Update Harga Polycarbonate Solarlite (Berbagai Warna)

Solarlite merupakan lembar polycarbonate yang diklaim berkualitas baik dan pas dipadukan dengan rumah atau gedung, baik untuk interior maupun eksterior. Tidak sulit menemukan Solarlite di pasaran, Anda bisa membelinya dengan harga yang tergolong terjangkau dalam berbagai macam warna.

Polycarbonate Solarlite (sumber: shopee)
Polycarbonate Solarlite (sumber: shopee)

Keunggulan Polycarbonate Solarlite

Polikarbonat adalah jenis terkemuka dengan lapisan tembus pandang yang bisa mencapai ketebalan 5 cm dan merupakan hasil reaksi antara bisphenol A dengan phosgene.[1] Meskipun begitu, sebagai bentuk lembar polycarbonate, Solarlite hanya memiliki ketebalan 5 mm. Dengan ketebalan tersebut, Solarlite biasa dipakai untuk membuat canopy, garasi mobil, skylight, lampu, dinding dan partisi ruangan.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari resmi PT Impack Pratama Industri Tbk selaku produsen, Solarlite dikatakan memiliki kekuatan 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari acrylic. Ini karena Solarlite dibuat dengan bahan dasar berkualitas terbaik dan menggunakan teknologi mutakhir. Dengan kekuatannya tersebut, polycarbonate Solarlite juga diklaim tidak mudah pecah atau mengalami retak saat terkena pukulan benda tumpul.

Baca juga  Info Terkini Harga Bunga dan Bibit Aglonema di Pasaran

Selain itu, Solarlite memiliki lapisan anti UV atau UV protection yang dapat melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir saat berada di bawah canopy dengan bahan Solarlite. Kulit Anda tidak akan gosong hanya karena berada di ruangan transparan berbahan Solarlite.

Di bagian luar produk, sudah dilengkapi dengan lapisan co-extruded UV yang mencegah terjadinya perubahan warna pada Solarlite. Lapisan tersebut juga bermanfaat untuk membuat bahan menjadi awet dan tahan lama meskipun terkena dan panas matahari. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan anggaran penggantian produk tiap tahunnya.

Keunggulan lain produk Solarlite terdapat pada varian warnanya. Ada 8 warna pilihan yang bisa Anda cocokkan dengan gaya arsitektur rumah atau bangunan. Warna polycarbonate tersebut tidak hanya berfungsi untuk mempercantik rumah, tetapi juga menentukan transmisi cahaya yang masuk dari struktur yang akan dibangun.

Semakin banyak cahaya yang masuk, akan semakin hangat ruangan tersebut. Sebagai contoh, warna bening atau transparan memiliki persentase transmisi cahaya lebih tinggi dibanding warna lainnya. Sementara itu, Solarlite dengan warna gelap memiliki transmisi cahaya rendah. Untuk lebih rinci mengenai jumlah transmisi cahaya pada produk, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Update Harga Granit Ukuran 100x100 (Semua Merk)

Kadar Transmisi Cahaya Polycarbonate Solarlite

Atap kanopi polycarbonate (sumber: rumah123)
kanopi polycarbonate (sumber: rumah123)
Varian Warna Transmisi Cahaya Tingkat Kehangatan
Clear/Transparan 87% 60,31%
Tosca 47% 44,39%
Bronze 33% 41,06%
Opal 33% 0,30%
Biru 22% 48,29%
Silver Millenium 20% 7,25%
Abu-abu 18% 34,46%
Hijau 18% 34,46%

Dari tabel transmisi cahaya di atas, Anda bisa memperkirakan ruangan mana yang akan difasilitasi polycarbonate Solarlite sebagai atasnya. Untuk varian warna transparan atau yang memiliki tingkat transmisi cahaya dan kehangatan tinggi, biasanya dipakai sebagai bahan ruang jemuran.

Dengan jumlah cahaya yang penuh dan suhu ruang yang panas, pakaian yang dijemur akan cepat kering. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir untuk menjemur ketika cuaca sedang mendung atau hujan. Ruang penjemur baju dengan Solarlite masih bisa membantu membuat kadar air di pakaian terkikis.

Harga Polycarbonate Solarlite

Di pasaran, harga polycarbonate Solarlite dibedakan berdasarkan warna dan ukurannya. Untuk polycarbonat Solarlite ukuran 5 mm warna bronze dijual dengan harga mulai Rp2.665.000. Sementara itu, polycarbonate Solarlite ukuran 5 mm warna bening dijual dengan harga Rp2.400.000.

Baca juga  Update Harga Pompa Celup Air Kotor (Semua Merk dan Tipe)

Harga polycarbonate Solarlite tersebut tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu Solarlite warna bening, abu-abu, bronze, hijau, biru, dan opal, harganya sekitar Rp3.000.000 per lembar dengan ketebalan 5 mm dan 11,8 m. Sementara untuk warna yang lain, harganya mulai Rp2.850.000 per lembar.

Sayangnya, produk ini tidak memiliki daya tahan terhadap goresan. Benda tajam seperti pisau atau jarum dapat menyisakan sedikit goresan pada produk. Sehingga, dibutuhkan teknik khusus ketika memasang polycarbonate Solarlite. Untuk mencegah adanya goresan akibat benda tajam, biasanya tukang akan menutup bagian depan produk pada saat pemasangan. Selain itu, produk ini juga perlu dilap atau dibersihkan setelah dipasang. Sehingga, bagian luar polycarbonate Solarlite terlihat lebih mengkilap dan bersih.

[Update: Almas]

[1] Sari, Dian Safitri. 2007. Potensi & Aplikasi Polikarbonat pada Arsitektur (Skripsi). Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *