Update Harga Puteran/Dryer Gitar 1 Set dan Satuan (Gold, Chrome, Black)

Buat mereka yang suka bermain gitar, pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama dryer. Ini adalah komponen yang berfungsi sebagai pemutar senar, tuning machine, tuning keys, atau tuning pegs. Kerap juga disebut puteran, dryer berguna untuk mengatur ketegangan senar agar mencapai nada atau tuning yang diinginkan. Tersedia untuk gitar akustik maupun elektrik, perangkat ini biasanya dijual per set atau satuan dengan harga rata-rata puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Sekilas Tentang Gitar

Ilustrasi: Seorang Wanita Memainkan Gitar (credit: newartistmodel.mykajabi)
Ilustrasi: Seorang Wanita Memainkan Gitar (credit: newartistmodel.mykajabi)

Dalam dunia musik, terutama musik modern, gitar bisa dikatakan sebagai alat yang paling populer. Ini dapat diartikan sebagai alat musik dari kayu seperti biola, berleher panjang, dengan enam dawai atau lebih, dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari. Secara tradisional, gitar terbentuk dari bahan kayu dengan senar atau dawai yang terbuat dari nilon atau baja. Saat ini, pada beberapa gitar modern, bahan bakunya berasal dari polycarbonate.   

Bacaan Lainnya

Memang, belum diketahui secara pasti mengenai sejarah alat musik berdawai ini. Namun, para ahli berpendapat bahwa munculnya gitar bersamaan dengan ditemukannya literatur abad ke-13 yang mendeskripsikan alat musik berdawai sebagai gittern. Sejarah gitar sudah diperkirakan muncul sejak lama karena terukir pada sebuah batu berusia 3300 tahun silam. Ukiran tersebut menggambarkan seorang penyair dari Kerajaan Hittite tengah memegang alat musik dawai. 

Sementara itu, zaman Renaissance diyakini sebagai masa awal munculnya bentuk gitar modern. Pada masa tersebut, alat musik petik ini dilengkapi dengan empat pasang dawai. Gitar dinilai memiliki kesamaan dengan alat musik vihuela, hingga akhirnya diketahui bahwa gitar memang reinkarnasi vihuela asal Spanyol. Pada abad-15 Juan Bermudo akhirnya mendeklarasikan perjanjian yang berisi bagian alat musik petik dengan dawai. Deklarasi tersebut lantas menemukan perbedaan antara vihuela dan gitar.

Secara umum, gitar memiliki sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar, yang biasanya berjumlah enam senar (ada juga yang tujuh senar, bahkan 12 senar). Bodi gitar secara tradisional dibuat dari berbagai jenis kayu, dengan senar yang terbuat dari material nilon maupun baja.

Untuk gitar akustik, dengan bagian tubuh yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Ada tiga jenis utama untuk gitar akustik modern yang sering digunakan, yaitu gitar akustik dengan senar nilon, gitar akustik dengan senar baja, dan gitar archtop. Sementara, gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Adapun varian gitar elektrik, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1930-an silam, bergantung pada penguat yang secara mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar jenis ini memakai badan berlubang (hollow body), namun kemudian menggunakan badan padat (solid body) yang dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik sendiri terkenal luas sebagai instrumen utama untuk beberapa genre musik, semisal blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Selain menggunakan senar, gitar juga dapat dimainkan dengan alat-alat seperti strap, plectrum, dan tala untuk mempermudah dalam memainkan dan menghasilkan bunyi-bunyi yang diinginkan. Strap umumnya digunakan untuk menggantung gitar melalui bahu, yang bertujuan agar pemain bisa memainkan gitar sambil berdiri dengan mudah. Strap ini berbentuk secarik kain dengan penebalan kulit sintetis di kedua ujung, dengan panjang yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sudah beredar banyak merk gitar di pasaran. Nama-nama yang sudah populer sebut saja Fender, Gibson, Ibanez, Yamaha, Taylor, Jackson, dan lain-lain. Untuk brand yang terkenal, memang kualitas gitar mereka tidak diragukan lagi. Sebaliknya, untuk mereka yang punya bujet pas-pasan dan hanya bisa membeli gitar seadanya, memang tidak bisa mengharapkan suara yang dihasilkan alat tersebut sesuai ekspektasi. Meski demikian, ada sejumlah cara yang dapat Anda pakai untuk mendapatkan sound gitar yang oke.

Setting gitar (sumber: guitarexcellence.co.za)
Setting gitar (sumber: guitarexcellence.co.za)

