Harga Reagen Golongan Darah Lengkap

No comment340 views

Apakah Anda saat ini sudah mengetahui golongan darah Anda? Jika belum, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek golongan darah. Selain pergi ke puskesmas atau sakit, Anda pun bisa mengecek golongan darah secara mandiri melalui reagen. Di pasaran, sudah tersedia banyak merek reagen golongan darah dengan yang bisa dibilang terjangkau.

Dilansir dari Wikipedia, golongan darah dapat dikatakan sebagai pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidaknya adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut.

Reagen Golongan Darah - www.bukalapak.com

Reagen Golongan Darah - www.bukalapak.com

Golongan darah tiap individu memang tidak sama. Perbedaan golongan darah sendiri dikelompokkan dalam A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun dibagi menjadi negatif dan positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh.

Menurut Alodokter.com, ada dua teknik yang dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, golongan darah dapat dibagi menjadi 4 tipe, yaitu A, B, AB, dan O.

  • Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antigen.
  • Jika Anda memiliki golongan darah B, maka Anda memiliki antigen B pada sel darah merah dan memproduksi antibodi A untuk melawan sel darah merah dengan antigen A.
  • Jika Anda memiliki golongan darah AB, maka Anda memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Ini juga berarti Anda tidak memiliki antibodi A dan B pada plasma darah.
  • Jika Anda memiliki golongan darah O, maka Anda tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah. Orang bergolongan darah O memproduksi antibodi A dan B di plasma darah.

Dulu, pemilik golongan darah O bisa mendonorkan darahnya kepada siapa pun, namun kini tidak lagi dianjurkan. Golongan darah O negatif kemungkinan memiliki antibodi yang bisa menyebabkan reaksi serius selama transfusi darah berlangsung. Sementara, golongan darah O positif hanya boleh diberikan dalam situasi darurat, yaitu jika pasien sedang terancam jiwanya atau persediaan tipe darah yang sesuai tidak mencukupi.

Jenis penggolongan darah lain yang cukup dikenal adalah dengan memanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh. Nama ini diperoleh dari monyet jenis Rhesus yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner. Seseorang yang tidak memiliki faktor Rh di permukaan sel darah merahnya memiliki golongan darah Rh-. Sementara, mereka yang memiliki faktor Rh pada permukaan sel darah merahnya disebut memiliki golongan darah Rh+.

Kecocokan faktor Rhesus amat penting karena ketidakcocokan golongan. Misalnya donor dengan Rh+ sedangkan resipien Rh-, dapat menyebabkan produksi antibodi terhadap antigen Rh(D) yang mengakibatkan hemolisis. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang pada atau di bawah usia melahirkan karena faktor Rh dapat memengaruhi janin pada saat kehamilan.

Cek Darah - www.wsj.com

Cek Darah - www.wsj.com

Untuk mengetahui golongan darah, diperlukan sampel darah. Sampel darah yang dibutuhkan sedikit jumlahnya. Tenaga medis akan menggunakan jarum untuk mengambil sampel darah, biasanya dari ujung jari. Setelah darah diambil, bekas tusukan jarum ditutup dengan plester. Selanjutnya, sampel darah dicampur dengan antigen tipe A dan B. Sampel diperiksa untuk melihat apakah sel-sel darah menggumpal. Jika sel darah saling menempel atau menggumpal, ini artinya darah bereaksi dengan salah satu antigen.

Kemudian, bagian cair dan tanpa sel (plasma) dari darah dicampurkan dengan golongan darah A dan B. Golongan darah A memiliki antibodi anti-B. Orang dengan golongan darah B memiliki antibodi anti-A. Golongan darah O mengandung kedua jenis antibodi, sedangkan golongan darah AB tidak memiliki keduanya.

dan Penggunaan Reagen

Selain memeriksakan diri ke rumah sakit, puskesmas, atau PMI, Anda pun bisa mengecek atau mengetahui golongan darah Anda secara mandiri menggunakan reagen. Ini adalah sejenis tes golongan darah yang dapat membantu Anda untuk mengetahui golongan darah Anda dengan cara yang sangat mudah.

  • Pertama-tama, siapkan alat dan yang akan Anda gunakan untuk tes golongan darah, yang terdiri dari pipet, pengaduk, slide atau keramik, dan tentunya reagen golongan darah.
  • Teteskan satu drop (kurang lebih 40 ml) masing-masing reagen golongan darah pada slide yang sudah tersedia.
  • Kemudian, teteskan sampel darah Anda di samping masing-masing reagen golongan darah tersebut.
  • Aduk dengan menggunakan batang pengaduk atau pipet sehingga dua bahan tersebut tercampur.
  • Kemudian, goyang-goyangkan slide selama kurang lebih satu menit dan setelah itu Anda dapat membaca hasil yang terbentuk.
  • Jika tidak terjadi aglutinasi pada campuran, maka golongan darah adalah O.
  • Jika terjadi aglutinasi pada reagen golongan darah AB, sedangkan reagen golongan B tidak terjadi aglutinasi, maka golongan darah adalah A.
  • Jika terjadi aglutinasi pada reagen golongan darah AB dan B, sedangkan tidak terjadi aglutinasi pada golongan darah A, maka golongan darah adalah B.
  • Jika terjadi aglutinasi pada semua campuran reagen, maka golongan darah adalah AB.

Harga Reagen Golongan Darah

Merk Reagen Golongan DarahHarga
Delta Anti DRp60.000
ERYCLONE Anti ABRp96.000 – Rp101.000
Fortress Anti B 10 mlRp156.000
B-JESRp230.000
Fast 10 ml (1 Set)Rp235.000
Tulip Diagnostic Rp237.000
Delta 1 SetRp284.000
Widal 1 SetRp340.000

Harga reagen golongan darah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perlengkapan medis dan situs jual beli online. Harga reagen golongan darah tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, silakan mengunjungi toko peralatan medis atau apotek terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Info Tarif Kamar Rawat Inap & Layanan Kesehatan di RS Husada Utama Surabaya
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Reagen Golongan Darah Lengkap"