Update Harga Power Amplifier Peavey CS 8000 (Baru dan Bekas)

Bagi mereka yang sehari-harinya berkecimpung di dunia audio, pasti sudah sangat familiar dengan alat bernama power amplifier. Ini adalah penguat akhir tata suara yang berguna sebagai penguat sinyal audio yang bertujuan untuk menggerakkan pengeras suara (loudspeaker). Dari sekian banyak merk power amplifier yang beredar, Peavey merupakan salah satu brand yang cukup populer. Hadir dalam berbagai tipe, termasuk Peavey CS 8000, harga produk original perangkat ini berkisar jutaan rupiah per unit.

Power Peavey CS 8000 (youtube: Dee Gaje)
Power Peavey CS 8000 (youtube: Dee Gaje)

Disadari atau tidak, penguat audio adalah alat yang paling banyak digunakan dalam elektronika. Rangkaian ini berfungsi untuk menguatkan sinyal listrik lemah menjadi sedikit lebih kuat. Sementara itu, driver audio amplifier memiliki fungsi sebagai penguat penggerak, yakni menggerakkan daya isyarat masukan dan meneruskan ke bagian penguat akhir atau kerap disebut power amplifier.[1]

Bacaan Lainnya

Fungsi Power Amplifier

Lalu, apa itu power amplifier? Penguat daya adalah perangkat yang secara garis besar berfungsi untuk memperkuat atau memperbesar sinyal masukan. Di dalam bidang audio, power amplifier ini akan menguat sinyal suara sehingga output yang dihasilkan akan menjadi sinyal yang lebih besar lagi.[2] Istilah power amplifier adalah penguat akhir sampai-sampai tidak dilengkapi dengan pengatur nada, bertolak belakang dengan istilah amplifier yang di dalamnya terdiri dari pengatur nada dan power amplifier.

Berdasarkan kelasnya, power amplifier dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Power amplifier kelas A misalnya, dibuat dengan mengatur arus bias yang sesuai di titik tertentu yang ada pada garis bebannya dan titik kerja efektifnya setengah dari tegangan VCC (pin yang harus disambung ke tegangan positif) penguat.[3] Sementara itu, power amplifier kelas B adalah penguat yang bekerja berdasarkan tegangan bias dari sinyal input yang masuk. Power amplifier kelas C, sementara itu, sebenarnya mirip kelas B, tetapi hanya perlu satu transistor untuk bekerja normal.

Ada banyak yang akan Anda peroleh ketika menggunakan power amplifier dalam audio. Perangkat tersebut memiliki sifat menguatkan tegangan puncak amplitudo dari sinyal masukan, dapat menghasilkan penguatan tegangan antara sinyal masukan dan keluaran, memiliki impedansi input yang relatif tinggi sehingga sesuai untuk penguat sinyal kecil, adanya isolasi yang tinggi dari output hingga input sehingga meminimalkan efek umpan balik, punya sinyal output sefasa dengan sinyal, memiliki penguatan arus yang tinggi, serta dapat menghasilkan suara yang bagus.

Review Peavey CS 8000

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang meluncurkan power amplifier untuk pasaran dalam negeri, dan salah satu yang cukup populer adalah Peavey. Sudah eksis sejak dekade 1960-an silam, brand yang didirikan oleh Hartley Peavey telah meluncurkan banyak produk power amplifier untuk konsumen Indonesia dan salah satunya adalah model Peavey CS 8000.

Power amplifier Peavey CS 8000 (youtube: NAY AUDIO)

Dilansir dari berbagai sumber, Peavey CS 8000 dikatakan sebagai power amplifier berkapasitas besar yang cocok untuk para pemusik profesional. Perangkat ini punya bobot yang cukup ringan, tetapi bertenaga dahsyat dan telah teruji oleh beberapa rental sound atau studio musik. Power amplifier ini diklaim mampu digunakan untuk mendorong subwoofer 18 inch berdaya 750 Watt berjumlah empat speaker sekaligus dengan normal dalam rangkaian paralel.

Secara umum, Peavey CS 8000 memiliki power rating 6300 Watt dengan 4 Ohms bridged, 3100 Watt dengan 1 x 4 Ohms, 1650 Watt dengan 1 x 8 Ohms atau 1650 Watt per channel dengan 2 x 8 Ohms, dan 2900 Watt dengan 2 x 4 Ohms. Karakter suara yang dihasilkan power amplifier ini adalah high mid low, dengan grade yang diklaim mencapai A++.

Jika Anda berminat menjajal kedahsyatan suara yang dihasilkan Peavey CS 8000, tidak sulit mendapatkan perangkat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko perkakas elektronik, toko sound atau audio, bahkan lewat situs jual beli online. Lalu, berapa harga Peavey CS 8000 di pasaran saat ini?

Harga Peavey CS 8000

Kondisi Peavey CS 8000 Harga
Peavey CS 8000 Baru Rp3.000.000 – Rp4.500.000
Peavey CS 8000 Bekas Rp2.000.000

Informasi harga Peavey CS 8000 di atas kami rangkum dari berbagai sumber dan merupakan harga rata-rata. Pasalnya, ada juga yang menawarkan Peavey CS 8000 dalam kondisi baru dengan harga Rp5 jutaan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, perangkat ini dijual dengan harga Rp3 juta hingga Rp3,75 juta, sedangkan harga produk bekasnya mulai Rp1,95 jutaan, tergantung kondisi barang.

[1] Hidayat, Rahmat. 2013. Penerapan Audio Amplifier Stereo untuk Beban Bersama dan Bergantian dengan Menggunakan Saklar Ganda sebagai Pengatur Beban. Jurnal Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, Vol. 5(2): 96-101.

[2] Darmana, Tasdik dan Tony Koerniawan. 2017. Perancangan Rangkaian Penguat Daya dengan Transistor. Jurnal Sutet STT PLN, Vol. 7(2): 88-92.

[3] Hidayat, Rahmat. Op cit.

Pos terkait