Harga & Prosedur Teknik Veneer Gigi Porselen

Tidak percaya diri dengan warna yang tidak cerah merupakan masalah sebagian orang. Dulu, mungkin orang-orang percaya bahwa menyikat menggunakan -bahan alami dapat memutihkan warna gigi. Tetapi, kini, menjadikan gigi berwarna putih bisa dilakukan dengan teknik veneer.

harga, veneer, gigi, porselen, prosedur, teknik, warna, porselen, resin, komposit, direct, metode, indirect, enamel, tarif, dokter, gigi, putih, bersih, rapi, noda, kekurangan, kelebihan, pemasangan, persiapan, bahan

Senyum gigi putih bersih

Veneer gigi merupakan sebuah yang dilakukan oleh dokter gigi untuk memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi. Teknik itu biasanya juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang berubah warna, patah, rusak, tidak sejajar atau tidak rata, tidak teratur bentuknya atau gigi yang memiliki celah. Teknik veneer dilakukan dengan memasang lapisan buatan untuk melapisi bagian depan gigi.

Macam-Macam Metode Veneer

Terdapat dua proses dalam veneer yaitu secara langsung (direct) dan tidak langsung (indirect). Berikut perbedaan keduanya.

Direct Veneer

Jenis ini merupakan veneer yang langsung dikerjakan di atas gigi dengan menggunakan bahan resin komposit, pengerjaannya dapat dilakukan dengan satu kali kunjungan dan biayanya lebih murah dari pada jenis indirect, tapi tingkat estetiknya tidak sebaik indirect veneer dan sangat bergantung pada kecakapan operator.

Dokter gigi akan langsung melakukan tindakan dengan mengurangi bagian depan gigi asli yang diinginkan untuk diveneer, kemudian ditambal dengan komposit (biasanya terdiri dari matriks resin dan partikel pengisi anorganik). Komposit itu berfungsi untuk ketahanan dalam berbagai kondisi di dalam mulut.

Indirect Veneer

Baca juga  Update Daftar Harga Serum Vitamin C untuk Wajah Mulai dari Merek Lokal Hingga Luar Negeri

Pengerjaan veneer jenis ini dilakukan di laboratorium yang biasanya terbuat dari bahan porcelain, biayanya lebih tinggi dari pada jenis direct. Pengerjaannya dilakukan dalam 2 kali kunjungan yaitu kunjungan pertama gigi dipreparasi dan dicetak, lalu pada kunjungan kedua veneer dipasang pada gigi.

Ada dua jenis bahan veneer gigi yang biasa digunakan, salah satunya adalah porselen. Veneer porselen bersifat lebih tahan lama, tidak mudah berubah warna, dan lebih menyerupai warna gigi asli dibanding bahan veneer lainnya yaitu resin. Oleh karena itu, veneer porselen sering kali menjadi pilihan yang lebih baik.

Prosedur Veneer Gigi

harga, veneer, gigi, porselen, prosedur, teknik, warna, porselen, resin, komposit, direct, metode, indirect, enamel, tarif, dokter, gigi, putih, bersih, rapi, noda, kekurangan, kelebihan, pemasangan, persiapan, bahan

Prosedur awal pemasangan veneer gigi

Diagnosis dan perencanaan

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan menanyakan kepada Anda, mengenai hasil gigi yang ingin didapatkan. Dokter gigi kemudian memeriksa gigi Anda untuk memastikan veneer gigi yang tepat dan mendiskusikan mengenai prosedur yang akan dilakukan. Pada kesempatan ini, dokter gigi juga akan mengambil foto sinar-X untuk melihat mulut dan gigi Anda secara keseluruhan.

Persiapan

Pada kunjungan berikutnya, dokter gigi akan mempersiapkan gigi untuk dilakukan veneer. Ada beberapa hal yang biasanya akan dilakukan pada tahap ini. Bisa dimulai dengan memberikan ketebalan gigi yang cukup. Ketebalan ini untuk integritas struktural veneer porselen, membersihkan permukaan gigi, mengakomodasi ruang untuk morfologi baru, mengakomodasi untuk pergeseran gigi yang akan dilakukan, perubahan struktur gigi dan membersihkan bagian gigi yang busuk.

