Harga Plastik UV per Roll dan Meteran (Berbagai Ukuran)

Kalau Anda hobi bercocok tanam namun memiliki lahan yang terbatas, tidak perlu galau. Anda bisa mencoba sistem hidroponik untuk menyalurkan hobi Anda karena tidak memerlukan lahan yang luas dan meminimalkan penggunaan tanah. Namun, ada beberapa yang Anda perlukan untuk bercocok tanam dengan cara ini, salah satunya plastik UV. Untungnya, saat ini plastik tersebut mudah dijumpai, dalam bentuk roll atau meteran, dengan harga yang relatif terjangkau.

Pemasangan plastik UV (sumber: uvplastik123.blogspot.com)

Pemasangan plastik UV (sumber: uvplastik123.blogspot.com)

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan plastik. Ini adalah bahan yang terdiri dari berbagai senyawa organik sintetik atau semi-sintetis yang mudah ditempa sehingga dapat dicetak menjadi benda padat. Plastik biasanya adalah polimer organik dengan massa molekul tinggi dan sering mengandung zat lain. Mereka biasanya sintetis, paling umum berasal dari petrokimia, meski berbagai varian ada yang dibuat dari bahan yang dapat diperbarui seperti polylactic acid jagung atau selulosa dari linters kapas.[1]

Alexander Parkes meluncurkan plastik buatan manusia pertama di Great International Exhibition1862 di London.[2] Bahan ini, yang dijuluki Parkesine, sekarang disebut seluloid, adalah bahan organik yang berasal dari selulosa yang dapat dicetak dengan pemanasan, tetapi tetap mempertahankan bentuknya ketika didinginkan. Parkes mengklaim bahwa bahan baru ini dapat melakukan apa saja yang mampu dilakukan karet, namun dengan harga lebih murah. Dia juga telah menemukan bahan yang bisa transparan serta diukir menjadi ribuan bentuk yang berbeda.

Baca juga  Update Harga Genteng Metal per M2 dan per Lembar

Karena biaya rendah, kemudahan pembuatan, fleksibilitas, dan kebal terhadap air, plastik digunakan dalam banyak produk dari skala yang berbeda, termasuk klip kertas hingga bahan pesawat ruang angkasa. Produk ini mampu mengungguli bahan-bahan tradisional, seperti kayu, batu, tanduk dan tulang, kulit, logam, kaca, dan keramik.

Di negara maju, sekitar sepertiga dari plastik digunakan dalam kemasan dan kira-kira sama di bangunan dalam aplikasi seperti pipa, pipa atau pelapis dinding vinil.[3] Kegunaan lain termasuk mobil (hingga 20 persen plastik), furniture, dan beragam mainan. Di negara berkembang, aplikasi plastik mungkin berbeda, dengan 42 persen digunakan untuk kemasan oleh negara India.

Plastik UV untuk Hidroponik

Selain untuk beragam kebutuhan pokok, ternyata plastik juga bisa bermanfaat bagi mereka yang ingin bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Seperti diketahui, hidroponik adalah bagian dari hidrokultur, yang merupakan menanam tanpa tanah dengan menggunakan larutan nutrisi mineral dalam pelarut air.[4] Ini bisa menjadi solusi bagus untuk mereka yang ingin bercocok tanam di lahan yang terbatas.

Plastik UV untuk greenhouse (sumber: superproduk.com)

Plastik UV untuk greenhouse (sumber: superproduk.com)

Secara umum, tanaman yang dibudidayakan memakai sistem hidroponik ini akan ditanam di dalam ruangan yang sering disebut screen house, atau green house, yang di atasnya ditutup dengan plastik UV. Seperti namanya, ini adalah plastik yang memiliki kandungan UV protektor yang bermanfaat untuk menyingkirkan masuknya cahaya ultraviolet yang bisa merugikan perkembangan tanaman. Plastik UV berwarna bening agak redup (buram), makin tinggi kandungan UV protector maka warna plastik semakin gelap (buram).

Baca juga  Info Terbaru Harga Rinso 1.4 Kg dan Variannya Lengkap

Stabilisator UV mencegah degradasi plastik jangka panjang yang terpapar . Ada berbagai jenis stabilisator yang digunakan, tergantung pada penggunaannya dan umur pemakaian yang diinginkan. Biasanya, penstabil UV menyerap cahaya UV dan dengan demikian melindungi plastik yang dicetak. Bahan kimia yang mungkin ada dalam penstabil UV termasuk oxanilides untuk polyamides, benzophenones untuk PVC, serta benzotriazoles dan hydroxyphenyltriazines untuk polikarbonat.

Semua bahan kimia yang terkandung dikonversikan dalam angka-angka persentase. Di sendiri, plastik UV yang umum dijual biasanya dibedakan menjadi plastik UV 6%, plastik UV 8%, plastik UV 12%, dan plastik UV 16%, dengan rata-rata ketebalan 150 micron sampai 200 micron dan berat sekitar 55 kg hingga 56 kg per roll.

Nah, apabila Anda juga berminat melakukan budidaya tanaman dengan cara hidroponik, tidak sudah mendapatkan plastik UV. Pasalnya, bahan ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai peralatan pertanian atau situs jual beli online. Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga plastik UV per roll dan meteran.

Baca juga  Harga Terbaru Isi Staples Ukuran Besar (All Merek)

Harga Plastik UV per Roll

/Tipe Plastik UVHarga
Plastik UV Hercules 6%Rp2.900.000 per roll
Plastik UV Hercules 14%Rp3.150.000 per roll
Plastik UV Vatan 14% 3 m x 50 mmRp2.400.000 per roll
Plastik UV Vatan 14% 4,2 m x 55 mmRp4.300.000 per roll
Plastik UV Vatan 14% 6 m x 60 mmRp5.450.000 per roll
Plastik UV Vatan 14% 8 m x 45 mmRp5.700.000 per roll
Plastik UV per Roll (sumber: bibitbunga.com)

Plastik UV per Roll (sumber: bibitbunga.com)

Harga Plastik UV Meteran

Tipe Plastik UVHarga
Plastik UV 14% 3 MeterRp37.600 per meter
Plastik UV 14% 4 MeterRp58.500 per meter
Plastik UV 14% 6 MeterRp75.100 per meter

harga plastik UV roll dan meteran di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat pertanian dan situs jual beli online. Harga plastik UV tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi toko alat pertanian terdekat di sekitar domisili Anda.

[1] Life Cycle of a Plastic Product. Americanchemistry.com. Diakses 11 November 2019.

[2] Ibid.

[3] Andrady, Anthony L. & Mike A. Neal. 2009. Applications and Societal Benefits of Plastics. Philos. Trans R. Soc. Lond. B Biol. Sci. 364 (1526).

[4] dos Santos, J. D., et all. 2013. Development of a Vinasse Nutritive Solution for Hydroponics. Journal of Environmental Management. 114: 8-12.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Plastik UV per Roll dan Meteran (Berbagai Ukuran)"