Harga Rawon Setan, Kuliner Legendaris di Surabaya

Anda yang tinggal di daerah Jawa Timur tentu sudah tidak asing dengan rawon. berkuah hitam ini tidak hanya gurih sedap tapi juga menyegarkan. Di Surabaya, tak susah menemukan warung dengan tersebut. Mau yang terkenal atau legendaris tinggal pilih. Salah satunya Rawon Setan yang rasanya bikin ketagihan.

Rawon setan Surabaya (sumber: limakaki.com)

Rawon setan Surabaya (sumber: limakaki.com)

Konon katanya resep rawon adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik. Kita mengenal banyak juga pengaruh asing yang sudah berasimilasi dengan kearifan lokal dan kini menjadi berbagai masakan tradisional. Tapi rawon terhitung sebagai yang paling klasik dan penampilannya yang unik ini sudah dikenal sejak abad ke-10

Tidak hanya masakan ini bertahan hingga hari ini, bahkan rawon terkenal sampai ke pelosok-pelosok Nusantara. Jadi tidak heran kalau banyak rumah tangga di kota ataupun desa yang memasak rawon sebagai makanan rumahan sehari-hari. Serunya lagi, rawon berasal dari Jawa Timur – satu wilayah yang penuh dengan makanan enak dan begitu bervariasi. Tidak selalu pedas sebetulnya apa-apa yang datang dari sini dan jelas rawon adalah salah satunya.

Rawon ini pada dasarnya adalah sup daging sapi, tapi yang membuatnya adalah tampilan kuahnya yang berwarna hitam gelap. Alasannya adalah karena keluak atau kluwek. Isi yang direbus terlebih dahulu ini dicampurkan dengan kuah kaldu sapi yang juga dipakai untuk memasak dagingnya. Selain warna hitam pekatnya, kaldu sapi akan memiliki yang khas dan tidak lazim ditemui di masakan-masakan lainnya.

Faktanya, kluwek juga dipakai untuk satu masakan Toraja yang disebut pammarasan. Fakta menarik lainnya juga, kluwek konon harus melalui satu proses dulu agar aman untuk dimasak dan dikonsumsi

Baca juga  Update Lokasi & Harga Menu Terbaru Bandar Djakarta

Proses Pembuatan Rawon

Daging yang digunakan pada masakan Rawon ini umumnya adalah daging sapi. Daging tersebut pertama direbus dan dipotong kecil-kecil. Untuk bumbu yang dihaluskan di antaranya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwak, kunir dan lain-lain. Untuk penyedap rasa ditambahkan serai, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu tersebut kemudian ditumis hingga harum. Kemudian setelah harum, bumbu tersebut dicampurkan dan dimasak bersama dengan kaldu dan potongan daging hingga matang.

Penyajian Rawon

Rawon ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge kecil yang sudah direbus terlebih dahulu. Untuk penambah rasa kita bisa menambahkan seperti daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai dengan selera kita. Rawon ini sangat pas bila disantap selagi hangat bersama menu lain seperti kerupuk , telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Cara penyajian rawon dengan lauknya (sumber: cadventura.com)

Cara penyajian rawon dengan lauknya (sumber: cadventura.com)

Cita Rasa Rawon

Rawon memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma dan rasa yang tentunya sangat menggugah selera. Selain dagingnya yang empuk, perpaduan rasa , gurih dan legit pada kuahnya yang hitam memiliki rasa yang pas dengan lidah kita. Selain itu, yang menjadi keistimewaan dari Rawon ini adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak ini memberikan aroma kuat dan sensasi rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini.

Rawon merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur. Makanan ini sangat mudah kita temukan di berbagai daerah di Jawa Timur, salah satunya di Surabaya. Di Surabaya sendiri, Rawon merupakan makanan yang sangat populer dan banyak warung makan yang menyediakan menu satu ini.

Baca juga  Daftar Harga Selai Nanas di Pasaran dalam Berbagai Merek

Perkembangan Rawon tidak hanya di sekitar Jawa Timur saja, makanan ini juga telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini karena banyaknya perantau dari Jawa Timur ke luar daerah yang mencoba menjadikan Rawon sebagai bisnis mereka dan sebagai obat rindu akan kampung halaman mereka. Bagi anda yang berkunjung ke Jawa Timur, makanan ini wajib untuk dicoba dan tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.

Rawon Setan Surabaya

Jika Anda berkunjung ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi Rawon Setan yang namanya kian melegenda. Rawon Setan terletak di depan Hotel JW Marriot Surabaya, tepatnya di Jl Embong Malang 78, Surabaya.

Dari nama menu makanannya pun sudah membuat bulu kuduk setiap orang merinding ketika mendengarnya. Apalagi ketika memakannya, namun Anda tidak perlu takut untuk datang sendiri.

Rawon setan Surabaya (sumber: tripzilla.com)

Rawon setan Surabaya (sumber: tripzilla.com)

Bukan karena banyak setannya, kuliner ini diberi nama Rawon Setan. Namun, asal mula kata ‘setan’ tersebut karena dulu warung rawon ini baru buka malam pukul 22.00 hingga dini hari. Jam operasionalnya dianggap sama dengan setan yang munculnya di malam hari. Namun sekarang Rawon Setan Mbak Endang ini sudah mulai buka sejak pagi dari pukul 07.30 – 22.00 WIB untuk hari Minggu hingga Selasa, dan 07.30 – 03.30 untuk hari Rabu hingga Sabtu.

Rawon Setan memang sudah banyak di ataupun di Bandung. Namun, Rawon Setan di Surabaya memiliki khas tersendiri. Rawon Setan di Surabaya ini adalah Rawon Setan asli dan yang pertama ada di Indonesia. Lokasinya cukup mudah ditemukan, karena selain berada di pinggir jalan, banyak mobil yang parkir di tempat makan tersebut. Sehingga Rawon Setan tidak akan pernah sepi dari pengunjung.

Baca juga  Kandungan Gizi & Daftar Harga Coklat Dairy Milk di Pasaran

Rawon buatan Mbak Endang ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan membuat perut Anda kenyang, bahkan hingga ketagihan. Rawon disajikan dengan campuran tauge mentah yang akan memunculkan sensasi rasa dan aroma yang menyenangkan ketika dimakan berbarengan dengan kuah rawon yang pekat. Tak lupa taburan bawang merah goreng yang makin mempercantik rasa dan penampilan. Selain rasa kuahnya yang mantap, Rawon Setan terkenal karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. Rasa kuah yang mantap dan sambal yang pedas akan Anda nikmati hingga suapan terakhir.

Harga Rawon Setan

Beberapa pilihan lauk disediakan untuk pelengkap, seperti tempe goreng, telur asin, telur pindang, empal daging, dan perkedel kentang. Namun di antara semua itu, Rawon Setan paling pas jika disantap bersama telur asin dan kerupuk udang. Jika suka dengan masakan pedas, anda bisa menambahkan sambal ke dalam rawon.

Di sini Anda bisa memesan rawon dengan nasi terpisah maupun campur. Harga Rawon Setan dimulai dari kisaran Rp20 ribu hingga Rp34 ribu per porsi. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati kuliner khas Kota Pahlawan. Nah bagi Anda yang hobi wisata kuliner Rawon Setan ini menjadi agenda wajib Anda jika berkunjung ke Kota Surabaya, karena kalau belum mencoba rawon ini berarti belum ke Surabaya.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Rawon Setan, Kuliner Legendaris di Surabaya"