Manfaat dan Update Harga Pohon Pule Besar Siap Tanam

Pohon pule atau pulai dengan nama ilmiah Alstonia angustilobaMiq. merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh dengan cepat dan berpotensi untuk dijadikan bahan membuat peti, korek api, hak sepatu, dan kerajinan.[1] Dengan manfaat yang beragam, tak heran jika harga pohon tersebut tidak bisa dibilang murah.

Ilustrasi: Pohon Pule dan Manfaatnya (credit: CNNIndonesia)
Ilustrasi: Pohon Pule dan Manfaatnya (credit: CNNIndonesia)

Dilansir dari CNN Indonesia, pohon pule termasuk tanaman keras yang umum di Pulau Jawa dan Sumatera. Pulai banyak ditemukan di kawasan terbuka, semak, hutan campuran, hutan primer, hutan sekunder, hutan jati, dan pinggir ladang pada ketinggian 50 mdpl hingga 1.500 mdpl. Diketahui, pohon ini dapat tumbuh di daerah dengan suhu tahunan rata-rata 12 derajat Celsius hingga 32 derajat Celsius.

Bacaan Lainnya

Selain dimanfaatkan kayunya untuk berbagai keperluan, pohon pulai kerap dijadikan sebagai tanaman untuk penghijauan. Pasalnya, ia memiliki daun rimbun berwarna hijau, mengkilat, dan melebar ke samping. Ketika ditanam, sekilas pohon ini seperti payung hidup. Karakter pohon pulai yang memberikan kesegaran dan tumbuh dengan cepat, mampu membuat suasana sekitar tanaman menjadi lebih sejuk.

Konon, pohon pulai juga memiliki fungsi sebagai pelindung pohon atau tanaman di sekitarnya. Pule juga tidak akan merusak tanah atau area budidaya tanaman lain, karena memiliki bentuk batang yang lurus dan tumbuh ke atas dengan cabang yang sedikit. Sementara itu, akarnya tumbuh ke dalam tanah dan tidak menyebar, sehingga tidak mencuri sumber makanan atau nutrisi tanaman lain.

Tak hanya bermanfaat di bidang penghijauan, ternyata pule termasuk salah satu tanaman obat tradisional. Berikut adalah khasiat pulai dalam bidang kesehatan.

Manfaat Pule

  • Mengobati demam. Pohon pule sudah sejak lama dipakai untuk bahan membuat obat herbal demam atau panas. Bagian pohon pule yang dipakai adalah kulit dalamnya. Cara pengambilannya adalah dengan mengikis kulit luar dan setelah itu, kulit pohon dalam disayat menggunakan pisau. Setelah kulit pohon dibersihkan, kulit harus direbus bersama dengan bawang putih dan jintan untuk diminum sebagai obat penurun demam.
  • Menurunkan kolesterol. Ada gejala kolesterol yang bisa dirasakan, seperti pusing dan mudah lelah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menumbuk kulit dan daun pohon pule untuk mendapatkan ekstraknya. Sari bagian pohon pule ini mengandung betulin dan lupeol asetat yang bisa menurunkan kolesterol dan kadar gula darah, dan membantu menjaga kesehatan pankreas.
  • Mengatasi ketombe dan kutu rambut. Bagi -anak di Nusantara, memiliki kutu rambut adalah hal yang masih umum dan ketombe bisa dialami hampir semua orang, termasuk orang dewasa. Untuk mengatasinya, ambil kulit pohon pule dan tumbuk hingga menjadi pasta. Supaya lebih cair, Anda bisa menambahkan minyak wijen yang dipanaskan. Saring ramuan ini dan gunakan sebagai hair mask.
  • Mengobati bisul dan luka di kulit. Memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, pohon pule dikenal mampu mengobati berbagai permasalahan kuli. Konon, Anda bisa menumbuk daun atau kulit pohonnya dan langsung menempelkannya pada luka atau bisul. Ini akan membantu proses penyembuhan sekaligus pengeringan bisul atau luka di kulit.
  • Meredakan gigi. Tak hanya daun dan kulit pohonnya yang berguna sebagai obat, tetapi juga getahnya. Kumpulkan pohon pule dengan cara menyayat sedikit di antara cabang atau daunnya untuk meredakan gigi. Biasanya, nyeri di gigi timbul akibat gigi berlubang.
  • Mengatasi diare. Sudah sejak lama pohon pula dikenal mampu mengobati penyakit diare. Cara kerjanya adalah mengurangi frekuensi buang air, karena memiliki ekstrak metanol dan antinosiseptif.
  • Mengobati malaria. Konon, pohon pulai mampu menjadi alternatif obat malaria, sebagai pengganti obat kina. Ekstrak daun dan kulit pohon pule diketahui memiliki aktivitas antiparasit terhadap plasmodium falciparum (parasit penyebab malaria).
Pohon pule (sumber: jagadtani.com)

Nah, bagi Anda yang membutuhkan pohon pule untuk berbagai keperluan seperti di atas, Anda bisa membelinya secara langsung di toko tanaman. Selain itu, Anda bisa membelinya secara online di situs beli online. Sebagai referensi, berikut harga pohon pule.

Harga Pohon Pule

Varian Pohon Pule Harga
Pohon Pule 2/3 meter Rp380.000
Pohon Pule Besar 5 meter Rp800.000
Pohon Pule Siap Tanam Diameter 20 cm Rp2.000.000
Pohon Pule Siap Tanam Diameter 50 cm Rp6.600.000
Pohon Pule Hitam Siap Tanam Rp6.000.000
Pohon Pule Fosil Siap Tanam Rp6.575.000

Harga pohon pule di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Harga pohon pulai tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga pohon pule besar tahun 2022 ini mengalami kenaikan. Misalnya, pohon pule hitam siap tanam yang sebelumnya dijual Rp5 juta, sekarang naik jadi Rp6 juta.

[Update: Dian]

[1]Mashudi & Ham dan Adma Adinugraha. Pertumbuhan Tanaman Pulai Darat (Alstonia angustilobaMiq.) dari Empat Populasi pada Umur Satu Tahun di Wonogiri, Jawa Tengah. Jurnal Kehutanan Wallacea Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Vol. 3(1): 75-84.

Pos terkait