Update Harga Yamaha V-Ixion Baru & Bekas (All Series)

Siapa yang tidak kenal dengan motor sport V-Ixion buatan Yamaha? V-Ixion merupakan salah sport bike unggulan pabrikan berlogo garpu tala, khususnya di pasar dalam negeri. Ditawarkan dengan di atas Rp20 jutaan, motor ini banyak digemari, selain karena menawarkan desain yang eye-catching, juga didukung dengan mesin yang oke punya.

Yamaha diketahui pertama kali meluncurkan V-Ixion pada tahun 2007 lalu. Sport bike ini merupakan pertama yang diproduksi Yamaha Motor Company dengan menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Yamaha V-Ixion dihadirkan untuk bersaing di kelas sport bike berkapasitas 150cc guna mengimbangi kompetitor dari produsen lain.

Yamaha V-Ixion - mivecblog.com

Yamaha V-Ixion - mivecblog.com

Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari model Yamaha Jupiter MX yang bermain di segmen motor bebek sport dan juga turunan dari Yamaha Scorpio Z. Motor ini tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft tunggal bervolume silinder 149,8cc dan sistem bahan bakar injeksi. Penggunaan injeksi bahan bakar sendiri ditujukan untuk meningkatkan tenaga mesin karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat.

Dalam perjalanannya yang mencapai usia sebelas tahun (hingga artikel ini diterbitkan), Yamaha V-Ixion sudah hadir dalam beberapa generasi. Generasi paling baru diluncurkan PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) pada bulan April2017 lalu, dalam ajang Jakarta International Expo yang berlangsung di Kemayoran. Selain model baru, pabrikan juga menambah varian anyar yaitu New V-Ixion R berkapasitas 155cc bagi mereka yang ingin motor jalanan yang tangguh.

Lalu, apa saja yang berubah pada motor ini? Hal pertama adalah dari sisi desain. Dengan konsep new sport style, All New V-Ixion menggunakan speedometer digital baru dengan sapaan humanis “Hi buddy” yang dapat diubah sesuai nama pemilik, sehingga membuat pengendara memiliki privasi yang mengendarai motor ini. Selain itu, dan belakang sudah mengusung teknologi LED dengan model yang agresif dan pencahayaan yang semakin terang.

All New V-Ixion juga didukung dengan hazard yang berfungsi untuk memberikan sinyal kondisi darurat pada pengendara lain. Pass beam yang praktis memberi tanda jauh kepada pengendara lainnya, sedangkan engine cut off yang mempermudah mematikan mesin adalah fitur yang sudah menjadi ciri khas sebuah motor sport sejati.

Sementara, untuk bagian dimensi rangka, motor naked asal Negeri Sakura tersebut mengandalkan rangka Delta Box yang begitu kuat dan andal, namun tetap ringan. Selain itu, bentuk bodi yang atraktif dengan dimensi 1.955 x 720 x 1.025 mm sangat pas untuk menopang rangka tersebut. Motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 132 kg, sehingga dipastikan All New V-Ixion lebih mudah dikendarai di medan apa pun.

Untuk sektor jantung pacu, Yamaha membekali motor ini dengan mesin 4-stroke, SOHC, berkapasitas 149,8cc, silinder tunggal, 4 katup. Dengan modal tersebut, All New V-Ixion diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 12,2 kW pada putaran 8.500 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 14,5 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Seperti diutarakan sebelumnya, PT YIMM juga merilis varian baru yang terangkum dalam seri V-Ixion R. Motor yang hadir dengan style sporty dan futuristik ini muncul dengan berbekal spesifikasi yang lebih mumpuni di jajaran V-Ixion Series. Di Indonesia, V-Ixion R dihadirkan untuk bersaing dengan Honda CB150R dan juga Suzuki GSX-S150.

Yamaha V-Ixion - naikmotor.com

Yamaha V-Ixion - naikmotor.com

Secara tampilan, motor ini membawa headlamp LED dengan bentuk yang cukup menarik dan atraktif, menyerupai huruf V. Lalu, pada bagian samping, tersemat desain tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter dengan lekukan tajam yang sporty, serta ditambahi dengan Under Cowl di bagian bawah dengan rongga besar guna memaksimalkan aliran arah angin.

Hadir sebagai naked bike modern, V-Ixion R membawa panel speedometer full digital yang akan memperlihatkan kecepatan dalam hitungan km per jam, posisi gear, jarak tempuh, tingkat rpm, dan juga indikator bahan bakar. Selain itu, pada sisi kanan, juga disematkan lampu indikator berupa lampu sein dan lampu tembak, sedangkan di bagian kiri menampilkan lampu netral dan indikator oli.

Beralih ke bagian jantung pacu, pabrikan Negeri Matahari Terbit telah membekali sport bike mereka dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, 4 katup, berkapasitas 155,1cc. Dengan modal tersebut, V-Ixion R diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 14,2 kW atau 19,3 HP pada putaran 10.000 rpm dan menyentuh torsi puncak di angka 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Setelah mengetahui spesifikasi masing-masing varian terbaru Yamaha V-Ixion, lalu berapa harga naked bike tersebut saat ini di pasaran? Berikut kami hadirkan informasi terbaru harga Yamaha V-Ixion yang kami kutip langsung dari situs resmi PT YIMM.

Harga Yamaha V-Ixion Baru

Tipe Yamaha V-IxionHarga (Rp)
All New V-Ixion26.250.000
All New V-Ixion Yamaha Movistar26.950.000
All New V-Ixion R29.250.000

Memang, harga Yamaha V-Ixion model baru masih tergolong cukup tinggi. Nah, bagi Anda yang memiliki bujet cukup terbatas, tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda masih bisa membeli bekas motor dengan harga yang tentunya lebih terjangkau. Berikut info terbaru kisaran harga Yamaha V-Ixion bekas di pasaran.

Harga Yamaha V-Ixion Bekas

Tahun ProduksiKisaran Harga Bekas (Rp)
2007Mulai 3.900.000
2008Mulai 6.000.000
2009Mulai 7.000.000
2010Mulai 7.500.000
2011Mulai 7.800.000
2012Mulai 8.000.000
2013Mulai 9.000.000
2014Mulai 11.000.000
2015Mulai 11.500.000

Daftar harga sepeda motor Yamaha V-Ixion bekas di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli motor bekas dan situs jual beli online. Harga tersebut bisa bervariasi, tergantung wilayah masing-masing, kondisi sepeda motor yang bersangkutan, dan negosiasi antara penjual dan pembeli.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Yamaha V-Ixion Baru & Bekas (All Series)"