Info Terbaru Harga Plamir Tembok Instan (Semua Merk)

Plamir, atau plamur, merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk menutupi keretakan atau meratakan permukaan tembok yang tidak rata sehingga bisa menghemat penggunaan cat. Saat ini, sudah banyak produsen yang menjual produk plamir tembok instan dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

Aplikasi Plamir Tembok (sumber: anjiecho)
Aplikasi Plamir Tembok (sumber: anjiecho)

Apa Itu Plamir?

Kata plamir sebenarnya berasal dari bahasa Belanda, plamur, yang berarti dempul. Seperti diutarakan sebelumnya, plamir memiliki fungsi utama untuk menutupi keretakan dan meratakan permukaan tembok yang tidak rata, sehingga bisa menghemat penggunaan cat. Di samping itu, plamir juga memiliki harga yang hemat dan waktu penyelesaian yang relatif cepat.

Bacaan Lainnya

Plamir digunakan sebelum tukang memulai proses pengecatan. Namun, penggunaan plamir ini tidak dianjurkan untuk menutupi seluruh permukaan dinding, tetapi hanya untuk permukaan acian yang tidak rata, retak, dan berlubang. Selain itu, sangat disarankan untuk menggunakan plamir pada dinding ruangan interior, bukan pada tembok di luar ruangan.

Sebagian orang beranggapan bahwa plamir termasuk kategori cat dasar, karena sama-sama digunakan sebelum proses pengecatan. Namun, berbeda dengan cat dasar, fungsi utama plamir adalah untuk meratakan dinding yang akan dicat. Sementara itu, cat dasar diaplikasikan pada seluruh dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok.

Umumnya, plamir dibuat dari campuran lem putih, kalsium, dan bahan-bahan lainnya. Namun, saat ini sudah banyak produsen yang meluncurkan produk plamir instan siap pakai sehingga dapat langsung diaplikasikan ke permukaan tembok, yang pada akhirnya mempercepat proses pengecatan tembok dan menghemat waktu dan biaya pengerjaan.

Penggunaan plamir tembok instan juga diklaim dapat mencegah retak rambut pada dinding akibat penyusutan. Plamir biasanya diaplikasikan terlebih dahulu pada tembok yang sudah dibersihkan, kemudian setelah plamir kering dalam waktu 24 jam, aplikasi cat tembok bisa dilakukan. Produk plamir tembok instan saat ini mudah ditemui di sejumlah toko bangunan dengan harga yang bervariasi, tergantung merk dan ukurannya.

Ilustrasi: Harga Plamir Tembok (credit: upgradedhome)

Varian Plamir Tembok Instan

Ada banyak produk plamir tembok instan yang bisa ditemui di pasaran. Salah satu yang cukup adalah Giant Mortar GM-220 produksi Avian. Produk ini merupakan plamir siap pakai yang berguna untuk meratakan dan menghaluskan permukaan dinding dan langit-langit, yang tidak hanya bisa diaplikasikan untuk interior, tetapi juga tembok di luar ruangan.

Memiliki bahan dasar semen, filler, aditif, dan special polymer yang tercampur secara homogen, beberapa keunggulan produk ini di antaranya mengandung lem berkualitas tinggi, lebih praktis dan mudah ditambahkan karena hanya perlu ditambah air, hasil plamir lebih halus dan berwarna bersih, dapat diaplikasikan pada permukaan dinding dan langit-langit, bisa dipakai untuk interior maupun eksterior, mencegah retak rambut pada dinding akibat penyusutan, plamir tidak cepat mengering, adukan bersifat plastis dan daya rekat lebih tinggi, tingkat alkalinitas rendah, serta lebih hemat dalam pemakaian cat karena porositas rendah dan tidak menyerap bahan cat.

Selain itu, ada juga Eco Emulsion Plamur ECP-4030 buatan Propan yang diklaim terbuat dari bahan acrylic water-based pilihan dan dikombinasikan dengan bahan pengisi. Eco Emulsion ECP-4030 berfungsi sebagai pengisi pori-pori pada permukaan tembok, menutup retak rambut pada dinding, dan memperhalus permukaan sambungan partisi dan plafon gypsum. Produk ini dikatakan memiliki daya lekat yang baik pada cat dasar maupun cat akhir, mudah diaplikasikan, dan tidak larut kembali dalam air.

Brand lain, Nippon Paint, juga memiliki cat plamir dalam produk MATEX. Produk ini diklaim merupakan plamir nomor satu karena bisa diaplikasikan pada interior maupun eksterior, tidak mudah retak, daya lekat kuat, serta mudah digunakan. Berbahan dasar resin emulsi copolymer acrylic, plamir ini berguna untuk menambal, mengisi retakan dan sambung, serta menaikkan permukaan pada dinding semen yang berpori.

Saat ini, tidak sulit memperoleh plamir tembok instan karena sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko bangunan maupun memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga plamir tembok instan yang telah dijual di pasaran.

Cara Plamir Tembok Instan – www.rumah.com

Harga Plamir Tembok Instan

Merk Plamir Tembok Instan Harga
Jaguar 5 kg Rp20.000
Nippon Paint MATEX 1 kg Rp24.000
Kuda Terbang Putty 1 kg Rp25.000
Sapporo Putty 1 kg Rp27.000
Propan Eco Emulsion Plamir 1 kg Rp31.000
Giant Mortar GM-220 5 kg Rp31.000
Mowilex Alcasmooth 1 kg Rp38.500
RJ London Putty 5 kg Rp63.000
Nippon Paint MATEX 4 kg Rp64.900
Jaguar 20 kg Rp65.000
Sapporo Putty 5 kg Rp71.500
Propan Eco Emulsion Plamir 5 kg Rp85.000
Mowilex Alcasmooth 4 kg Rp94.000
Afatex Plamir 4,5 kg Rp105.000
Giant Mortar GM-220 20 kg Rp120.000
Dulux Filler Interior 3,5 kg Rp125.000
Kuda Terbang Putty 25 kg Rp259.000
Nippon Paint MATEX 20 kg Rp246.000
Afatex Plamir 20 kg Rp325.000

Informasi harga plamir instan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Giant Mortar GM-220 20 kg misalnya, awalnya Rp100 ribu dan sekarang naik menjadi Rp120 ribuan. Sebaliknya, harga Nippon Paint MATEX 20 kg turun dari Rp270 ribu menjadi Rp246 ribuan.

Tips Aplikasi Plamir

Jika Anda berencana menggunakan plamir sebelum mengecat tembok secara keseluruhan, ada beberapa tips yang patut Anda perhatikan. Pertama, oleskan plamir pada arah vertikal di dinding, kemudian untuk lapis selanjutnya, pada arah horizontal. Gunakan metode tersebut secara berulang hingga dinding menjadi rata.

Selain itu, untuk lapisan kedua, harus menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu. Sementara, untuk penghalusan dengan menggunakan amplas, harus dengan arah memutar, tetapi sebaiknya Anda menggunakan alat penghalus otomatis agar pengerjaan bisa lebih cepat dilakukan. Nah, untuk dinding eksterior, jika Anda ingin menggunakan plamir, cukup dengan bahan lem dan semen putih.

(Panca)

Pos terkait