Siapa yang tidak kenal dengan motor sport V-Ixion buatan Yamaha? V-Ixion, atau Vixion, merupakan salah sport bike unggulan pabrikan berlogo garpu tala, khususnya di pasar dalam negeri. Ditawarkan dengan harga di atas Rp20 jutaan, motor ini banyak digemari, selain karena menawarkan desain yang eye-catching, juga didukung dengan spesifikasi mesin yang oke punya.
Yamaha diketahui pertama kali meluncurkan V-Ixion pada tahun 2007 lalu. Sport bike ini merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Yamaha V-Ixion dihadirkan untuk bersaing di kelas sport bike berkapasitas 150cc guna mengimbangi kompetitor dari produsen lain.
Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari model Yamaha Jupiter MX yang bermain di segmen motor bebek sport dan juga turunan dari Yamaha Scorpio Z. Motor ini tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft tunggal bervolume silinder 149,8cc dan sistem bahan bakar injeksi. Penggunaan injeksi bahan bakar sendiri ditujukan untuk meningkatkan tenaga mesin karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat.
Dalam perjalanannya yang mencapai usia sebelas tahun (hingga artikel ini diterbitkan), Yamaha V-Ixion sudah hadir dalam beberapa generasi. Generasi paling baru diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada bulan April2017 lalu, dalam ajang Jakarta International Expo yang berlangsung di Kemayoran. Selain model baru, pabrikan juga menambah varian anyar yaitu New V-Ixion R berkapasitas 155cc bagi mereka yang ingin motor jalanan yang tangguh.
Lalu, apa saja yang berubah pada motor ini? Hal pertama adalah dari sisi desain. Dengan konsep new sport style, All New V-Ixion menggunakan speedometer digital baru dengan sapaan humanis “Hi buddy” yang dapat diubah sesuai nama pemilik, sehingga membuat pengendara memiliki privasi yang mengendarai motor ini. Selain itu, lampu depan dan belakang sudah mengusung teknologi LED dengan model yang agresif dan pencahayaan yang semakin terang.
All New V-Ixion juga didukung dengan lampu hazard yang berfungsi untuk memberikan sinyal kondisi darurat pada pengendara lain. Pass beam yang praktis memberi tanda lampu jauh kepada pengendara lainnya, sedangkan engine cut off yang mempermudah mematikan mesin adalah fitur yang sudah menjadi ciri khas sebuah motor sport sejati.
Sementara, untuk bagian dimensi rangka, motor naked asal Negeri Sakura tersebut mengandalkan rangka Delta Box yang begitu kuat dan andal, namun tetap ringan. Selain itu, bentuk bodi yang atraktif dengan dimensi 1.955 x 720 x 1.025 mm sangat pas untuk menopang rangka tersebut. Motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 132 kg, sehingga dipastikan All New V-Ixion lebih mudah dikendarai di medan apa pun.
Untuk sektor jantung pacu, Yamaha membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, berkapasitas 149,8cc, silinder tunggal, 4 katup. Dengan modal tersebut, All New V-Ixion diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 12,2 kW pada putaran 8.500 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 14,5 Nm pada putaran 7.500 rpm.
Seperti diutarakan sebelumnya, PT YIMM juga merilis varian baru yang terangkum dalam seri V-Ixion R. Motor yang hadir dengan style sporty dan futuristik ini muncul dengan berbekal spesifikasi yang lebih mumpuni di jajaran V-Ixion Series. Di Indonesia, V-Ixion R dihadirkan untuk bersaing dengan Honda CB150R dan juga Suzuki GSX-S150.
Secara tampilan, motor ini membawa headlamp LED dengan bentuk yang cukup menarik dan atraktif, menyerupai huruf V. Lalu, pada bagian samping, tersemat desain tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter dengan lekukan tajam yang sporty, serta ditambahi dengan Under Cowl di bagian bawah dengan rongga besar guna memaksimalkan aliran arah angin.
Hadir sebagai naked bike modern, V-Ixion R membawa panel speedometer full digital yang akan memperlihatkan kecepatan dalam hitungan km per jam, posisi gear, jarak tempuh, tingkat rpm, dan juga indikator bahan bakar. Selain itu, pada sisi kanan, juga disematkan lampu indikator berupa lampu sein dan lampu tembak, sedangkan di bagian kiri menampilkan lampu netral dan indikator oli.
Beralih ke bagian jantung pacu, pabrikan Negeri Matahari Terbit telah membekali sport bike mereka dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, 4 katup, berkapasitas 155,1cc. Dengan modal tersebut, V-Ixion R diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 14,2 kW atau 19,3 HP pada putaran 10.000 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.
Setelah mengetahui spesifikasi masing-masing varian terbaru Yamaha V-Ixion, lalu berapa harga naked bike tersebut saat ini di pasaran? Berikut kami hadirkan informasi terbaru harga Yamaha V-Ixion yang kami kutip langsung dari situs resmi PT YIMM. Perlu dicatat, harga sepeda motor kemungkinan bisa berbeda di masing-masing wilayah.
Harga Yamaha Vixion
Tipe Yamaha Vixion | Harga |
Yamaha All New Vixion | Rp27.180.000 |
Yamaha All New Vixion Monster Energy MotoGP Edition | Rp27.885.000 |
Yamaha All New Vixion R | Rp30.815.000 |
Memang, harga Yamaha V-Ixion model baru masih tergolong cukup tinggi. Nah, bagi Anda yang memiliki bujet cukup terbatas, tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda masih bisa membeli produk bekas sepeda motor dengan harga yang tentunya lebih terjangkau. Berikut info terbaru kisaran harga Yamaha V-Ixion bekas di pasaran.
Harga Yamaha Vixion Bekas
Tahun Produksi | Harga Bekas |
2007 | Mulai Rp3.700.000 |
2008 | Mulai Rp5.750.000 |
2009 | Mulai Rp4.200.000 |
2010 | Mulai Rp6.300.000 |
2011 | Mulai Rp6.900.000 |
2012 | Mulai Rp6.000.000 |
2013 | Mulai Rp4.900.000 |
2014 | Mulai Rp6.200.000 |
2015 | Mulai Rp5.000.000 |
2016 | Mulai Rp9.800.000 |
2017 | Mulai Rp11.950.000 |
2018 | Mulai Rp10.000.000 |
2019 | Mulai Rp18.200.000 |
Daftar harga sepeda motor Yamaha V-Ixion bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli motor bekas dan situs jual beli online. Harga motor Yamaha V-Ixion tersebut bisa bervariasi, tergantung wilayah masing-masing, kondisi sepeda motor yang bersangkutan, dan negosiasi antara penjual dan pembeli.
(Panca)