Harga Pupuk Urea per Kg, Favorit Banyak Petani

merupakan salah satu bahan terpenting bagi petani saat ini. Dari sekian banyak jenis yang ada, Urea merupakan jenis yang paling laris di pasaran. Hampir di koperasi atau toko tanaman, tersebut cepat habis. Memang, Urea banyak digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Selain itu, pupuk Urea di pasaran pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp5 ribuan per kg non-subsidi.

Kelebihan Pupuk Urea untuk Tanaman

Ilustrasi: menabur pupuk pada tanaman (sumber: farmerstrend.co.ke)

Ilustrasi: menabur pupuk pada tanaman (sumber: farmerstrend.co.ke)

Sebelum membahas harga pupuk Urea per kg, Anda juga perlu mengetahui bahwa pupuk Urea adalah salah satu pupuk yang digemari oleh para petani padi. Pupuk Urea merupakan salah satu jenis pupuk yang sering digunakan oleh petani untuk menyuburkan tanamannya. Pupuk Urea sendiri memiliki kandungan nitrogen yang diperlukan berbagai jenis tanaman dalam usia pertumbuhan. 

Pupuk Urea berbeda dengan jenis pupuk lainnya, bentuknya seringkali berupa butiran-butiran besar dan tak jarang pula ditemui pupuk Urea dengan bentuk butiran menyerupai beras. Kebanyakan pupuk Urea dijual di pasaran dengan warna putih dan berbentuk kristal. Walaupun bentuknya bergranula, tetapi pupuk ini bersifat higroskopis. Sifatnya yang mudah larut dalam air, menjadikan pupuk ini semakin digemari oleh petani, khususnya petani padi.

Para petani yang memiliki lahan tidak perlu repot untuk mencampur pupuk dengan air agar larut. Mudah larut di dalam air, membuat pupuk Urea lebih praktis penggunaannya. Hal ini juga dapat mempersingkat waktu mereka dalam melakukan perawatan tanaman sehari-hari. Sifatnya tersebut juga mempermudah akar tanaman dalam menyerap nutrisi pupuk Urea.

Petani padi juga menyukai pupuk Urea karena kandungan hara yang terdapat dalam pupuk. Pupuk Urea memiliki komponen zat nitrogen, kalium, sulfur, dan fosfat, merupakan zat yang bermanfaat bagi tanaman padi mereka. Tidak hanya baik untuk pertumbuhan padi saja, tetapi juga mampu membuat tanaman menjadi lebih subur dan tahan terhadap hama. Pupuk Urea tidak hanya disukai oleh petani padi, banyak juga petani perkebunan dan para penyuka tanaman hias menggunakan pupuk Urea karena banyak sekali manfaatnya. 

Pupuk Urea

Ilustrasi: pupuk urea untuk tanaman (sumber: gardenerdy.com)

Ilustrasi: pupuk urea untuk tanaman (sumber: gardenerdy.com)

  • Mencegah layu pada daun. Pupuk Urea mampu membantu daun pada berbagai jenis tanaman menjadi lebih hijau, segar, dan rimbun. Pupuk ini sering digunakan untuk mencegah layu daun. Hal ini karena kandungan nitrogen pada pupuk dapat membantu tanaman menghasilkan zat klorofil lebih banyak.
  • Membantu fotosintesis. Dengan zat hijau melimpah, daun akan lebih mudah melakukan fotosintesis. Ini juga disebabkan oleh kandungan zat nitrogen pada pupuk.
  • Mempercepat pertumbuhan. Jika Anda menanam jenis tumbuhan yang mampu berkembang biak secara vegetatif, Anda bisa menggunakan pupuk Urea untuk mempercepat pertumbuhan dan memperbanyak tumbuhan dengan cepat.
  • Serbaguna. Tidak hanya dapat digunakan untuk tanaman air saja, seperti padi, tetapi pupuk Urea juga bisa digunakan untuk tanaman darat, seperti tanaman perkebunan.
  • Menambah protein. Protein juga salah satu zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Dengan kandungan protein, tanaman akan memiliki daya imun lebih tinggi terhadap penyakit dan hama.
  • Memaksimalkan panen. Pupuk Urea bagus digunakan untuk tumbuhan musiman, seperti tumbuhan perkebunan atau pertanian. Kandungan zat pada pupuk dapat membuat hasil panen lebih melimpah dan berkualitas. Pupuk juga akan membantu mempercepat proses pematangan dan panen sayur.

Itulah beberapa manfaat dari pupuk Urea. Untuk mendapatkan manfaat dari pupuk Urea, Anda perlu membeli pupuk Urea yang berkualitas. Dalam membeli pupuk Urea, Anda tidak hanya perlu memperhatikan harganya sajam tetapi juga spesifikasi pupuk untuk mengetahui kualitasnya. Nah, berikut merupakan harga pupuk Urea di pasaran, beserta spesifikasi lengkapnya. Pastikan Anda memahami sebelum membeli pupuk, agar tidak salah membeli. 

Daftar Harga Pupuk Urea

Karung pupuk urea (sumber: elarolah.com)

Karung pupuk urea (sumber: elarolah.com)

/Varian Pupuk UreaSpesifikasiHarga per 1 Kg
Pupuk Urea PT. Pupuk Indonesia (Persero)Non subsidi, dari Klaten, Jawa tengahRp1.000
Pupuk Urea RepackUrea NPK, kandungan hara 15% nitrogen, 15% fosfat, 15% kalium , 10% sulphur , HET, dari PT. Pupuk Indonesia (Persero), berwarna merah, berbentuk granul, mudah larut dalam air, bersubsidi dari pemerintahRp5.300
Pupuk Nutrisi, Urea Repack Buah Sayur FN005Pupuk Urea khusus untuk tanaman buah dan sayur, membuat tumbuhan subur, membantu mempercepat pertumbuhan akar, membantu proses pematangan buah lebih cepat dan rimbunRp7.500
Urea Putih Nitrea46% Nitrogen (N), Biuret 1% dan air 0,5%, berbentuk butiran putih curah (prill), non subsidi, mudah larut dalam air, bisa digunakan untuk memupuk tanaman hiasRp7.500
Urea Putih Nitrea PT. Kujang Indonesia46% Nitrogen (N), Biuret 1% dan air 0,5%, berbentuk butiran putih curah (prill), mudah larut dalam air, khusus tanaman pertanian dan perkebunanRp9.000
Urea Pupuk KaltimDibuat oleh PT. Kalimantan Timur, 46% Nitrogen (N), SNI, non subsidi, berbentuk butiran curah, berwarna putih, mudah larut dalam air, untuk tanaman pertanian dan perkebunanRp10 ribu
Urea PETROPT. Petrokimia Gresik, SNI, Nitrogen 46%, bentuk prill, non subsidi, warna putih, mudah larut dalam air, untuk tanaman buah dan sayurRp20.000

Sangat penting memperhatikan pupuk Urea pilihan Anda karena berkaitan dengan kesuburan dan hasil panen Anda nantinya. Perlu diketahui, harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan toko yang Anda kunjungi. 

Baca juga  Update Perkiraan Harga Kelapa Sawit Terbaru
loading...
author

Leave a reply "Harga Pupuk Urea per Kg, Favorit Banyak Petani"