdapat label SNI, maka regulator memiliki kualitas baik sekaligus lulus uji nasional. Salah satu regulator yang memiliki label SNI adalah regulator common gas. Dengan label SNI pada bagian regulatornya, Anda tidak perlu khawatir terjadi kebocoran gas. Regulator berlabel SNI memiliki tingkat kebocoran hampir 0%. Jika Anda regulator tersebut, regulator dengan sendirinya mampu mengatasi kebocoran gas sehingga aman untuk digunakan.
  • Memiliki Seal Karet Ganda. Regulator yang baik dan aman juga dilengkapi dengan seal karet atau pengunci karet ganda, seperti pada regulator common gas. Pada regulator ini, terdapat karet khusus yang dapat mencegah kebocoran gas. Biasanya, seal karet hanya Anda temui pada bagian penutup tabung gas, tetapi jika Anda memilih regulator common gas, Anda juga akan mendapatkannya. Sangat penting untuk mengganti karet pada tabung gas, karena karetnya mudah aus. Ini merupakan salah satu penyebab kebocoran gas yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk itu, jika Anda regulator common gas, Anda tidak perlu khawatir mengenai kebocoran tersebut. Karena, seal karet ganda akan memberikan perlindungan lebih terhadap risiko kebocoran gas.
  • Dilengkapi Manometer. Bagi Anda yang sering kebingungan dengan kapasitas tabung LPG Anda, Anda bisa mencoba regulator common gas. Regulator ini dilengkapi dengan manometer sebagai alat untuk mengukur banyaknya gas pada tabung gas. Dengan memperhatikan manometer pada regulator, Anda bisa mengetahui sudah seberapa banyak penggunaan gas pada tabung. Ini mempermudah Anda untuk mengetahui waktu yang tepat mengisi ulang kembali tabung gas. Anda juga bisa memperkirakan kebutuhan gas pada tabung gas setiap bulannya. Manometer pada regulator common gas tidak hanya memiliki fungsi sebagai ukuran kapasitas volume gas, tetapi juga sebagai salah satu penghematan. Anda bisa memperkirakan penghematan dengan melihat angka pada manometer regulator common gas.
  • Dilengkapi Sekring. Sekring pada regulator common gas memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk mencegah kebocoran dan ledakan tabung gas. Apabila kebocoran terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena regulator akan menutup aliran gas secara otomatis. Sehingga, kebocoran dapat teratasi dan tidak menimbulkan bahaya. Banyaknya kejadian berbahaya, seperti tabung gas yang meledak, juga diakibatkan oleh penggunaan regulator tanpa sekring. Regulator seperti ini tidak bisa mengatasi kebocoran dengan baik, sehingga gas yang bocor menyebar hingga ke seluruh ruangan. Jika ada api di sekitarnya, maka tabung gas akan meledak.
  • Regulator common gas juga membuat Anda bisa lebih hemat dalam gas. Hal ini karena adanya sekring dan manometer, ketika gas tidak digunakan, maka secara otomatis aliran gas tidak akan naik ke selang regulator dan kompor. Berbeda jika Anda menggunakan regulator biasa. Walaupun Anda sudah mematikan kompor, tetapi masih ada sebagian kecil gas yang bergerak naik ke selang dan kompor. Mungkin kebocoran kecil semacam ini tidak berbahaya, tetapi cukup menguras isi gas dalam tabung.

Harga Regulator Common Gas

Untuk mendapatkan regulator common gas, tidak terlalu sulit. Pasalnya, sudah banyak toko kecil hingga pusat perbelanjaan yang menjualnya. Anda juga bisa membelinya secara online jika ingin yang lebih mudah dan praktis. Jika Anda membeli regulator common gas, pastikan ada garansinya. Kebanyakan orang menjual regulator common gas dengan garansi 1 tahun.

Bacaan Lainnya
Pemakaian Regulator Gas – www.rumah.com

Saat ini, harga regulator common gas dibanderol mulai Rp450.000 hingga Rp592.000. Harga regulator tersebut tentu saja tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harganya berkisar Rp400.000 hingga Rp517.500 per unit. Harga tersebut biasanya sudah termasuk garansi serta karet tabung gas dan karet regulator.

Ciri Regulator Common Gas Asli

Anda juga perlu memperhatikan regulator gas jika Anda ingin tahu apakah produk memang asli atau justru palsu. Ciri regulator common gas yang asli, selain memiliki garansi, juga dilengkapi dengan label nama common gas pada selang dan bagian kepala regulator. Selain itu, regulator common gas yang asli dilengkapi dengan box khusus yang terbuat dari karton tebal. Di dalam kardus tersebut, ada pelindung berupa bubble wrap dan segel. Regulator juga dilengkapi dengan buku panduan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. 

Regulator jenis ini terbilang lebih awet dibanding jenis lainnya, karena bahan dasarnya yang memang berkualitas serta kelengkapannya. Biasanya, regulator common gas dapat digunakan selama 2 tahun hingga 5 tahun. Sehingga, Anda tidak perlu mengganti regulator common gas dalam waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat regulator tersebut cukup laris di pasaran.

[Ditta]

Pos terkait