Harga Plat Besi 2mm per Lembar

No comment677 views

Bagi Anda yang berkecimpung di bidang industri pembuatan mobil, kapal, atau alat transportasi lainnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan besi. Besi ini adalah salah satu bahan utama untuk industri transportasi, selain juga sering digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga dan bahan dasar bangunan. besi sendiri memiliki bermacam-macam, salah satunya 2 mm, yang saat ini dijual dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah.

Lembaran pelat besi (sumber: alibaba.com)

Lembaran pelat besi (sumber: alibaba.com)

Besi Mega Baja di Bogor, dalam situs resminya menyebutkan bahwa plat besi merupakan bantalan molibdenum kromium nikel austenitic baja dengan konten paduan yang tinggi. Plat besi ini dikatakan memiliki ketahanan terhadap korosi atau karat, yang biasanya diinginkan untuk mengurangi kontaminasi ke taraf minimum. Plat besi biasanya dikembangkan, terutama untuk melawan serangan senyawa asam belerang dengan lebih efektif.

Sementara itu, Aluminiumindonesia.com, menuturkan bahwa besi plat atau pelat adalah plat yang berupa lembaran, yang dalam pembuatannya digunakan sebagai dalam membuat berbagai macam peralatan dan perlengkapan untuk kebutuhan industri seperti mesin, badan kendaraan alat transportasi, dan juga banyak digunakan sebagai pembuatan kebutuhan peralatan rumah tangga.

Masih menurut sumber yang sama, bahan plat besi sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Namun, bisa dikelompokkan menjadi dua kategori besar, yaitu bahan plat logam ferro dan non-logam ferro. Konsumen bisa memilih plat besi sesuai dengan keperluan mereka, yang tentunya menawarkan kelebihan masing-masing. Berikut -jenis plat besi yang ada di pasaran.

Jenis Plat Besi

Plat Besi Aluminium

Lembaran pelat aluminium (sumber: Bukalapak)

Lembaran pelat aluminium (sumber: Bukalapak)

Plat besi aluminium, adalah lembaran plat atau pelat logam yang ringan dan kuat. Plat aluminium memiliki sifat anti karat, tidak mudah terbakar, dan tahan terhadap segala jenis cuaca. Plat jenis ini sendiri mudah dibentuk, sehingga banyak digunakan dalam bidang industri seperti dalam kebutuhan advertising.

Terdapat dua jenis aluminium, di antaranya aluminium tuang yang dapat menghantar listrik dan aluminium tempa yang memiliki kekuatan tarik. Bahan aluminium juga merupakan konduktor listrik yang dapat menghantarkan listrik dengan baik, sehingga biasanya digunakan sebagai bahan baku dalam industri advertising atau pembuatan reklame, yang sebelumnya akan dilakukan proses anodizing yaitu proses membuat aluminium tidak menghantarkan listrik, kemudian dipanaskan agar tahan terhadap panas udara atau panas air.

Sayangnya, plat besi aluminium tidak lepas dari kekurangan. Kekurangan dari plat besi jenis ini adalah tidak dapat tahan terhadap zat-zat asam serta bahan-bahan alkalis seperti sabun dan soda. Harga jual plat besi aluminium ini sendiri cukup murah, sehingga tidak sedikit produsen yang menggunakan bahan ini sebagai bahan produksinya.

Plat Besi Stainless Steel

Lembaran pelat stainless steel (sumber: eragemilangonline.com)

Lembaran pelat stainless steel (sumber: eragemilangonline.com)

Merupakan plat yang banyak digunakan pada dunia industri otomotif sebagai bahan pembuat badan kendaraan dan juga banyak digunakan sebagai bahan pembuat peralatan kebutuhan rumah tangga. Banyak kelebihan yang dimiliki dari plat berbahan stainless steel ini, salah satunya adalah memiliki daya tahan karat yang cukup tinggi. Dan, banyak produsen industri yang melakukan kombinasi atau finishing untuk menambah atau menghasilkan stainless steel yang lebih baik.

Plat Besi Baja

Jenis ini biasanya banyak dipakai sebagai bahan material konstruksi karena plat baja memiliki kekuatan yang sudah tidak diragukan lagi. Biasanya, plat baja ini digunakan sebagai material penyambung struktur profil konstruksi bangunan. Karena sifat baja yang kuat, membuat jenis plat bahan baja ini sulit untuk dibentuk. Dan tentunya, harga jual plat besi baja ini cukup lumayan untuk setiap lembarnya.

Dikarenakan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan kokoh, besi plat baja selalu laris diburu oleh para arsitek dan orang yang  terlibat dalam pembuatan konstruksi bangunan. Besi plat baja atau lebih dikenal dengan base plate ini sering digunakan sebagai bahan konstruksi ketika membangun gedung ataupun rumah.

Plat Besi Kuningan

Lembaran pelat kuningan (sumber: Tokopedia)

Lembaran pelat kuningan (sumber: Tokopedia)

Plat kuningan merupakan plat hasil dari campuran tembaga dan seng. Plat jenis ini tentunya lebih kuat dan keras daripada tembaga, namun masih bisa dibentuk dengan mudah, meski tidak sekuat dan sekeras baja. Warna dari plat kuningan ini juga beragam, ada yang berwarna coklat kemerahan atau gelap kekuningan, tergantung dari kandungan pencampuran tembaga dengan seng.

Bahan kuningan merupakan salah satu peralatan konduktor yang dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik, sehingga jenis plat kuningan ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kawat, pelat, lembaran, strip, dll. Kelebihan lain dari bahan kuningan adalah memiliki daya tahan yang baik terhadap korosi.

Tidak sulit mendapatkan plat besi, karena Anda bisa membeli material ini di berbagai toko bahan bangunan atau toko material besi. Untuk plat besi dengan ukuran ketebalan 2 mm, harganya cukup bervariasi. Ada yang menjualnya Rp16 ribuan per (ukuran 10 x 20 cm), ada yang menjualnya Rp70 ribuan per (ukuran 30 x 30 cm), dan ada yang menjualnya dengan harga ratusan ribu rupiah.

Harga Plat Besi 2 mm

Tipe Plat BesiHarga
Plat Hitam 122 cm x 244 cm x 2 mmRp532.000 – Rp548.000 per lembar
Plat Bordes 122 cm x 244 cm x 2 mmRp702.000 per lembar
Plat Besi Galvanis 122 cm x 244 cm x 2 mmRp1.182.000 per lembar

Harga plat besi dengan ketebalan 2 mm di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Harga plat besi 2 mm tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menuju ke toko bahan bangunan terdekat di daerah Anda.

Baca juga  Harga Mesin Giling Padi Keliling (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Plat Besi 2mm per Lembar"