Tips Setting Gitar

  • Ganti pickup. Ini adalah cara yang paling cepat untuk meng-upgrade tone gitar Anda. Nada lebih metal beast, kalem dan menyayat hati, sedikit vintage-old school, atau apa saja, bisa diraih dengan mengganti pickup yang sesuai. Pickup bawaan gitar dengan budget rendah kualitasnya memang bisa membuat Anda menangis. Untungnya, sekarang sudah tersedia pickup-pickup bagus di pasar ataupun forum jual beli dengan harga yang relatif terjangkau. Anda bisa membeli pickups branded seperti EMG, Seymour Duncan, DiMarzio, dan lain-lain di toko maupun toko alat musik.
  • Ganti senar. Walaupun senar bawaan dari gitar yang Anda beli lumayan bermerk, tetapi kebanyakan senar buat pabrikan gitar kualitasnya tidak terlalu oke, ukuran tidak sesuai, tension yang aneh, dan sering cepat putus. Anda bisa mencari merk yang berkualitas seperti Ernie Ball, D’Adario, SIT, CurtMangan, Elixir, atau lainnya, dan pilih gauge (ukuran) yang menurut Anda paling nyaman.
  • Ganti nut. Bukan rahasia lagi jika gitar budget rendah biasanya menggunakan nut berbahan plastik, dan ini yang membuat suara gitar Anda tidak bertenaga. Banyak nut berkualitas yang sudah dijual di toko, mulai yang berbahan tulang, graphite, aluminium, metal, dan lain-lain.
  • Gunakan pelumas senar. Punya nama tenar String Lube, fungsi ini adalah untuk meminimalkan gesekan antara senar dengan nut dan bridge. Sehingga, senar gitar Anda akan semakin nyaman digunakan, nyaman di-bending, dan tentu saja, menjadi jauh lebih awet.
  • Optimalkan pengatur sound. Pada gitar listrik, biasanya terdapat knob volume, knob tone, dan switch untuk memilih pickup. Fungsinya yaitu untuk mengontrol sound gitar dan juga untuk menambah variasi pilihan sound. Nah, Anda bisa menambah dengan modifikasi potensio, modifikasi wiring, dan lain-lain. Bisa juga dengan menambahkan Onboard Preamp.  Jangan lupa untuk menambah anggaran upgrade kapasitor, yang akan sangat mempertegas karakter sound yang Anda inginkan.
  • Gunakan pencegah noise. Sering disebut shielding, fungsinya untuk mencegah noise yang bisa timbul dari sound gitar Anda. Noise ini bisa sangat mengganggu, terlebih jika Anda bermain dengan high gain amplifier di panggung ataupun studio rekaman. Ada dua metode shielding yang dikenal, yaitu lewat tape dan cat. 
  • Ganti bridge, karena bridge standar gitar murah biasanya selain tidak akurat, yang digunakan pun apa adanya, terlebih jika bridge gitar Anda adalah tipe tremolo. Percayalah, bridge yang baik akan menambah, baik sound maupun kenyamanan bermain Anda.
Komponen dryer gitar akustik
Komponen dryer gitar akustik

 

Baca juga  Info Terkini Harga Ayunan Bayi Rotan dalam Berbagai Model

Fungsi Dryer Gitar

Selain cara-cara di atas, ada satu lagi tips yang dapat digunakan untuk menghasilkan suara gitar yang oke, yaitu dengan mengganti dryer perangkat. Biasa disebut pemutar senar, tuning machine, tuning keys, atau tuning pegs, fungsinya untuk menambatkan senar sehingga senar diam dan stabil. Selain itu, juga untuk mengatur ketegangan senar guna mencapai nada atau tuning yang diinginkan.

Dryer yang kualitasnya jelek akan membuat tuning gitar Anda menjadi tidak stabil. Juga, gear ratio yang kecil akan membuat Anda sulit mencapai tuning yang pas atau akurat. Minimal gear ratio yang disarankan adalah 14:1, namun lebih besar lebih akurat, misalnya 16:1 atau 18:1. Perhatikan pula cara melilitkan senar pada dryer, karena berpengaruh pada kestabilan senar dan suara yang dihasilkan.

Nah, jika Anda membutuhkan dryer untuk memodifikasi suara gitar Anda, perangkat ini tidak susah ditemukan. Anda bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan alat musik, bahkan via sejumlah situs jual beli online. Biasanya dijual per set, harga dryer gitar bisa dikatakan relatif terjangkau. Sebagai informasi, berikut kisaran harga dryer gitar di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Harga Dryer Gitar (credit: Lazada)
Ilustrasi: Harga Dryer Gitar (credit: Lazada)

Harga Dryer Gitar

Merk/Jenis Dryer Gitar Harga
Dryer Gitar Keystone Chrome  Rp95.000
Dryer Gitar Tulip Chrome/Black Rp100.000
Dryer Gitar Grover Black/Chrome  Rp100.000
Dryer Gitar CORT Akustik Original  Rp100.000
Dryer Gitar Gibson Chrome KW Rp120.000
Dryer Gitar Tulip Gold  Rp125.000
Dryer Gitar Gibson Gold KW Rp150.000
Dryer Gitar Grover Gold  Rp172.000
Dryer Gitar Kluson Model Gibson Gold  Rp184.000
Dryer Gitar Ibanez Premium Original  Rp225.000
Dryer Gitar ESP Chrome Sejajar Rp238.000
Dryer Gitar ESP Chrome Reverse  Rp256.300
Dryer Gitar ESP Cosmo Black 6 Inline  Rp300.000
Dryer Gitar Kluson Model Fender Chrome  Rp341.000
Dryer Gitar Schecter Original  Rp346.500
Dryer Gitar Keystone Gold  Rp350.000
Dryer Gitar Kluson Model Gibson  Rp376.000
Dryer Gitar Ibanez Chrome Model Screwless  Rp490.000
Dryer Gitar J-02 Chrome Rp250.000

Harga dryer gitar di atas berlaku untuk satu set, dan satu set biasanya berisi enam buah dryer. Jika Anda membeli satuan, harganya mulai Rp10 ribuan per buah. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga dryer gitar tahun ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, dryer gitar Tulip Chrome/Black yang awalnya dibanderol Rp85 ribu, naik menjadi Rp100 ribu. Sementara itu, dryer gitar Kluson model Gibson Gold yang sebelumnya dijual dengan harga Rp250 ribu, turun menjadi Rp185 ribu. Untuk info lebih lengkap, silakan datang ke toko alat musik terdekat di sekitar rumah Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *