Info Terbaru Harga Plamir Kayu (Semua Merk dan Ukuran)

Plamir merupakan salah satu material yang sering digunakan untuk mengisi lubang dan celah pada kayu. Bahan ini bisa dipakai untuk memperbaiki cacat pada furniture atau perabotan berbahan kayu, termasuk karena terkelupas atau tergores. Di pasaran sendiri, plamir kayu sudah tersedia dalam beragam merk dan ditawarkan di kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Memakai Plamir Kayu - www.hood.de
Memakai Plamir Kayu – www.hood.de

Pengertian dan Fungsi Plamir

Orang sering menyebut plamir dengan dempul kayu. Ini adalah bahan yang biasa digunakan untuk mengisi lubang dan celah pada kayu. Produk ini umumnya terbuat dari biji rami rebus yang dikombinasikan dengan kalsium karbonat. Dempul kayu mengering dan bisa diamplas halus. Residu minyak yang tersisa setelah dempul benar-benar kering, dapat dengan mudah dibersihkan.

Bacaan Lainnya

Fungsi paling utama dari dempul adalah untuk meratakan permukaan media atau material agar tampak halus dan rata serta mempermudah proses finishing. Cara aplikasi dempul untuk semua media sama, yaitu menggunakan pisau palet atau pisau scrape, kemudian diratakan ke seluruh bidang material dan mengisi cacat permukaan. Dempul untuk dinding biasa disebut dengan plamir, dempul untuk disebut dengan dempul kayu, sedangkan dempul untuk besi atau logam disebut dengan dempul logam.

Menurut bahan pengikatnya, plamir kayu dapat dibedakan menjadi dua, yakni yang memiliki pengikat yang terbuat dari nitroselulosa dan yang memiliki pengikat akrilik. Untuk jenis yang kedua, dapat larut dalam air sampai mengering, sedangkan jenis yang pertama membutuhkan campuran thinner atau bahan kimia serupa.

Baca juga  Update Harga Ganti Kulit Jok Motor (Sintetis dan Asli)

Lalu, apa bedanya plamir kayu dengan wood filler? Sebenarnya, ada yang menyebut wood filler sebagai salah satu varian dari plamir kayu, sedangkan yang lain mengatakan ini adalah dua material yang berbeda. Wood filler disebutkan sebagai bahan pengisi kayu yang digunakan untuk mengatasi celah kecil dan mengisi pori kayu. Hasilnya memungkinkan finishing mendapatkan hasil warna yang natural.

Ilustrasi: Wood Filler Untuk Kayu (credit: homedit)
Ilustrasi: Wood Filler Untuk Kayu (credit: homedit)

Tips Menggunakan Plamir Kayu

  • Plamir kayu memiliki kecenderungan mengeras dalam kaleng, sehingga Anda biasanya harus mengaduk sebelum menggunakannya. Terkadang, Anda harus menambahkan sedikit pengencer untuk mengembalikannya ke konsistensi pucat.
  • Disarankan untuk mengamplas kayu yang belum di-finishing atau tepi cacat sebelum mengaplikasikan plamir kayu. Apabila permukaan kayu yang akan dilapisi oleh plamir tidak diamplas terlebih dahulu, maka tidak akan terjadi ikatan yang kuat. Pada ukuran yang lebih besar lagi, satu kali aplikasi seringkali tidak cukup dan Anda harus mengulang sampai permukaan kayu menjadi merata.
  • Amplas seluruh permukaan kayu dengan kertas amplas aluminium oxide nomor 220. Jika permukaan kayu masih kasar, gunakan kertas amplas bernomor kecil, misalnya 150, dan lantas perlahan beralih ke 220.
  • Siapkan plamir kayu dan wadah untuk mencampurkan dengan air. Ambil sedikit plamir dan tambahkan air, lakukan sesuai petunjuk pada kemasan. Tambahkan serbuk kayu dan aduk sampai merata.
  • Isilah seluruh bagian kayu yang berlubang cukup dalam. Jika perlu, buatlah bulatan kecil plamir dan tekan masukan ke dalam lubang. Tutup dengan plamir kayu menggunakan pisau palet.
  • Diamkan mengering dan amplas. Gunakan amplas nomor 240 hingga mendapatkan permukaan kayu yang merata dan datar. Jika masih terdapat cekungan, berikan plamir kayu yang tidak dicampur dengan serbuk kayu. Buatlah menjadi merata. Tunggu kering dan lanjutkan meng-amplas.
Baca juga  InfoHarga Menu Burger King Terkini & Terlengkap

Proses aplikasi plamir kayu sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Plamir akrilik dikatakan lebih mudah dibandingkan plamir yang menggunakan solvent. Pasalnya, plamir akrilik tidak akan menimbulkan bau yang mengganggu, tidak memerlukan panas untuk mengering, akan mengering dalam hitungan menit, serta mudah diamplas.

Tidak susah mendapatkan plamir kayu, karena bahan ini sudah tersedia bebas di pasaran. Anda bisa membeli plamir kayu di berbagai toko bahan maupun situs beli online. Harga plamir kayu bervariasi, tergantung merk dan ukurannya. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga plamir kayu di pasaran Tanah Air.

Cara Menggunakan Plamir Kayu - www.catkayu.com
Cara Menggunakan Plamir Kayu – www.catkayu.com

Harga Plamir Kayu

Merk Plamir Kayu Harga
Merpati 250 gr Rp6.000
Sanpolac 250 gr Rp16.500 – Rp22.500
Damex 1 kg Rp20.000
Nippon Paint Matex 1 kg Rp22.200
Plamur Cap Kampak 1 kg Rp28.000
Biovarnish Wood Filler Ramin 700 gr Rp28.500
Mortar GM-220 5 kg Rp32.500
Prima 1 kg Rp35.000
Alfagloss 1 kg Rp42.800 – Rp46.000
Belazo Wood Filler 1 L Rp47.000
Propan Impra Wood Filler 1 kg Rp47.000
Biovarnish Wood Filler Jati 1,5 kg Rp52.500
Biovarnish Wood Filler Ramin 1,5 kg Rp52.500
Biovarnish Wood Filler Sungkai 1,5 kg Rp52.500
Nippon Paint Matex 4 kg Rp54.999
Mortar GM-220 20 kg Rp105.000
Baca juga  Update Harga Pensil Mekanik Faber Castell (Semua Varian dan Ukuran)

Daftar harga plamir kayu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan dan situs beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Plamur Cap Kampak 1 kg misalnya, awalnya dijual Ro25 ribu dan sekarang naik menjadi Rp28 ribu. Sebaliknya, harga plamir Prima 1 kg turun dari Rp40 ribu menjadi Rp35 ribuan.

Tips Membeli Plamir Kayu

Namun, sebelum membeli plamir kayu, ada beberapa tips mencari plamir kayu yang bagus. Plamir kayu yang bagus dikatakan memiliki daya tarik yang semakin panjang dengan pisau scrape, akan semakin baik. Selain itu, plamir kayu yang bagus juga tidak akan menimbulkan retakan pada permukaan kayu setelah mengering.

Tips lainnya adalah plamir kayu yang bagus adalah yang mudah di-amplas. Sebaliknya, ketika plamir kayu di-amplas dan menimbulkan peeling atau dempul yang terkelupas, maka plamir tidak mengisi pori-pori. Hal tersebut menandakan bahwa plamir kayu tidak mengendap dengan baik dalam pori-pori yang mengakibatkan boros.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.