Update Harga Pisang Tanduk per Buah dan per Sisir

No comment10081 views

Pisang merupakan komoditas unggulan yang memberikan kontribusi besar terhadap produksi buah nasional. Terdapat lebih dari 200 jenis buah pisang yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Nah, salah satu jenis pisang yang saat ini dicari banyak orang karena kelezatan dan kegunaannya, yaitu pisang tanduk. Tidak sulit menemukan pisang tersebut. Namun, harganya di pasaran tergolong agak mahal jika dibanding dengan jenis pisang lainnya.

Harga Pisang Tanduk - shopee.co.id

Harga Pisang Tanduk - shopee.co.id

Harga pisang tanduk yang sedikit mahal, bukan hanya karena rasanya yang lezat dan punya segudang manfaat, tetapi juga karena ukurannya. Pisang tanduk merupakan salah satu jenis pisang dengan ukuran besar dan panjang. Berbeda dengan jenis pisang lainnya yang hanya berkisar 7 cm hingga 15 cm, pisang tanduk dapat tumbuh hingga berukuran 35 cm untuk setiap buahnya.

Pisang Tanduk

Selain dilihat dari ukurannya, ada ciri lain yang membedakan pisang tanduk dengan jenis pisang lainnya. Dilihat dari bentuknya, pisang tanduk memiliki buah yang cenderung panjang dan meruncing di bagian ujungnya. Bentuknya yang persis menyerupai tanduk , membuat pisang ini dikenal sebagai pisang tanduk.

Baca juga  Harga Kayu Trembesi Terbaru (Berbagai Ukuran)

Sebenarnya, ada banyak jenis pisang tanduk yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti yang ada di daerah Malang dan Lumajang. Sudah ada enam jenis pisang tanduk yang ditemukan di dua daerah tersebut. Secara morfologi, enam jenis buah pisang tanduk yang tersebar di daerah Malang dan Lumajang memiliki sedikit perbedaan saja.

Perbedaan enam jenis pisang tanduk tersebut terletak pada batang tanaman dan warna pisangnya, dengan bentuk buahnya yang relatif sama. Selain itu, perbedaan juga terletak pada jumlah buah pisang pada setiap sisirnya. Namun, secara umum, dalam satu sisir terdapat 8 hingga 12 buah pisang tanduk.[1]

Karena ukuran buah yang cenderung besar, dalam satu sisir pisang tanduk, tidak bisa menghasilkan banyak buah seperti jenis pisang lainnya. Jenis tanaman pisang tanduk juga tidak bisa menghasilkan lebih dari lima sisir dalam satu tandan.

Ciri khas lainnya, pisang tanduk memiliki rasa yang cenderung lebih manis dan legit, apalagi jika buah sudah sangat matang. Tanda bahwa pisang tanduk sudah matang, dapat dilihat dari warna kulit pisang yang kuning atau sedikit menghitam. Karena rasanya yang cenderung manis dan legit, kebanyakan orang memanfaatkan pisang tanduk sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Bengkirai (Berbagai Ukuran)

Selain itu, pisang tanduk dinilai sebagai salah satu jenis pisang yang paling cocok digunakan untuk membuat pisang goreng dan pisang kukus. Kebanyakan orang bahkan rela menunggu agar warna kulit pisang menjadi sedikit kecokelatan sebelum diolah menjadi pisang goreng. Hal ini karena semakin tinggi tingkat kematangan buah pisang tanduk, maka rasanya semakin manis dan legit. Sehingga, pisang goreng akan memiliki tekstur renyah di dan lembut di dalam.

Pisang tanduk (sumber: dupanews.id)

Pisang tanduk (sumber: dupanews.id)

Kandungan Nutrisi Pisang Tanduk

Selain memiliki rasa yang manis dan legit, pisang tanduk juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan. Dalam satu buah pisang tanduk, mengandung kalori, lemak nabati, natrium, kalium, karbohidrat, serat, , vitamin A, vitamin C, kalsium, zat , vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan magnesium.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada pisang tanduk, buah tersebut memiliki beragam untuk kesehatan dan kecantikan. Pisang tanduk dipercaya dapat dijadikan sebagai salah satu menu diet untuk mengganti karbohidrat dan kalori. Bagi Anda yang sedang diet sehat atau diet untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi pisang tanduk sebagai menu harian Anda. Sementara, vitamin dan mineralnya akan membantu mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga Anda bisa terlihat awet muda.

Baca juga  Update Harga Kacang Macadamia di Indonesia (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Harga Pisang Tanduk

Untuk mendapatkan khasiat pisang tanduk di atas, tentu Anda perlu mengonsumsi pisang ini secara teratur. Tidak sulit menemukan pisang tanduk, apalagi saat ini Anda sudah bisa membelinya secara online. Di pasaran dalam negeri, pisang tanduk sekarang dijual dengan harga mulai Rp9.000 per buah dan Rp45.000 hingga Rp64.000 per sisir.

Harga pisang tanduk di atas tentu tidak terikat dan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang Anda kunjungi. Semakin banyak jumlah buah pada satu sisir pisang tanduk, biasanya harganya akan semakin mahal. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, harga pisang tanduk Rp8.000 per buah dan Rp64.000 hingga Rp80.000 per sisir.

[Update: Almas]

[1] Arifin, Muhammad Farid, dkk. 2017. Identifikasi Morfologi Pisang Tanduk di Kabupaten Malang dan Lumajang. Jurnal Produksi Tanaman Brawijaya Malang, Vol. 5(10): 1617-1622.

author

Leave a reply "Update Harga Pisang Tanduk per Buah dan per Sisir"