Update Harga Printer HP LaserJet P1102 (Baru dan Second)

Jika keseharian Anda disibukkan dengan urusan mencetak dalam jumlah banyak, alih-alih inkjet, Anda sebaiknya memilih printer laser karena lebih cepat dan efisien. Di pasaran, printer model laser juga sudah tersedia dalam berbagai merk. Nah, apabila Anda membutuhkan varian yang punya harga murah, salah satu rekomendasi menarik adalah HP LaserJet P1102.

HP LaserJet P1102 (sumber: psauction.com)

HP LaserJet P1102 (sumber: psauction.com)

Printer sendiri adalah piranti yang menampilkan dalam cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.  Printer ini biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray) atau tempat menaruh kertas. Selain itu, ada tinta atau tinta bubuk (toner), kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk, serta colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer di bagian belakang pencetak.

Manfaat atau fungsi printer yang paling utama tentu saja untuk mencetak atau menyajikan data dari komputer kepada pengguna secara langsung. Data yang dicetak ini bisa bermacam-macam, yang biasanya berupa dokumen seperti surat, arsip, dan dokumen penting lainnya. Kebanyakan jenis dokumen seperti ini dibuat dengan Microsoft Office, bisa dengan Word, Excel, atau Power Point. Namun, ada juga yang hanya menggunakan notepad sederhana.

Jenis data berikutnya yang dicetak printer adalah gambar atau foto. Untuk mencetak foto atau gambar, tentu berbeda dengan mencetak dokumen , baik dari ukuran maupun kualitas kertas yang dipakai untuk mencetak. Biasanya, untuk mencetak foto, juga dibutuhkan printer yang berkualitas tinggi sehingga hasil cetakan foto bisa menjadi lebih baik.

Kelebihan Printer Laser

Selain tipe daisy wheel, line printer, dan dot matrix, ada juga printer inkjet dan laser jet. Kedua jenis ini merupakan tipe printer yang paling banyak digunakan banyak konsumen di era sekarang. Namun, jika dibandingkan inkjet, laser jet dikatakan punya banyak keunggulan, meskipun harganya memang relatif lebih mahal.

Untuk printer laser jet, dikatakan memiliki kualitas dan kecepatan mencetak yang lebih baik dari jenis inkjet. Printer ini, seperti namanya, tidak menggunakan tinta, melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetak menggunakan infra merah. Kecepatan mencetaknya minimal dua kali lebih cepat dari printer inkjet. Kualitas hasil cetakan yang dihasilkan juga cukup tajam. Printer laser cocok digunakan bagi pengguna dengan frekuensi mencetak yang tinggi seperti di kantor atau usaha percetakan.

Printer HP Laserjet P1102 (sumber: ghanadeal.com)

Printer HP Laserjet P1102 (sumber: ghanadeal.com)

Printer laserjet memiliki beberapa kelebihan yang lain, yaitu dpi & PPM yang sangat tinggi, lebih efisien untuk mencetak hitam putih, kapasitas warna printer laser juga lebih banyak dibanding dengan printer indoor lainnya, serta kemampuan mencetak yang sangat cepat. Namun, printer ini juga tidak lepas dari kelemahan, di antaranya tidak dapat digunakan secara terus-menerus dan biaya operasional yang cukup tinggi.

Review & Specs HP LaserJet P1102

Di pasaran, tidak sulit menemukan printer tipe laserjet, dan salah satu rekomendasi menarik untuk Anda yang berkantong cekak adalah LaserJet P1102 buatan HP. Printer asal AS ini memang punya harga yang ramah di kantong. Meski demikian, dari segi kualitas, tidak kalah dengan banyak printer laserjet dengan harga lebih mahal.

Menurut salah satu konsumen yang mengaku menggunakan printer ini selama lima tahun, tidak ada masalah berarti yang ditemukan selama penggunaan. Printer ini dikatakan bebas dari masalah jika kita menggunakannya secara rutin atau terus-menerus. Ia sempat absen memakai printer ini selama satu tahun, dan hasilnya toner tinta rusak.

Pengguna lain menuturkan bahwa kantornya memakai printer ini untuk kebutuhan mencetak dokumen. Kecepatan mencetak HP LaserJet P1102 dikatakan sangat cepat dibandingkan model sejenis. Selain itu, pengoperasian produk ini pun relatif mudah dan punya bobot ringan sehingga siapa saja dapat menggeser HP LaserJet P1102 ini dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya.

HP LaserJet P1102 sendiri merupakan printer laser jet jenis monokrom yang diklaim mampu mencetak hingga 19 halaman kertas per menit untuk ukuran letter atau 18 halaman kertas per menit untuk ukuran A4. Produk ini juga mudah diinstal, bahkan bisa diinstal tanpa menggunakan CD jika pengguna memakai HP Smart Install. Install printer dan langsung dapat digunakan dengan kontrol panel yang intuitif dan mudah digunakan.

Printer HP LaserJet P1102 (sumber: krsk.au.ru)

Printer HP LaserJet P1102 (sumber: krsk.au.ru)

Tidak hanya itu saja kelebihan perangkat ini. HP LaserJet P1102 dikatakan hemat energi karena didukung dengan Teknologi Instant-on dan Teknologi Auto On/Auto Off. Sementara, fitur HP Smart Web Printing mampu mengurangi pemborosan kertas dengan mencetak konten yang Anda inginkan saja. Dengan desain ultra-kompak, akan menghemat penggunaan ruang untuk meletakkan printer ini.

Harga HP LaserJet P1102

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa menggunakan printer ini? Sayangnya, menurut situs resminya, baik yang global maupun di Indonesia, perusahaan sudah tidak memproduksi lagi perangkat ini. Namun, Anda tidak perlu galau, karena masih ada banyak toko perlengkapan komputer yang menjual HP LaserJet P1102.

Di pasaran, harga HP LaserJet P1102 saat ini berkisar Rp2,4 jutaan untuk produk baru, turun dari tahun sebelumnya yang dijual Rp2,9 jutaan. Sementara, produk rekondisi dengan garansi toko, dilepas dengan harga Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan, tergantung kondisi barang. Namun, ada pula yang menjualnya dengan harga Rp990 ribuan.

Jika Anda memutuskan membeli HP LaserJet P1102 dalam kondisi second, biasanya tidak mencakup toner atau komponen untuk mencetak. Anda bisa menggunakan toner 85A (CE285A) yang saat ini dijual dengan harga Rp800 ribuan hingga Rp1,1 jutaan untuk produk original. Ada juga yang menawarkan toner KW alias bajakan dengan banderol Rp120 ribu hingga Rp300 ribuan. 

Baca juga  Update Harga Tinta Printer Canon PIXMA iP2770 (Hitam dan Warna)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Printer HP LaserJet P1102 (Baru dan Second)"