Harga Plat Aluminium 2mm dan 3mm per Lembar

No comment837 views

Jika Anda membutuhkan material logam untuk barang seperti dapur, karoseri kendaraan, konstruksi dashboard reklame, hingga konstruksi bangunan, mengapa tidak melirik ? Biasanya berbentuk lembaran, meski punya bobot ringan, namun material ini diklaim tetap kuat dan tidak mudah terbakar, sehingga cocok digunakan untuk daerah tropis seperti Indonesia. Tersedia dalam beragam ukuran, seperti 2mm dan 3mm, harga aluminium ini berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah per lembar.

Lembaran plat aluminium (sumber: ebay.com)

Lembaran plat aluminium (sumber: ebay.com)

PT Surya Logam Universal, salah satu supplier logam, dalam situs resminya menuturkan bahwa plat aluminium adalah salah satu material logam ringan dan kuat berbentuk lembaran yang mudah dalam pengerjaan dan perawatan. Plat aluminium ini dikatakan memiliki sifat yang tahan terhadap segala cuaca serta tidak mudah terbakar sehingga sangat cocok digunakan di daerah tropis. Selain itu, plat aluminium juga memiliki daya tahan terhadap karat yang lebih baik dibandingkan plat besi. 

Hampir senada, CV Metal Kharisma Perkasa, distributor dan supplier aluminium dan stainless steel di Tangerang, mengatakan bahwa plat aluminium adalah salah satu logam berbentuk lembaran dengan bobot ringan yang kuat dan padat. Sifat aluminium yang tahan terhadap cuaca, tidak mudah terbakar, serta tahan terhadap karat, membuat material ini menjadi pilihan untuk kebutuhan industri maupun konstruksi setelah plat stainless steel.

Platalmunium.com menambahkan bahwa plat aluminium ini juga merupakan bahan yang memancarkan estetika sedap dipandang, serta mudah bentuk dan dikerjakan. Karena sifatnya yang mudah menyesuaikan bentuk dengan keadaan setempat, plat aluminium telah menjadi pilihan utama sebagai material yang sangat dibutuhkan di banyak bidang industri, selain harganya yang lebih murah dibandingkan dengan plat berbahan stainless steel.

Karakteristik Plat Aluminium

  • Mudah dibentuk dan tidak menimbulkan reaksi pada saat dibentuk sehingga memudahkan untuk diaplikasikan pada berbagai kebutuhan dengan cepat serta mudah.
  • Dapat digunakan untuk berbagai karena sifatnya yang ringan, tidak menimbulkan zat racun, dan tidak mudah berkarat. Apalagi untuk berbagai perkakas tangga dan industri yang memang harus steril serta aman.
  • Memiliki kekuatan daya listrik cukup besar sehingga bisa juga diaplikasikan untuk kebutuhan kabel listrik. Tentu saja, harus dengan instalasi tertentu yang perlu diperhatikan untuk tetap menjaga keamanan dalam pemasangannya.
  • Bisa dipadukan dengan logam lainnya tanpa menimbulkan reaksi apa pun sehingga akan aman untuk diaplikasikan secara bersamaan tergantung kebutuhan.
  • Menarik jika digunakan pada beberapa konstruksi rumah karena memiliki yang bagus sehingga memberikan kesan berbeda pada hunian Anda. Anda pun bisa bermain dengan aplikasi plat aluminium ini untuk beberapa bagian rumah sehingga terkesan unik namun tetap nyaman.
  • Plat aluminium dan penggunaannya ini tahan terhadap karat sehingga awet saat digunakan.
  • Tahan terhadap perubahan cuaca, yang menjadikan plat ini juga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan pemasangan di luar ruangan.
Lembaran lat aluminium (sumber: amdaluminum.com)

Lembaran lat aluminium (sumber: amdaluminum.com)

Ada banyak barang yang ada di sekitar kita, yang ternyata terbuat dari plat aluminium ini. Tentunya ketebalan plat juga bergantung pada barang yang akan dibuat dengan kualitas kebutuhannya masing-masing. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai barang yang terbuat dari plat alumunium. Bahkan, penggunaannya sangat luas, tidak hanya untuk suatu bangunan, tetapi juga barang-barang kebutuhan kecil lainnya.

