Update Harga Propilen Glikol di Pasaran

Memasuki era globalisasi, sektor industri mengalami pesat, termasuk di dalamnya perkembangan sub sektor industri kimia. Sejalan dengan itu, meningkat pula kebutuhan akan berbagai bahan penunjang untuk proses-proses dalam industri, salah satu bahan penunjang tersebut adalah propilen glikol. Dijual dengan harga yang relatif murah, zat ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Ilustrasi: cairan propilen glikol (sumber: verywellhealth)
Ilustrasi: cairan propilen glikol (sumber: verywellhealth)

Propilen glikol adalah suatu senyawa yang mempunyai rumus kimia C3H8O2. Senyawa ini mempunyai nama propylene glycol industrial (PGI), sedangkan nama IUPAC dari senyawa ini adalah 1,2–propanediol. Propilen glikol mempunyai sifat-sifat tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan larut sempurna dalam air.

Bacaan Lainnya

Penggunaan Propylene Glycol

Propylene glycol merupakan zat aditif dalam berbagai produk makanan seperti salad, es krim, warna makanan, popcorn, krim asam, dan campuran kue. Digunakan pula dalam barang-barang rumah tangga seperti pembersih, pengharum ruangan, perlengkapan mandi, dan bahan pembersih, hingga sebagai agen emolien dan pelunakan dalam kosmetik dan obat-obatan.

Senyawa ini mengambil posisi terdepan dalam daftar bahan untuk lipstik, krim, lotion, krim pelembap, masker, lotion, produk peningkat kuku dan kosmetik lainnya. Konsentrasi propilen glikol yang tinggi dapat ditemukan dalam krim cukur, lotion make up, dan zat penyamakan. Propilen glikol dalam jumlah besar terkandung dalam produk pribadi, seperti tisu basah desinfektan, lotion higienis, dan bahkan pasta gigi.

Baca juga  Merek dan Harga Tepung Roti di Pasaran Terbaru

Manfaat Propilen Glikol untuk Kosmetik

  • Propilen glikol adalah pelarut yang paling efektif, karena ia mampu mengikat zat aktif yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak, mengekstraknya dari tanaman. Baik air maupun minyak nabati tidak dapat mengatasi tugas semacam itu. Agar unsur-unsur aktif untuk masuk ke krim atau lotion, daun kering, buah-buahan dicampur dengan propilen glikol, mampu mengekstrak sebanyak mungkin komponen dari kosmetik.
  • Propilen glikol memungkinkan untuk membuat mikroemulsi, yakni zat yang tidak menyerupai minyak atau cairan. Mikroemulsi propilen glikol menahan air yang membersihkan kulit dan minyak esensial yang melembutkan, menyembuhkan, menguatkan jaringan, mengembalikan elastisitas kulit.
  • Propilen glikol tidak beracun, tanpa warna dan bau, memiliki sifat pelembutan dan yang sangat baik. Propilen glikol mampu mengikat molekul air, sebagai akibatnya, uap air terakumulasi dan bertahan di permukaan kulit dan kuku.
  • Propilen glikol dalam kosmetik bertindak sebagai emulsifier, yakni suatu zat yang tidak memungkinkan krim atau lotion untuk hancur menjadi komponen penyusunnya. Tanpa propilen glikol, lapisan air dan minyak pada krim atau lipstik dapat terpisah, mikroba akan menetap di antara mereka, dan komponen aktif akan kehilangan aktivitasnya. Karena efek anti-pembekuan, propilen glikol membuat krim dan lipstik dari pembusukan, mencegahnya rusak pada suhu rendah.
  • Propilen glikol eter memiliki aktivitas bakterisida, sehingga melindungi kosmetik dari multiplikasi bakteri patogen.
  • Selain itu, propilen glikol dalam krim mampu melakukan lapisan dalam pada molekul kulit tidak hanya air, tetapi juga zat aktif.
Baca juga  Info Terbaru Harga Lakban Hitam (Kecil, Sedang, Besar)

Apakah Propylene Glycol Aman?

Propylene glycol adalah bahan yang digunakan sebagai bahan pengental pada kosmetik. Biasanya, propylene glycol terdapat pada produk kecantikan seperti pembersih muka, muka, dan produk kecantikan yang biasanya bersifat cair. Di dalam produk kecantikan, biasanya propylene glycol dapat bersifat sebagai pengental. Sehingga, manfaat propylene glycol ini sangat aman. Beberapa produk kecantikan memanfaatkan senyawa propylene glycol ini.

Propilen glikol
Propilen glikol

Efek Samping Propylene Glycol

Berbagai penelitian membuktikan bahwa propylene glycol aman untuk dikonsumsi. FDA telah mengklasifikasikan propylene glycol sebagai Generally Recognized as Safe yang digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Dalam penelitian jangka panjang yang dilakukan pada tahun 1947, menghirup propylene glycol disimpulkan tidak memiliki efek apapun terhadap tubuh manusia.

Namun, banyak juga media massa yang melakukan pembohongan publik, dengan memberikan pernyataan bahwa propylene glycol adalah zat beracun yang digunakan sebagai zat anti beku (anti-freeze). Akan tetapi, fakta sebenarnya adalah bahwa zat yang dimaksud tersebut adalah ethyl glycol, sebuah zat yang mirip dengan propylene glycol, tapi sebenarnya tidak mempunyai keterkaitan apapun dan tidak digunakan sama sekali dalam rokok elektrik.

Propylene glycol juga dapat mengikat rasa (flavor) secara lebih efektif dibandingkan vegetable glycerin, yang berarti senyawa ini adalah basis cairan yang paling sering digunakan untuk mengikat konsentrat rasa dan juga nikotin. Propylene glycol dapat ditemukan dalam berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti inhaler asma, produk kesehatan yang digunakan secara oral (ditelan), disuntik, ataupun sebagai salah satu formulasi topikal, rias wajah, sampo, dan tisu bayi, serta makanan hewan.

Baca juga  Info Harga Lipstik Zoya (Semua Varian & Shades Warna)

Propilen glikol (PG) adalah yang mampu menyerap kelembapan dari lingkungan ke dalam kulit, dn penambah penyerapan. Mendeteksi propilen glikol adalah mungkin di sebagian besar kosmetik. Secara ilmiah, propilen glikol dianggap sebagai bahan yang aman yang merupakan bagian dari kosmetik dan obat-obatan, tetapi sejak tahun 2000 telah dilarang digunakan dalam produksi pakan ternak.

Harga Propilen Glikol

Kemasan Propilen Glikol Harga
Propilen Glikol 80 ml Rp15.000
Propilen Glikol 100ml Rp17.999
Propilen Glikol ml Rp30.000
Propilen Glikol 500 ml Rp67.000
Propilen Glikol 1 L Rp110.000

Harga propilen glikol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan kimia dan situs jual beli online. Dibandingkan tahun 2020, harga propilen glikol tahun 2021 relatif stabil, tetapi naik di tahun 2022. Propilen glikol 1 liter misalnya, ditawarkan Rp65 ribuan hingga Rp95 ribuan tahun 2020, menjadi sekitar Rp75 ribu hingga Rp100 ribuan tahun 2021, naik menjadi Rp110 ribu tahun 2022 botol. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko bahan kimia terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.