Update Harga Prol Tape Khas Jember

No comment4311 views

Berwisata ke , tak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khasnya. Salah satu jajanan khas Kota Festival yang sudah dikenal banyak orang dari dulu hingga sekarang adalah prol tape. Ini merupakan jajanan dengan bentuk roti bertekstur lembut dan harum. Bagi Anda yang berwisata ke Jember, Anda juga bisa menjadikan prol tape sebagai salah satu untuk di rumah. Harga prol tape ini cukup terjangkau, mulai puluhan ribu rupiah.

Prol tape (sumber: omiyago.com)

Prol tape (sumber: omiyago.com)

Prol tape adalah salah satu makanan sekaligus jajanan mewah khas dari Jember. Awalnya, prol tape hanya memiliki satu rasa saja, yaitu original. Namun, saat ini prol tape sudah memiliki banyak rasa. Beberapa varian rasa yang paling digemari oleh pelancong adalah keju dan kismis. Prol tape sendiri memiliki citarasa yang , legit, gurih, dan lembut. Bagi Anda yang ingin prol tape sendiri bisa mencoba resep berikut ini.

Cara Membuat Prol Tape

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu menyiapkan alat dan bahan. Untuk alat dan bahannya, bisa Anda temukan dengan mudah. Anda perlu menyiapkan tape singkong sebanyak 300 gr yang sudah matang sebagai bahan utamanya. Setelah itu, siapkan bahan olahan lainnya, seperti 60 gr gula pasir atau gula halus, 70 gr tepung terigu, 2 butir telur, 70 ml susu cair, dan 75 gr margarin. 
  • Siapkan juga peralatan memasak, berupa baskom atau wadah dengan ukuran besar, alat pengaduk seperti solet atau sendok nasi, loyang, kertas roti, dan yang paling penting adalah alat untuk mengukus adonan nantinya. Ada tips menarik, jika Anda ingin prol tape buatan Anda lebih kaya rasa. Anda bisa menambahkan keju, cokeat, potongan buah, dan kismis sebagai topping.
  • Setelah Anda menyiapkan semua bahan dan peralatan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Untuk membuat adonan, Anda perlu memisahkan tape dengan sumbunya terlebih dahulu. Gunakan garpu atau sendok untuk mempermudah Anda ketika memisahkan sumbu tape singkong. 
  • Masukkan tape singkong ke dalam wadah baskom dan hancurkan hingga halus. Jika tape singkong sudah halus, Anda bisa mengaduk secara perlahan sambil menuangkan gula sedikit demi sedikit. Aduk campuran tape singkong dan gula hingga menyerupai pasta dan tambahkan tepung sedikit demi sedikit. Masukkan juga dua butir telur ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata, lalu diamkan sebentar.
  • Sebagai tips untuk membuat adonan, Anda bisa memakai mixer supaya hasilnya lebih merata dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat penggiling, penumbuk, dan blender untuk menghancurkan tape. Ini akan membuat serat tape menjadi lebih lembut dan tidak terlalu keras atau padat.
  • Sambil menunggu adonan sedikit lembek, Anda bisa membuat bahan tambahan adonan. Cairkan margarin dalam panci dan tambahkan susu, lalu tunggu hingga mendidih. Setelah margarin dan susu tercampur rata, matikan dan tuang cairan tersebut ke dalam adonan tape dalam baskom tadi, lalu aduk hingga rata.
  • Sebagai tips jika Anda tidak ingin panci atau margarin Anda gosong ketika dilelehkan, Anda bisa memakai teknik double boiler. Ini dipakai untuk melelehkan margarin dan setelah itu, masukkan margarin dan susu ke dalam panci untuk diolah.
  • Siapkan kukusan terlebih dahulu. Sambil menunggu kukusan siap, Anda bisa menyiapkan loyang. Lapisi loyang dengan kertas roti atau kertas minyak dan oleskan sedikit margarin pada permukaan loyang. Setelah itu, Anda bisa menuangkan adonan prol tape ke dalam loyang dan mengukusnya.
  • Untuk mengukus prol tape, Anda harus menggunakan api sedang, agar prol tape dapat matang secara merata. Kukuslah selama 35 menit, Anda bisa mengetahui apakah adonan sudah matang atau belum dengan melakukan uji kematangan. Tusukkan sebatang lidi di bagian tengah adonan. Jika Anda melihat masih ada adonan kue yang menempel, artinya prol tape belum matang.
  • Beberapa orang juga membuat prol tape dengan cara dipanggang dalam oven. Untuk pembuatan adonan prol tape panggang, sama dengan adonan prol tape di atas. Jika Anda menggunakan oven, pastikan Anda membakarnya dalam suhu 120 derajat Celcius dalam waktu 30 menit.
  • Prol tape yang sudah matang dapat dikeluarkan dari kukusan atau oven dan biarkan agak dingin terlebih dahulu, dengan mengangin-anginkan. Setelah itu, Anda bisa mengeluarkan kue dari loyang dan meletakkannya di atas piring. Tambahkan olesan selai atau susu kental manis di atas kue dan taburi dengan keju parut, kismis, coklat, atau potongan buah sesuai dengan selera Anda. 
Prol tape (sumber: Bukalapak)

Prol tape (sumber: Bukalapak)

Jika Anda tidak memiliki waktu luang yang cukup, tapi ingin merasakan kelezatan dan kelembutan prol tape, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Jember. Kebanyakan orang membelinya sebagai salah satu buah tangan wajib jika mereka berkunjung ke kota tersebut. Sebagai referensi, berikut kami sajikan dan varian prol tape lengkap dengan harganya. 

Harga Prol Tape

Merk dan Varian Prol TapeHarga
Prol Tape Keju Coklat Khas Jember Rp25.900
Prol Tape Sumber Madu ManisRp55.000
Prol Tape Wika Khaw Jember Rp32.000
Prol Tape Cinta Cakes & Bakery, Dewi SartikaRp68.700
Prol Tape Gluten Free Rp70.000
Prol Tape Spesial Keju Kismis Rp40.000

Harga prol tape di atas sifatnya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, Prol Tape Keju Coklat Khas Jember dijual dengan harga Rp19.500 dan kini menjadi Rp25.900. Sementara itu, Prol Tape Sumber Madu Manis yang semula dijual dengan harga Rp25.000, kini menjadi Rp35.000 per kemasan.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Sarden dan Mackerel Maya (155 gr & 425 gr)
author

Leave a reply "Update Harga Prol Tape Khas Jember"