Fungsi Plat Aluminium

  • Industri karoseri biasanya menggunakan campuran plat aluminium untuk bagian badan bus dan berbagai kendaraan lainnya. Dengan campuran yang tepat, maka bagian tersebut akan tahan karat dan tahan terhadap berbagai perubahan cuaca saat digunakan.
  • Digunakan dalam berbagai perkakas dapur seperti wajan, panci, dan alat untuk memasak nasi. Plat aluminium dipilih karena tidak mengandung zat racun, tahan karat, dan tahan air sehingga memang bisa dimanfaatkan untuk salah satu kebutuhan rumah tangga ini dengan jaminan keamanan saat digunakan.
  • Konstruksi bangunan, biasanya plat alumunium ini dicampur pada penggunaan bahan baja. Sehingga, sudah dilakukan penyesuaian pada kebutuhan penggunaannya, namun tetap bisa mendapatkan keunggulan dari plat aluminium itu sendiri.
  • Konstruksi papan iklan atau reklame yang dipasang di tepi jalan. Tentu, dengan semua kelebihan dari plat alumunium ini, sangat cocok digunakan untuk kebutuhan papan iklan sehingga bisa dipajang untuk jangka waktu yang lama meski terkena berbagai paparan panas dan hujan. Sifatnya yang tahan terhadap karat juga sangat tepat untuk digunakan sebagai konstruksi papan iklan.

Baik digunakan secara langsung maupun diaplikasikan sebagai campuran, plat aluminium ini memang memiliki banyak kegunaan. Kelebihannya menjadikan plat aluminium ini bisa secara fleksibel diaplikasikan pada berbagai kebutuhan. Apalagi untuk ukuran, ketebalan, dan kemudahan untuk dibentuk, semua sudah dimiliki oleh material. Sehingga ,Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dan jaminan ketahanan yang tepat dengan menggunakan plat aluminium ini.

Ukuran dan Plat Aluminium

Plat aluminium (sumber: Pinterest)

Plat aluminium (sumber: Pinterest)

Plat aluminium yang beredar di pasaran tersedia dalam beragam jenis dan ukuran. Umumnya, plat yang dijual adalah jenis plat aluminium 1100 yang menjadi standar pemakaian umum di Indonesia, serta plat aluminium 5052, plat aluminium 5083, dan plat aluminium 7075 yang lebih fokus untuk industri dan kelautan. Sementara, ukuran plat bervariasi, mulai ketebalan 0,15 mm hingga 250 mm, dengan dimensi 1 x 2 m, 1,2 x 24 m, serta 1,22 x 2,44 mm.

Tidak susah mendapatkan plat aluminium karena material ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai supplier material logam, toko bahan bangunan, bahkan situs jual beli . Harga plat aluminium sendiri bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Berikut kami sajikan kisaran harga plat aluminium ukuran 2 mm dan 3 mm.

Harga Plat Aluminium

Ukuran Plat AluminiumHarga
1 m x 2 m x 2mmRp570.000 per lembar
1 m x 2 m x 3mmRp855.000 per lembar
1,2 m x 2,4 m x 2mmRp817.000 per lembar
1,2 m x 2,4 m x 3mmRp1.225.500 per lembar
Bordes 1,22 m x 2,44 m x 2mmRp1.176.000 per lembar
Bordes 1,22 m x 2,44 m x 3mmRp1.728.000 per lembar

Harga plat aluminium ukuran 2mm dan 3mm di atas kami rangkum dari salah satu supplier atau distributor plat aluminium. Harga tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi toko material bangunan terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Harga Bedak Padat, Tabur, dan Shimmer Make Over
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Plat Aluminium 2mm dan 3mm per Lembar"