Harga Pupuk Phonska Non Subsidi (Phonska Plus) per Sak

Phonska merupakan salah satu merk pupuk NPK yang menjadi pilihan banyak petani untuk menyuburkan tanaman mereka. Selain hadir dalam varian subsidi pemerintah, pupuk ini juga telah tersedia dalam tipe non-subsidi bernama Phonska Plus. Diklaim memiliki kandungan lebih banyak sehingga dapat memberikan hasil panen lebih berlimpah, harga pupuk ini memang sedikit lebih mahal.

Ilustrasi: pupuk NPK (sumber: 99.co)

Ilustrasi: pupuk NPK (sumber: 99.co)

Dikutip dari berbagai sumber, pupuk NPK adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau butiran (granular) yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK ini menjadi salah satu jenis pupuk majemuk yang paling umum digunakan oleh petani. Seperti namanya, pupuk ini mengandung unsur N (nitrogen) yang dikatakan dapat membantu vegetatif (terutama daun), P atau fosfor yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta unsur K atau kalium yang dapat membantu pembungaan dan pembuahan.

Pupuk NPK

  • Membantu metabolisme tanaman, melalui kandungan kalium yang memberikan pada tanaman, mulai dari batang hingga nantinya menghasilkan buah atau bunga.
  • Membantu respirasi dan pembelahan sel, dengan bantuan kandungan fosfor, tidak hanya membantu respirasi dan pembelahan sel, kualitas tanaman juga dikatakan akan meningkat.
  • Pembentukan enzim dan vitamin, pupuk NPK akan merangsang modulasi untuk membentuk klorofil atau zat hijau daun.
  • Membentuk dinding sel tanaman, yang akan meminimalkan tanaman dari serangan jamur. Namun, harus dipastikan tidak memberikan pupuk secara berlebihan.
  • Merangsang pertumbuhan akar dan daun tanaman. Selain itu, kalsium yang terkandung akan ter-hidrat menjadi CaO yang dapat membunuh gangguan gulma yang ada di sekitar tanaman.
Baca juga  Update Terkini Manfaat dan Harga Asam Jawa di Pasaran

Dalam suatu studi, aplikasi pupuk NPK dikatakan berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman melon.[1] Perlakuan pupuk ini berpengaruh terhadap semua parameter pertumbuhan yang diukur. Penelitian yang lain menyebutkan bahwa dosis pupuk NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bunga matahari.[2]

Review Pupuk Phonska

Sudah ada banyak merk pupuk NPK yang dapat Anda temui di pasaran. Nah, salah satu yang digemari banyak petani, terutama karena harganya yang lumayan terjangkau, adalah pupuk NPK Phonska. Ini adalah pupuk majemuk yang diklaim lengkap dan bermutu yang diproduksi oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) Group atau PT Petrokimia Gresik.

Ilustrasi: petani menabur pupuk (sumber: livemint.com)

Ilustrasi: petani menabur pupuk (sumber: livemint.com)

Menurut keterangan Pemerintah Kabupaten Buleleng, pupuk Phonska disebut juga dengan pupuk majemuk NPK yang terdiri dari beberapa unsur hara makro, yaitu nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K), dan sulfur (S). Hingga saat ini, pupuk Phonska sudah dikenal luas dan digunakan oleh banyak petani di berbagai daerah di Indonesia.

Kehadiran pupuk ini diklaim sangat membantu para petani, karena harganya yang murah, tetapi tetap mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Pupuk ini lebih sering digunakan oleh petani padi, karena mampu meningkatkan hasil panen dan kualitas gabah. Tanaman padi yang dipupuk dengan pupuk ini dikatakan menghasilkan bulir yang lebih berisi.

Baca juga  Update Harga Berbagai Jenis Kambing Anakan & Dewasa di Pasaran

Pupuk NPK Phonska sendiri mulai diproduksi pada awal tahun 2000 dan resmi dipasarkan ke seluruh Indonesia pada bulan Agustus 2000. Pupuk ini setidaknya tersedia dalam 2 kemasan, yaitu kemasan 20 kg dan kemasan 50 kg. Sifat-sifat pupuk ini antara lain berbentuk butiran (granula) berwarna merah jambu atau pink, bersifat higroskopis sehingga mudah larut dalam air, mudah diserap oleh tanaman, dan memiliki kandungan unsur hara yang lengkap.

Kelebihan Pupuk Phonska Non Subsidi

Selain varian subsidi, PT Petrokimia Gresik juga menghadirkan pupuk Phonska Non Subsidi yang diberi nama Phonska Plus. Produk ini pertama kali dipasarkan untuk publik sekitar tahun 2016 lalu. Karena merupakan pupuk non subsidi, kualitas varian ini tentu berbeda dengan Phonska pendahulunya, yang diklaim lebih baik, seperti perbandingan antara pertalite dengan premium.

Dilansir dari resmi perusahaan, Phonska Plus adalah pupuk majemuk NPK yang diperkaya dengan unsur sulfur dan zinc, yang disebutkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan pupuk sehingga jumlah dan mutu hasil panen pun mengalami peningkatan. Tidak cuma itu, pupuk ini adalah hasil racikan dari bahan baku yang melalui yang tepat sehingga menghasilkan kualitas campuran produk yang homogen.

Pupuk Phonska NPK (sumber: inikata.com)

Pupuk Phonska NPK (sumber: inikata.com)

Harga Pupuk Phonska Non Subsidi

Kemasan Pupuk Phonska Non SubsidiHarga
Pupuk Phonska Non Subsidi 100 grRp1.500 – Rp2.000
Pupuk Phonska Non Subsidi 250Rp4.500 – Rp7.000
Pupuk Phonska Non Subsidi 500 grRp8.000 – Rp11.000
Pupuk Phonska Non Subsidi 1 kgRp25.000 – Rp50.000
Pupuk Phonska Non Subsidi 5 kgRp80.000 – Rp100.000
Pupuk Phonska Non Subsidi 25 kgRp250.000 – Rp450.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Mentega Putih (Shortening) dalam Berbagai Merek

Harga pupuk Phonska Plus di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pertanian dan situs jual beli online. Tidak seperti Phonska subsidi yang hanya bisa didapatkan oleh petani-petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar, Phonska Plus sudah dijual lebih luas, bahkan lewat platform e-commerce. Namun, Anda perlu berhati-hati karena marak beredar pupuk Phonska palsu.

[1] Raksun, Ahmad, Lalu Japa, I Gde Mertha. 2019. Aplikasi Pupuk Organik dan NPK untuk Meningkatkan Pertumbuhan Vegetatif Melon (Cucumis melo L.). Jurnal Biologi Tropis, Vol. 19(1): 19-24.

[2] Vaniza dan Sitawi. 2018. Pengaruh Waktu Pinching dan Dosis Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bunga Matahari Varietas Sungold. Jurnal Produksi Pertanian Universitas Brawijaya, Vol. 6(5): 685-692.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Pupuk Phonska Non Subsidi (Phonska Plus) per Sak"