Update Harga Pot Plastik Besar dan Tips Memilihnya

Pot tanaman menjadi salah satu benda atau barang yang dibutuhkan untuk berkebun. Fungsinya tidak lain sebagai wadah untuk menanam tanaman, baik itu tanaman kecil maupun yang besar. Pot plastik biasanya lebih banyak dipilih orang untuk meletakkan tanaman atau bunganya, baik itu pot bunga berukuran kecil atau besar. Anda bisa membeli pot tersebut di peralatan pertanian terdekat dengan harga relatif terjangkau.

Pot bunga plastik (sumber: shopee.co.id)
Pot bunga plastik (sumber: shopee.co.id)

Jenis Pot Tanaman

  • Pot bahan porselen, biasanya digunakan untuk tanaman yang ditaruh di dalam rumah, karena bentuknya memiliki kesan yang dengan ukiran-ukiran gambar unik, yang membuat harga pot tanaman ini mahal. Namun, kekurangan pot ini adalah mudah pecah, ditambah perawatannya yang lebih sulit. Tidak semua jenis tanaman hias cocok untuk pot ini. Biasanya, pot ini hanya cocok untuk tanaman yang mahal atau bunga-bunga eksklusif.
  • Pot bahan tanah liat, paling banyak dicari dan digunakan oleh orang yang senang berkebun. Harga pot tanaman ini sangat variatif dengan banyak kegunaan. Pot tanaman ini memiliki dapat membuat tetap merembes, sehingga tidak perlu diberi lapisan apa pun. Sirkulasi udaranya juga sangat bagus, sehingga tidak membuat tanaman cepat busuk. Suhu panas maupun dingin, suhu di dalam media tanah akan tetap stabil. Kekurangan pot tanaman berbahan tanah liat ini adalah mudah pecah dan retak, terlebih jika akar sudah semakin membesar akan membuat pot ini mudah rusak.
  • Pot bahan plastik, salah satu kelebihannya adalah pilihan warna yang sangat beragam. Selain itu, harga pot tanaman ini sangat murah dibanding jenis pot tanaman lainnya. Pot jenis ini juga lebih ringan, tidak mudah rusak dan pecah, sehingga lebih awet digunakan dalam waktu yang lama. Sayangnya, pot tanaman plastik ini tidak memiliki pori-pori, sehingga membuat suhu di dalam pot cepat naik ketika panas terik. Sehingga, tanaman lebih cepat layu dan membusuk.
  • Pot bahan semen, dianggap lebih kuat dan tahan lama dibanding tanah liat dan porselen. Harganya juga terjangkau, tidak menguras isi dompet Anda yang suka berkebun. Selain itu, pot berbahan semen juga mudah menyerap dengan baik, sehingga membuat suhu di media tanah tetap terjaga dengan baik. Namun, karena berbahan semen, memiliki bobot yang sangat berat, sehingga menyulitkan Anda bila ingin memindah-mindahkan tanaman.
  • Pot bahan kayu, tengah menjadi buruan para penyuka aktivitas berkebun. Pot tanaman bahan kayu memiliki tingkat serapan yang bagus. Pot kayu juga lebih awet dan kuat dengan banyak pilihan model dan bentuk, ditambah harganya tidak terlalu mahal. Walaupun tidak mudah retak atau pecah, namun pot tanaman bahan kayu mudah lapuk dan dimakan rayap. Apalagi bila pot ini sering terkena air dan menyentuh langsung pada permukaan tanah, memudahkannya cepat lapuk.

Karena pilihan warnanya yang beragam dan harganya yang murah, banyak orang yang lebih memilih untuk pot bahan plastik untuk aktivitas berkebunnya. Pot plastik ini hadir dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran paling kecil hingga paling besar. Pemilihan ukuran pot tentu saja disesuaikan dengan ukuran tanaman atau bunga yang akan ditanam. Nah, jika Anda penasaran dengan kisaran harga pot plastik bunga berukuran besar, berikut kami sajikan daftar harganya untuk Anda.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Beberapa Jenis Pot (credit: goodhousekeeping)
Ilustrasi: Beberapa Jenis Pot (credit: goodhousekeeping)

Harga Pot Plastik Ukuran Besar

Varian Pot PlastikHarga 
Pot Bunga Plastik Motif Anyam Ukuran 25 cm Rp10.500
Pot Bunga Segi Panjang Warna Hitam Ukuran 37 cm Rp12.500 
Pot Bunga Plastik Warna Hitam Ukuran 35 cm Rp13.000 
Pot Bunga Segi Panjang Warna Cokelat Bata/Oranye Ukuran 55 cm Rp13.800 
Pot Bunga Plastik Hitam Diameter 40 cm Rp23.500 
Pot Bunga Putih Tawon Ukuran 24 cm Rp24.750
Pot Bunga Plastik Motif Garis Ukuran 30 cm Rp25.000 
Pot Bunga Segi Panjang Warna Merah (ukuran 44 x 22 x 18 cm) Rp27.000 
Pot Bunga Plastik Hitam Merk Grace Ukuran 40 cm Rp35.750
Pot Bunga Plastik Motif Ukuran 30 cm Rp38.000 
Pot Bunga Plastik Motif Kayu Ukuran 45 cm Rp40.000 
Pot Bunga Plastik Putih Tawon Ukuran 30 cm  Rp45.000 
Pot Bunga Plastik Motif Ukuran 50 cm Rp50.000 
Pot Bunga Segi Panjang Warna Putih Ukuran 67 cm Rp56.292 
Pot Bunga Plastik Merk Glory Ukuran 60 cm Rp86.000 

Daftar harga pot bunga plastik di atas kami ambil dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pot bunga plastik di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, pot bunga plastik motif anyam ukuran 25 cm yang semula dijual seharga Rp12 ribu, sekarang turun menjadi Rp10.500. Berbeda dengan harga pot bunga plastik putih tawon ukuran 24 cm yang naik dari Rp20 ribu menjadi Rp24.750.

Tanaman Memakai Pot Plastik - (lenteratoday.com)
Tanaman Memakai Pot Plastik – (lenteratoday.com)

Tips Memilih Pot Plastik

Memang, mudah mendapatkan pot bunga di pasaran. Namun, memilih pot tanaman tidaklah semudah yang Anda pikirkan, dan tidak boleh sembarangan. Karena, memilih pot tanaman harus disesuaikan dengan jenis tanaman, bahan pot, dan lainnya. Apabila salah dalam memilih, bukan tidak mungkin tanaman Anda akan rusak atau membusuk.

Pot tanaman memiliki beberapa macam bahan dengan kegunaan yang berbeda. Pilih pot tanaman plastik yang memiliki lubang dan kaki di bagian bawahnya. Lubang di pot tersebut memiliki kegunaan untuk mengeluarkan air. Sementara itu, kaki pot berfungsi agar pot tidak menempel langsung di tanah, sehingga membuat tanaman tidak mudah busuk.

Pilih juga pot plastik dengan menyesuaikan bentuk dan ukuran tanamannya. Pot yang memiliki bentuk setengah bola, dianggap cocok digunakan untuk menanam tanaman yang berakar serabut. Sementara, bentuk pot yang memanjang lebih cocok digunakan untuk menanam tanaman berakar tunggang.

Yang terakhir, Anda harus memperhatikan ukuran pot. Ukuran pot plastik sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman tersebut. Untuk tanaman yang masih memiliki ukuran kecil, bisa pot dengan diameter 40 sampai 50 cm. Sementara, tanaman berukuran besar bisa ditanam di pot berdiameter 1,5 sampai 2 meter.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *