Info Cara Pemakaian & Harga Pupuk Gandasil D (Daun)

Tanaman sudah selayaknya dirawat dengan baik agar pertumbuhannya pun lancar. Selain perlu asupan dan cahaya matahari, tanaman juga perlu diberikan pupuk supaya pertumbuhan daun, bunga, atau buah lebih maksimal. Saat ini ada banyak pilihan produk pupuk di pasaran yang dikenal berkualitas dan ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, salah satunya seperti pupuk Gandasil.

Ilustrasi: menyemprotkan pupuk ke daun (sumber: freepik)

Ilustrasi: menyemprotkan pupuk ke daun (sumber: freepik)

Ada dua macam pupuk tanaman, yaitu pupuk akar yang diaplikasikan lewat akar dan pupuk daun yang diberikan melalui daun. Untuk pupuk akar, hara yang terkandung diserap oleh bulu-bulu akar, sedangkan pada pupuk daun, hara diambil daun melalui mulut daun atau stomata.

Pupuk daun diketahui lebih efektif dibandingkan pupuk akar karena hara yang diserap daun langsung diolah di situ kemudian diedarkan ke seluruh bagian tanaman. Sayangnya pupuk daun gampang tercuci oleh air hujan atau air siraman. Pupuk akar tidak mudah tercuci air hujan atau air siraman, tetapi agak lama terserap oleh tanaman. Untuk mendapatkan efek yang maksimal biasanya para hobiis menggabungkan pupuk daun dan pupuk akar sekaligus.[1]

Baca juga  Harga Kol/Kubis Ungu (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, untuk memacu pertumbuhan tanaman, Anda bisa mencoba pupuk Gandasil. Pupuk satu ini menjadi salah satu produk favorit para penggemar tanaman hias maupun tanaman buah.

Pupuk Gandasil terdiri dari dua jenis, yakni pupuk Gandasil B dan Gandasil D. Jika pupuk Gandasil B untuk bunga dan buah, maka Gandasil D adalah pupuk untuk daun. Kedua pupuk ini merupakan pupuk foliar yang dikeluarkan oleh PT Kalatham. Para pakar nutrisi tanaman sering merekomendasikan Gandasil untuk pemupukan tanaman buah atau hias. Pupuk foliar artinya pupuk diberikan pada tanaman dengan cara dilarutkan pada air, lalu disemprotkan merata pada ranting dan daun. Selain sebagai pupuk foliar, Gandasil juga bisa diaplikasikan sebagai pupuk tabur.[2]

Pupuk Gandasil D merupakan pupuk anorganik makro dan mikro berbentuk kristal. Gandasil D atau sering disebut sebagai Gandasil Daun yang tergolong sebagai pupuk majemuk/pupuk daun dengan kandungan unsurnya sebagai berikut: N – Nitrogen – 20%, P2O5 – Fosfor – 15%, K2O – Kalium – 15%, MgSO4 – Magnesium – 1%. Serta dilengkapi dengan unsur-unsur mikro seperti Mangan (Mn), Boron (B), Tembaga (Cu), Kobal (Co), dan Seng (Zn), serta vitamin-vitamin untuk pertumbuhan tanaman, berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan vegetatif serta mempunyai kepekatan larutan antara 1-3 g/ air.

Baca juga  Update Terkini Harga Selada per Kg di Pasaran

Pada Gandasil D unsur N lebih banyak, fungsi unsur N yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan kualitas tanaman penghasil daun-daunan, meningkatkan kadar protein dalam tubuh tanaman serta dapat menyehatkan pertumbuhan daun, daun tanaman lebar dengan warna yang lebih hijau. Jika kekurangan unsur ini maka akan menyebabkan klorosis (pada daun muda berwarna kuning). Pupuk ini sebaiknya diberikan pada awal pertumbuhan tanaman, jangan ketika mulai berbunga karena hal ini akan menghambat pembungaan pada tanaman.[3]

Pupuk Gandasil D (sumber: tokopedia)

Pupuk Gandasil D (sumber: tokopedia)

Dosis &Cara Pemakaian Pupuk Gandasil D

Pupuk Gandasil D dapat digunakan dengan cara dilarutkan dalam air, kemudian disemprotkan merata ke tanaman. Pupuk dapat dipakai pada fase vegetatif tanaman (saat mulai tumbuh daun atau batang). Larutkan 20-30 gram Gandasil D dalam air sebanyak 10 liter. Jika Anda hanya membutuhkan 1 liter air, maka gunakan sekitar 2-3 gram pupuk Gandasil D saja. Semprotkan pupuk ini seminggu sampai 10 hari sekali pada tanaman yang hendak dipupuk, terutama bagian ranting dan daunnya.

Baca juga  Update Harga Telur Ayam Kampung di Pasaran

Daftar Harga Pupuk Gandasil D

Varian Pupuk Gandasil DHarga (Rp)
Pupuk Gandasil D 100 gram7.000 – 15.000
Pupuk Gandasil D 500 gram besar38.000 – 50.000
Pupuk Gandasil D 1 dus isi 144 pcs @100 gr1.152.000

Informasi harga pupuk Gandasil D di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diketahui bahwa harga pupuk Gandasil D dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga pupuk Gandasil D yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari pupuk Gandasil Daun, Anda dapat membelinya di toko-toko pertanian terdekat. Namun jika kesulitan untuk menemukannya, Anda juga bisa membeli pupuk Gandasil D secara online lewat sejumlah situs e-commerce favorit.

[1] Tanjung, H dkk. 2007. Mengenal & Merawat Anthurium Daun. Lukito AM, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka.

[2] P, Wibowo. 2017. Panduan Praktis Penggunaan Pupuk dan Pestisida. Jakarta: Penebar Swadaya.

[3] Amin, MN. 2014. Sukses Bertani Buncis: Sayuran Obat Kaya Manfaat. Yogyakarta: Garudhawaca

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Cara Pemakaian & Harga Pupuk Gandasil D (Daun)"