Harga PS4 Pro Bekas dan Spesifikasinya

Hingga saat ini, PS4 Pro masih saja digandrungi banyak gamer. PS4 Pro sendiri adalah salah satu produk unggulan dari Sony yang sudah dirilis sejak 2016 lalu. Walaupun sudah lama dirilis dan sudah banyak saingannya, tetapi masih banyak toko elektronik yang menjualnya. Harga PS4 Pro dengan kondisi baru saat ini dibanderol mulai Rp6 jutaan, sedangkan produk bekasnya ditawarkan dengan harga mulai Rp3 jutaan.

PS 4 Pro (sumber: polygon.com)
PS 4 Pro (sumber: polygon.com)

Bagi Anda yang ingin membeli PS4 Pro, baik dalam kondisi bekas atau baru, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan perangkat gaming ini. Ini penting untuk menimbang kembali ketika Anda ingin membelinya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan PS4 Pro beserta sedikit penjelasannya.

Bacaan Lainnya

Memori dan RAM Tinggi

Bagi Anda yang suka dengan berbobot dan memiliki kapasitas besar, PS4 Pro merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, salah satu kelebihan dari PS ini, yaitu memiliki memori dan RAM yang lebih tinggi. Perbandingan ini masih tergolong unggul jika dibanding dengan PS lainnya. PS4 Pro ini sudah dilengkapi dengan hardisk sebesar 1 TB, yang cukup baik digunakan untuk bermain berbagai jenis game saat ini.

Untuk RAM PS4 Pro, juga terbilang cukup tinggi, yaitu menggunakan RAM 8 GB. Ini sama dengan PS4 Slim yang saat ini juga masih beredar di pasaran, walaupun begitu kapasitas memorinya masih jauh lebih besar kepunyaan PS4 Pro. Sementara, GPU yang digunakan pada PS4 Pro merupakan salah satu jenis GPU baru dengan kinerja yang dapat mencapai 4,2 teraflop.

Kualitas Visual Lebih Baik

PS4 Pro ini sudah mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat, Anda bisa melihatnya secara langsung dari segi visual dan grafisnya. Jika kebanyakan PS masih memiliki visual standar, berbeda dengan PS4 Pro. Anda bisa melihat gambar atau karakter game yang benar-benar hidup dengan pergerakan yang lebih halus.

Kualitas yang lebih baik ini didukung dengan kualitas gambar 4K, inilah yang membuat setiap karakter game lebih hidup dan jernih. Jika Anda melihat tampilan yang lebih jernih dan hidup, Anda juga akan semakin nyaman ketika bermain game. Ini menjadi salah satu alasan banyak gamer masih mencari PS4 Pro.

Sudah Bisa Digunakan untuk Bermain VR

VR atau Virtual Reality merupakan sebuah konsep tercanggih dari game saat ini. VR juga menjadi sangat populer di dalam dunia game, karena Anda bisa menikmati game seperti di dunia nyata. Nah, PS4 Pro ini sudah didukung dengan teknologi VR, Anda hanya perlu menggunakan peralatan VR dan menyambungkannya pada konsol Anda.

Anda bisa memilih beragam game yang seru untuk dimainkan menggunakan VR pada PS4 Pro. Tidak hanya game saja, Anda juga bisa memilih game action yang lebih seru. Anda pun bisa bermain VR menggunakan PS4 pro bersama teman atau keluarga. Kelebihan ini juga salah satu alasan kenapa PS4 Pro masih bertahan di pasaran hingga saat ini.

PS 4 Pro (sumber: engadget.com)

Streaming Netflix dan YouTube

Setelah dikembangkan menjadi lebih baik lagi, PS4 Pro juga bisa digunakan sebagai salah satu untuk nonton film. Untuk melihat film, Anda tidak perlu repot-repot menyediakan kaset atau DVD, karena Anda hanya perlu menghubungkan PS4 Pro ke YouTube atau Netflix. Anda bisa menikmati film atau serial kesukaan Anda di 2 platform tersebut dengan cara streaming.

Kualitas gambar yang baik dengan dukungan 4 K tentunya akan memanjakan Anda ketika menonton film. Gambar dan setiap karakter di dalam film juga akan terasa lebih hidup. Ini bisa Anda rasakan ketika Anda menonton jenis film anime atau kartun. 

Terlalu Sederhana

PS4 Pro tentunya tidak hanya memiliki segudang kelebihan saja, karena juga ada kekurangannya. Salah satu kekurangan dari PS ini, yaitu yang terlalu sederhana. PS4 Pro hanya memiliki aksesoris berupa fitur yang mendukung VR saja, selain itu tidak ada lagi. PS ini juga memiliki desain konsol dengan ukuran lebih besar dan tebal jika dibanding dengan PS lainnya.

Ini akan membuat sebagian orang untuk berpikir kembali ketika mereka hendak membelinya. Akan sulit membawa PS4 Pro ke tempat yang Anda sukai. Seperti yang kita ketahui, biasanya orang bermain PS tidak hanya di satu tempat. Tak jarang pula mereka sering memindahkan konsol ke tempat lain, seperti rumah teman, rumah saudara, dan berbagai tempat lain yang dirasa nyaman untuk bermain PS.

Selain itu, bagi Anda yang ingin membeli PS4 Pro, Anda juga perlu mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sibuk dan jarang di rumah, ada baiknya jika Anda tidak membeli PS4 Pro terlebih dahulu. Karena, jika Anda tidak memainkan atau sekadar menggunakan PS4 Pro dalam waktu yang lama, maka konsol PS4 Pro juga akan cepat rusak.

Spesifikasi PS4 Pro

Dimensi 11.6 in x 12.87 in x 2.17 in
CPU AMD Jaguar 8-core (x86-64)
GPU AMD Radeon (4.2 TFLOP)
Memori 1TB
Optical Out Yes
AV Out HDMI 2.0
Konsumsi Daya 310 watt 
4K Streaming yes
USB 3.0 (3 pcs)
PSVR Support Yes

Harga PS4 Pro Bekas

Tidak sulit menemukan PS4 Pro di pasaran, karena Anda bisa membelinya di berbagai toko elektronik. Seperti disampaikan di atas, untuk unit yang masih baru, harganya berada di kisaran Rp6 juta hingg Rp7 jutaan. Sementara, untuk kondisi bekas atau second, tergantung dari kondisi dan kelengkapan perangkat, mulai Rp3 jutaan hingga Rp5,6 jutaan.

Pos terkait