Dokter gigi akan mengikis enamel atau lapisan terluar gigi hingga sekitar 0,5 milimeter untuk mempersiapkan tempat bagi veneer. Ketebalan enamel itu dianggap akan sama dengan ketebalan yang akan ditambahkan pada permukaan gigi. Sebelum dilakukan pemangkasan enamel, dokter akan berdiskusi dengan untuk keperluan tindakan anestesi . Hal ini untuk mematikan saraf pada area gigi.

Kemudian, dokter gigi akan membuat model atau cetakan gigi Anda. Model inilah yang akan digunakan untuk membuat veneer gigi. Waktu pembuatan hingga selesai biasanya sekitar 2-4 minggu.

Pemasangan

Baca juga  Update Daftar Harga Berbagai Macam Make Up Wardah Satu Paket

Sebelum veneer gigi secara permanen dipasang, dokter gigi akan menempatkan veneer sementara pada gigi untuk memeriksa warna dan kecocokan veneer terhadap gigi Anda. Pemasangan veneer permanen dilakukan dengan langkah awal yaitu gigi dibersihkan. kemudian dipoles, dan diukir.

Semen khusus akan diaplikasikan pada veneer kemudian veneer akan dipasang pada gigi. Sesudah posisi veneer tepat, maka akan dilanjutkan dengan menyinari gigi untuk mengaktifkan bahan kimia yang terdapat pada semen sehingga bisa keras dan selesai lebih cepat.

Langkah terakhir adalah menghilangkan semen berlebih pada permukaan gigi, mengevaluasi gigi serta membuat penyelesaian akhir yang diperlukan. Dokter juga mungkin akan meminta Anda untuk melakukan kunjungan lanjutan.

Harga/Tarif Veneer Gigi

harga, veneer, gigi, porselen, prosedur, teknik, warna, porselen, resin, komposit, direct, metode, indirect, enamel, tarif, dokter, gigi, putih, bersih, rapi, noda, kekurangan, kelebihan, pemasangan, persiapan, bahan

Ilustrasi pemasangan veneer gigi (sumber: tuxedodental.ca)

Untuk harga atau tarif, metode direct dinilai lebih terjangkau karena dalam teknik itu, pemasangan lapisan gigi dibentuk langsung pada gigi tanpa perlu menggunakan jasa lab. Namun demikian, teknik pemasangan veneer gigi ini pun bervariasi harganya tergantung pada dokter gigi yang mengerjakan dengan kisaran harga mulai 700 ribu sampai 1,2 juta rupiah per gigi. Ada pula yang mematok tarif mulai Rp 2 juta hingga Rp 10 juta per gigi.

Untuk mendapatkan mengenai harga atau tarif teknik veneer, Anda bisa mengunjungi klinik gigi terdekat atau bisa juga bertanya ke rumah sakit. Sebelum melakukan teknik veneer, memang Anda diharuskan untuk mempersiapkan .

Kelebihan & Kekurangan Veneer Gigi

Kelebihan

Baca juga  Info Daftar Harga Berbagai Macam Vitamin Rambut Makarizo

Teknik veneer gigi dipandang memiliki kelebihan, antara lain warna dan bentuk seperti gigi asli. Pemasangan veneer juga dianggap anti noda, tidak memengaruhi gusi, dan warna gigi terlihat lebih putih.

Kekurangan

Meskipun memang membuat gigi tampak putih, bersih, dan rapi, teknik veneer juga dianggap memiliki kekurangan, seperti harga atau tarif yang cukup mahal. Jika veneer rusak, maka tidak bisa diperbaiki. Lalu, gigi Anda mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap makanan & minuman yang panas atau dingin. Hal ini dikarenakan enamel gigi yang telah terkikis.

Apabila Anda melakukan teknik veneer, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkan noda pada gigi seperti teh, kopi, atau anggur merah. Untuk menjaga veneer gigi Anda, sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter gigi.

loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Harga & Prosedur Teknik Veneer Gigi Porselen"