Harga Quick Cakar Baja (Tanpa Mesin dan Paket Lengkap)

Jika berbicara mengenai alat pertanian, nama yang cukup tersohor di pasaran dalam negeri adalah Quick. Berada di bawah naungan CV Karya Hidup Sentosa, merk yang ternyata berasal dari Yogyakarta tersebut telah merilis sejumlah piranti pertanian, salah satunya cultivator. Setidaknya ada empat tipe cultivator yang dirilis Quick untuk pasaran Air, termasuk model Cakar Baja yang punya harga relatif terjangkau.

Cultivator Quick cakar baja (youtube: Quick Traktor)
Cultivator Quick cakar baja (youtube: Quick Traktor)

Sebelum membahas mengenai Quick Cakar Baja, tidak ada salahnya jika mengupas sedikit tentang cultivator. Cultivator adalah alat atau mesin pertanian yang digunakan untuk pengolahan sekunder, dengan tanah sebelumnya sudah diolah terlebih dahulu.[1] Alat tersebut mengaduk dan melumat tanah, baik sebelum penanaman (untuk menganginkan dan menyiapkan persemaian yang halus dan gembur) atau setelah tanaman mulai tumbuh (untuk membunuh gulma).

Bacaan Lainnya

Saat ini, cultivator hadir dalam bentuk yang sangat bervariasi, mulai lebar 3 meter hingga 24 meter. Banyak juga yang sudah dilengkapi dengan sayap hidrolik yang dapat dilipat untuk membuat pengoperasian lebih mudah dan aman. Jenis yang berbeda digunakan untuk persiapan lahan sebelum penanaman, dan untuk pengendalian gulma di antara tanaman baris.

Review Quick Cakar Baja

Dilansir dari website resminya, Quick Cakar Baja dikatakan sebagai cultivator dengan fungsi beragam sebagai solusi pertanian sayur, tembakau, bawang merah, umbi, hingga buah. Dilengkapi berbagai implemen, cultivator ini diklaim dapat mengolah segala jenis lahan, membuat guludan/bedengan, hingga melakukan penyiangan.

Masih menurut referensi yang sama, aspek kenyamanan dan kemudahan operasi sangat diperhatikan saat cultivator ini didesain. Ketinggian handlebar dapat disesuaikan dengan operator dan kebutuhan kondisi lahan. Tuas-tuas untuk operasional cultivator pun terletak di lokasi yang mudah dijangkau, sehingga cultivator menjadi semakin aman untuk dikendalikan saat mengolah lahan.

Berbagai macam implemen tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengolahan beragam jenis lahan. Mulai dari pembajakan, pencacahan, penyiangan, hingga pembuatan guludan/bedengan, dapat dilakukan dengan satu alat. Lebar kerja dan kecepatan putar pun dapat diatur untuk menyesuaikan kebutuhan tanam dan mengoptimalkan hasil pengolahan.

Inovasi teknologi pun terus diterapkan dalam setiap produk Quick Traktor untuk menjamin keawetan mesin. Cultivator Cakar Baja sudah dilengkapi sistem penyaringan udara dengan snorkel. Komponen ini berfungsi untuk meminimalkan masuknya debu halus ke ruang pembakaran. Mesin bensin yang digunakan pun dilengkapi dengan anti-shock untuk menahan getaran agar mesin tidak tersendat saat dioperasikan.

Selain model standar, Quick ternyata juga menyediakan cultivator Cakar Baja dalam versi mini. Secara fungsi, varian ini mirip dengan Cakar Baja Standar, dapat dipakai mencacah tanah, menyiangi gulma, dam membuat guludan/bedengan. Perbedaannya, dengan yang sedikit mini, membuatnya mampu melakukan pekerjaan di parit bedengan yang sempit. Selain itu, bagian dapur pacu produk ini sedikit berbeda, Honda GX 160 bertenaga 5,5 HP pada putaran 3.600 rpm, sedangkan varian standar dibekali mesin Honda GX 200 dengan daya maksimal 6,5 HP pada putaran 6.500 rpm.

Cultivator Quick cakar baja (youtube: Quick Traktor)

Spesifikasi Quick Cakar Baja

Tipe Model Quick Cakar Baja
Dimensi dengan Roda Karet 1.385 mm x 628 mm x 1.95 mm
Berat 74,4 kg
Tipe Mesin Honda GX 200, 4-tak, horizontal, 196cc
Daya Maksimal 6,5 HP @ 3.600 rpm
Daya Bersih 5,5 HP @ 3.600 rpm
Berat Mesin 16 kg
Kecepatan 2 kecepatan maju, 1 kecepatan mundur
Transmisi Kombinasi rantai dan gear
Kopling Utama Sabuk dan pulley penegang
Kapasitas Kerja dengan Main Rotary Blade B 0,12 ha per
Kelengkapan Roda karet, main rotary blade B, main rotary blade B 100, main rotary blade B 240, extension rotary blade B 200, stabilizer disc, main rotary blade J, main rotary blade S, ridger, RTH (rotary transmission housing), iron wheel (CW OD 370 dan CW OD 550), bajak (+ hitch II), garu

Jika Anda tertarik cultivator Cakar Baja dari Quick, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di toko resmi Quick atau di sejumlah toko alat pertanian. Selain itu, banyak juga yang menawarkan Quick Cakar Baja lewat sejumlah situs jual beli online. Lalu, berapa harga peralatan tersebut saat ini?

Cultivator Quick cakar baja (youtube: Quick Traktor)

Harga Quick Cakar Baja

Varian Quick Cakar Baja Harga
Quick Cakar Baja Mini GX 160 T2 OTBC (Kit) Rp8.360.000
Quick Cakar Baja Mini GX 160 Blade S Rp9.717.000
Quick Cakar Baja GX 200 T2 OTBC (Kit) Rp11.582.000
Quick Cakar Baja GX 200 T2 OTBC Blade B (Kit) Rp12.975.000

Informasi harga cultivator Cakar Baja di atas kami rangkum dari official store Quick. Perlu Anda catat bahwa harga cultivator Cakar Baja tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko bisa saja berbeda. Di salah satu online shop misalnya, alat tersebut dijual dengan harga Rp12.300.000, lengkap dengan mesin, tetapi belum termasuk kirim.

[1] Fangohoi, L., Immanuel Womsiwor, Egidius Gaspar Kara. 2021. Pengoperasian Cultivator di Kampung Kobrey Distrik Ransiki dalam Peningkatan Kompetensi Petani. Prosiding Seminar Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari.

Pos terkait