Harga Rebana Satuan dan 1 Set

No comment2111 views

Jika Anda pernah atau malah sering melihat kesenian hadrah atau hadroh, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan rebana. Yup, rebana adalah salah satu instrumen yang sangat penting dalam sebuah musik hadroh. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut alat ini dengan nama hadrah. Dijual secara satuan atau per set, harga rebana di pasaran rata-rata puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Harga Rebana 1 Set - shopee.co.id

Harga Rebana 1 Set - shopee.co.id

Dikutip dari berbagai sumber, rebana adalah instrumen musik tradisional berbentuk gendang pipih khas Suku Melayu. Alat ini terdiri dari dua bagian penting, yakni bingkai dan kulit. Bingkai rebana umumnya terbuat dari material kayu berbentuk lingkaran yang dibubut, sedangkan bagian kulitnya terbuat dari kulit kambing dibentangkan di sisi atas bingkai. Bagian kulit ini pula yang nantinya menjadi tempat pemain menepuk-nepuk rebana sehingga menghasilkan alunan nada yang khas.

Rebana sendiri bisa digolongkan sebagai alat musik perkusi yang termasuk dalam kelompok membranophone atau alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau kulit binatang.[1] Bingkai kayu rebana berukuran sekitar 25 sampai 30 cm. Ada rebana dengan bingkai kayu yang diberi kepingan-kepingan logam sehingga menimbulkan suara gemerincing.

Meski identik dengan budaya Melayu, termasuk di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia, namun rebana nyatanya berasal dari kawasan Timur Tengah. Konon, instrumen ini pertama kali dimainkan dalam acara penyambutan Rasulullah SAW ketika beliau hijrah ke Madinah. Kala itu, penduduk Ansar melantunkan ‘Thola’al badru ‘alaina’ sebagai syukur atas kedatangan Nabi Muhammad SAW.[2]

Baca juga  Update Harga Kuali (Wajan) Ukuran Besar

Ketika ke kawasan Indonesia, yang dibawa oleh pedagang Muslim, rebana kemudian berakulturasi dengan kebudayaan setempat, menghasilkan model yang sering kita lihat seperti sekarang. Di Jakarta dan sekitarnya misalnya, terdapat beragam ukuran rebana, seperti rebana ketimpring, marawis, hadroh, hingga rebana kasidah, sedangkan di kawasan Jawa Tengah biasa disebut genjring, jidor, tambur, kempling, atau ketimpring.[3]

Karena kerap dimainkan dalam acara-acara bernapaskan Islam, rebana akhirnya menjadi media dakwah yang efektif sekaligus sebagai hiburan. Dewasa ini, rebana bahkan kerap dipakai oleh kelompok vokal, seperti grup nasyid. Rebana dipakai untuk mengiringi mereka melantunkan syair-syair berbahasa Arab dalam bentuk .

Jenis Rebana Populer

  • Rebana biang, dipopulerkan oleh pasukan Mataram pimpinan Sultan Agung. Saat itu, instrumen ini memiliki fungsi sebagai pengiring hiburan serta sarana untuk melakukan kegiatan tarekat. Disebut biang karena rebana tersebut memiliki bentuk yang cukup besar, dengan diameter mencapai 80 cm.
  • Rebana hadrah, terdiri dari tiga instrumen, yakni bawa yang berfungsi sebagai komando, ganjil atau seling sebagai pengisi, serta gedug yang berfungsi sebagai bass. Jenis pukulan hadrah ini ada empat, antara lain tepak, kentang, gedug, dan pentil.
  • Rebana maukhid, diperkenalkan oleh Habib Hussein Alhadad, yang sebenarnya terdiri hanya dua buah, namun dikembangkan menjadi empat sampai 16 buah.
  • Rebana ketimpring, punya garis tengah 20 sampai 25 cm saja, yang terdiri dari tiga buah instrumen, yaitu tiga, empat, dan lima. Cara memainkan ketimpring ada dua, yakni ngarak yang berfungsi sebagai musik iringan dalam arak-arakan, serta maulid yang mengiringi pembacaan riwayat Nabi Muhammad SAW.
Baca juga  Update Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)

Cara Memainkan Rebana

Alat musik rebana dimainkan dengan memukul bagian membran atau kulitnya. Selain terbuat dari kulit hewan, ada juga lapisan yang terbuat dari plastik. Suara yang dihasilkan oleh rebana cukup bervariasi, tergantung dari cara memainkannya, teknik yang digunakan, hingga ukuran rebana itu sendiri. Dalam memainkan rebana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tenaga yang digunakan tidak boleh terlalu lemah dan tidak boleh berlebihan, pegang rebana dengan benar agar tidak terjatuh, serta memukul dengan benar sehingga tangan tidak .

Alat Musik Rebana - id.wikipedia.org

Alat Musik Rebana - id.wikipedia.org

Jika Anda tertarik memainkan atau belajar alat musik rebana, tidak sulit mendapatkan instrumen tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah toko peralatan musik. Bahkan, tidak sedikit yang menawarkan rebana di berbagai situs jual beli online, dengan beragam model, mulai polos, bermotif, hingga dengan ornamen lempengan logam.

Harga Rebana

Model/Ukuran RebanaHarga
Rebana Polos KecilRp45.000 – Rp60.000
Rebana Polos 18 cmMulai Rp75.000
Rebana Polos 20 cmMulai Rp85.000
Rebana Polos 22 cmMulai Rp90.000
Rebana Ecrek 20 cmMulai Rp120.000
Rebana Polos 30 cmMulai Rp175.000
Rebana Model Reflektif 25 cmMulai Rp232.800
Rebana Set 4 BuahMulai Rp300.000
Rebana Rumbai Set 7 BuahMulai Rp499.000
Rebana Kulit Set 7 BuahMulai Rp720.000
Rebana Ukir Set 4 BuahRp3.000.000
Rebana Al Habsi 1 SetRp3.456.000
Rebana Ukir Jepara 1 SetRp3.500.000
Baca juga  Info Terupdate Harga Kotak Hantaran (Seserahan) untuk Pernikahan

Harga alat musik rebana di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs e-commerce dalam negeri. Perlu diketahui bahwa harga rebana tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga instrumen musik ini juga dapat berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung kebijakan toko yang bersangkutan.

[1] Sinaga, Syahrul Syah. 2001. Akulturasi Kesenian Rebana. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, Vol. 2(3): 72-83.

[2] Ramadhan, Reza Bakhtiar. 2017. Hadroh di Dusun Banyunganti Kidul (Studi Living Hadis: Teori Fungsional Thomas F. O’dea). Jurnal Living Hadis, Vol. 2(1): 49-66.

[3] Sinaga, Syahrul Syah. Op. cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Rebana Satuan dan 1 Set"