Update Harga Rebung Bambu Mentah & Kaleng

Rebung bambu banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi masakan seperti gulai atau bahkan dijadikan isian lumpia. Beberapa jenis rebung bahkan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. rebung atau bambu muda di pasaran sendiri cukup beragam, tergantung jenis dan kemasannya.

Rebung Bambu (sumber: gencil.news)
Rebung Bambu (sumber: gencil.news)

Bambu merupakan salah satu famili dari tanaman rumput-rumputan (Gramineae) sehingga masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum. Di seluruh dunia, diperkirakan ada sekitar 700 spesies bambu dan 300 spesies di antaranya terdapat di Asia, terutama di wilayah Indoburma yang dianggap sebagai daerah asal-usulnya.

Bacaan Lainnya

Meskipun semua bambu menghasilkan rebung, tetapi tidak semuanya menghasilkan rebung yang enak untuk dimakan. Semua rebung bambu mengandung HCN ( sianida) yang merupakan senyawa beracun dengan tingkat yang beragam. Rebung bambu yang memiliki kandungan HCN tinggi, selain rasanya pahit, berbahaya untuk dikonsumsi. Sebaliknya, rebung bambu yang mengandung HCN di bawah ambang berbahaya dapat dimakan sebagai sayuran atau campuran bahan makanan lainnya. Namun, bambu yang menghasilkan rebung dengan kandungan HCN rendah dan dapat dimakan tidak sampai 10% dari seluruh spesies bambu yang ada.

Baca juga  Update Harga Kopi Robusta per Kilo di Tingkat Petani

Bambu yang menghasilkan rebung dengan kandungan HCN rendah dan enak untuk dikonsumsi di antaranya adalah bambu betung (Dendrocalamus asper), bambu temen (Gigantochloa verticillata), bambu kuning (Dendrocalamus latiflorus), dan bambu hijau (Bambusa oldhamii). Bambu betung dan bambu temen merupakan bambu lokal yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sementara, bambu kuning dan bambu hijau berasal dari sehingga sering disebut bambu taiwan.

Rebung Bambu (credit: onlyfoods.net)
Rebung Bambu (credit: onlyfoods.net)

Jenis Rebung Bambu yang Dapat Dimakan

  • Bambu betung di beberapa daerah dinamakan awi bitung, deling betung, atau pring petung. Jenis bambu ini hidup mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut (dpl), memiliki rumpun agak sedikit rapat, dan pertumbuhannya sangat lambat. batang (buluh) mencapai 20 m dengan garis tengah 20 cm sehingga termasuk jenis bambu berukuran besar. Bambu betung banyak digunakan untuk bahan bangunan, bilik rumah, dan furniture. Rebungnya bertekstur agak kasar dan beratnya dapat mencapai 15 kg/rebung.
  • Bambu temen sering juga disebut bambu gombong atau bambu ater. Jenis bambu ini tumbuh sangat merumpun dengan batang (buluh) mencapai 26 m dan diameter 12 cm sehingga tergolong bambu berukuran medium. Penyebaran jenis bambu ini mulai dari dataran rendah sampai pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut (dpl). Rebungnya bertekstur halus dan manis dengan berat rata-rata 5 kg/rebung. Batang (buluh) bambu ini sering digunakan untuk bahan baku kerajinan.
  • Bambu kuning di Indonesia belum banyak dikenal. Jenis bambu ini memiliki rumpun sedang, batang (buluh) sekitar 10 m, dan diameter 10 cm sehingga termasuk bambu ukuran kecil. Di Taiwan, yang merupakan negara asalnya, bambu kuning dibudidayakan khusus untuk diambil rebungnya. Bambu kuning tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 800 m di atas permukaan laut (dpl). Bambu ini memiliki rebung berwarna kekuning-kuningan dengan tekstur halus, renyah, dan berat rata-rata 1 kg/rebung.
  • Bambu hijau memiliki sedikit perbedaan dengan bambu kuning, meskipun sama-sama berasal dari Taiwan. Bambu hijau memiliki diameter batang (buluh) hanya sekitar 8-9 cm. Ukuran rebung bambu hijau lebih dibandingkan dengan rebung bambu kuning, beratnya hanya sekitar 200 gram/rebung. Namun, rebung bambu hijau nyaris tidak berserat dan lebih manis dibandingkan dengan rebung bambu kuning.[1]
Baca juga  Update Harga Buah Kiwi di Indomaret dan Alfamart
Rebung bambu (sumber: sehatq.com)
Rebung bambu (sumber: sehatq.com)

Rebung Bambu

Kemasan/Merek Rebung
MaLing Rebung Bambu Kaleng Canned Bamboo Shoot 552 gram Rp26.590
Red Boat Brand Rebung Bambu Kalengan Bamboo Shoots 552 gr Rp28.500
Rebung Bambu Kuning Segar 1 kg Rp68.000
Rebung Bambu Hijau Fresh 1 kg Rp66.500
Rebung Bambu Petung 1 kg (sudah direbus) Rp72.000
Rebung Bambu Kering 250 gr Rp75.000
Rebung Iris Kaleng Bamboo Shoot Trips Cantine 2920 gr Rp85.000
Rebung Kering Sun Kua RRC Cap 1kg Rp390.000

Informasi harga rebung bambu di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga rebung bambu segar maupun kalengan tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga rebung bambu tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, MaLing rebung bambu kaleng canned bamboo shoot 552 gram yang dijual dengan harga Rp21 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp27 ribuan tahun 2021, tetapi sedikit turun menjadi Rp26 ribuan tahun 2022.

Baca juga  Update Harga Polybag 60x60 Karung dan Plastik Hitam

[Update: Almas]

[1] Andoko, A. 2003. Budi Daya Bambu Rebung. Yogyakarta: Kanisius, hal. 11-12.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar