Info Terbaru Harga Pisang Uli per Sisir dan per Tandan

merupakan salah satu buah lokal yang banyak penggemarnya. Hampir sebagian besar di menyukai buah tersebut dan menjadikannya sebagai menu tambahan ketika makan. Ada banyak jenis buah yang tersebar di berbagai daerah, dan salah satu jenis yang sering dikonsumsi adalah pisang uli. Di pasaran sendiri, harga pisang uli tergolong terjangkau, baik per sisir maupun per tandan, dan mudah ditemukan.

Ilustrasi: Seorang Wanita Berbelanja Buah Pisang (credit: Healthline)
Ilustrasi: Seorang Berbelanja Buah Pisang (credit: Healthline)

Sudah banyak petani mengembangkan hasil produksi buah karena tingkat penjualan yang semakin naik. Selain karena rasa yang lezat, buah pisang dipilih sebagai salah satu jenis buah konsumsi harian karena kesadaran masyarakat akan pentingnya memenuhi gizi harian semakin meningkat.[1]

Bacaan Lainnya

Sama seperti jenis lainnya, pisang uli juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Tidak heran jika jenis pisang ini banyak dikonsumsi masyarakat. Kandungan pisang uli tidak hanya serat dan karbohidrat, masih ada banyak kandungan gizi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi secara teratur.

Baca juga  Cara Budidaya dan Update Harga Bambu Air

Kandungan Gizi Uli

Jenis Gizi Nilai Gizi per 100 gr
Energi 134 kkal
Lemak total 0,50 gr
Vitamin A 0 mcg
Vitamin B1 0,11 mg
Vitamin B2 0,16 mg
Vitamin B3 1,40 mg
Vitamin C 3 mg
Karbohidrat total 35,50 gr
Protein 1,10 gr
Serat pangan 1,40 gr
Kalsium 31 mg
Fosfor 53 mg
Natrium 39 mg
Kalium 650,30 mg
Tembaga 300 mcg
Besi 0,90 mg
Seng 0,70 mg
B-Karoten 59 mcg
Air 61,80 gr
Abu 1,10 g

Harga Pisang Uli - www.heytheresia.com
Harga Pisang Uli – www.heytheresia.com

Manfaat Pisang Uli

Secara kesehatan, kandungan zat besi dan fosfor yang ada pada buah pisang uli bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Apalagi bagi Anda yang sering mengalami gejala aritmia, pisang uli akan membantu mengatasinya dengan cara menstabilkan detak jantung Anda. Pisang uli juga bermanfaat untuk mencegah gejala penyakit jantung lainnya, seperti gagal jantung dan jantung koroner.

Sementara itu, vitamin dan mineral pada pisang uli memiliki peran sebagai zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda. Antioksidan tidak hanya melindungi tubuh dari zat radikal bebas penyebab kanker, tetapi juga akan membantu melindungi kulit tubuh dan paparan sinar UV. Sehingga, kulit tubuh juga akan terjaga kesehatan dan keindahannya.

Baca juga  Update Harga Pupuk TSP per Kg dan per Sak

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi pisang uli secara rutin, yaitu melancarkan sistem pencernaan. Jika Anda mengalami pencernaan seperti sembelit atau susah BAB, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi pisang uli. Pisang tersebut memiliki jumlah serat yang cukup banyak untuk membantu mengatasi masalah pencernaan Anda.

Tidak cuma itu, pisang uli juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada pisang akan membantu melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus kulit. Kebutuhan nutrisi kulit yang selalu terpenuhi akan mencegah berbagai macam pada kulit, seperti jerawat dan kulit kusam.

Selain itu, bagi Anda yang ingin memiliki kulit tubuh cerah, halus, dan lembap, Anda bisa mengonsumsi pisang uli setiap hari. Anda juga bisa membuat aneka produk kecantikan alami dari pisang uli untuk mengatasi kulit kulit kering dan kusam, seperti masker atau lulur.

Untuk mendapatkan semua manfaat pisang uli di atas, pastikan Anda memiliki persediaan pisang uli di rumah. Untungnya, saat ini sudah tidak sulit menemukan pisang uli di pasaran, terlebih sudah banyak petani pisang uli yang mulai membudidayakan tanamannya secara besar-besaran. Berikut harga pisang uli.

Baca juga  Harga Subway di Indonesia (Semua Menu)
Ilustrasi membeli pisang (sumber: pexels.com)
Ilustrasi membeli pisang (sumber: pexels.com)

Harga Pisang Uli

Jumlah Pisang Uli Harga (Rp)
Pisang Uli per sisir 19.000
Pisang Uli per tandan 85.000

Harga pisang uli per tandan maupun sisir bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, pisang uli dibanderol Rp15.000 hingga Rp18.000 per sisir, naik menjadi Rp20.000 hingga Rp25.000 per sisir di tahun 2021, tetapi turun menjadi Rp19.000 di tahun 2022.

Sementara itu, pisang uli per tandan dibanderol Rp120.000 per tandan di tahun 2020, turun menjadi Rp90.000 hingga Rp100.000 di tahun 2021, turun lagi menjadi Rp85.000 di tahun 2022. Ketika membeli pisang uli di pasaran, pastikan Anda membeli pisang uli yang berkualitas. Ciri pisang uli yang bagus dengan cita rasa yang manis dan legit, dapat dilihat dari warna kulitnya yang tampak kuning terang dan ada sedikit titik hitam atau bercak hitam di bagian kulitnya.

[1] Ambarita, Monica Dame Yanti. 2015. Identifikasi Karakter Morfologis Pisang (Musa spp.) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agroekoteknologi Fakultas Pertanian USU Medan, Vol. 4(1): 1911-1924.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *