Kandungan dan Update Harga Pisang Nangka

Bagi Anda penggemar buah pisang, pastinya sudah sangat familiar dengan jenis pisang nangka. Pisang ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Di pasaran sendiri, harga pisang nangka tergolong terjangkau. Anda bisa membelinya satu sisir atau langsung satu tandan.

Pisang nangka
Pisang nangka

Pisang nangka secara ilmiah memiliki nama Musa paradisiaca formatypica atu, dan ini merupakan jenis tanaman tropik. Karena itu, tanaman pisang nangka dapat dengan mudah dibudidayakan di Indonesia. Sebagian besar masyarakat menjadikan buah pisang nangka sebagai pembuatan aneka jenis olahan makanan.[1]

Bacaan Lainnya

Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan pisang nangka, yang penting Anda mengenali buah tersebut dengan jeli. Berbeda dengan jenis pisang lainnya, pisang nangka memiliki ciri khas yang terletak pada aromanya. Pisang nangka memiliki aroma yang hampir mirip dengan buah nangka, meskipun aroma buah pisangnya juga masih tercium.

Ciri Pisang Nangka

  • Selain dari aroma, Anda bisa melihat kulit buah yang cenderung berwarna dan berukuran lebih tebal dibanding jenis pisang lainnya. Buah pisang nangka akan masak pohon dengan kulit buah berwarna hijau. Semakin tua dan matang buah pisang, maka warna kulitnya akan semakin kuning dan menghitam.
  • Meskipun kulit buah pisang berwarna hijau, daging buahnya tidak berasa dan tidak memiliki banyak getah. Sehingga, rasa buahnya cenderung manis, lembut, dan tidak lengket. Berbeda dengan jenis buah pisang pada umumnya, yang harus dikonsumsi ketika kulit buah berwarna kuning.
  • Pada pisang nangka, jika Anda memilih buah dengan warna kulit buah yang kuning atau kehitaman, maka Anda akan mendapatkan daging buah yang terlalu matang. Daging buah pisang nangka yang terlalu matang, rasanya lebih manis dan legit. Dengan tekstur yang legit, lembek, dan manis, Anda bisa membuatnya menjadi aneka ragam olahan, seperti selai pisang, pisang goreng, dan roti pisang.
  • Jika dilihat dari ukuran buahnya, pisang nangka memiliki ukuran rata-rata 15 cm. Dalam satu sisir pisang, terdiri dari 14 hingga 28 buah, sedangkan untuk satu tandan terdiri dari 7 hingga 8 sisir pisang. Pisang nangka yang masak pohon dengan warna kulit yang masih hijau, banyak dimanfaatkan sebagai dasar dalam pembuatan keripik pisang dan pisang ape.
Baca juga  Info Terkini Cara Menanam & Harga Rumput Jepang (per Meter dan Bibit) di Pasaran

Kandungan Nutrisi Pisang Nangka

Pisang nangka sering dipilih sebagai dalam pembuatan aneka ragam pangan, karena memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin B6, vitamin C, protein, niacin, riboflavin, mangan, vitamin A, serat, besi, magnesium, kalium, dan folat. Kandungan gizi tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Pisang Nangka

Pisang nangka yang kaya akan nutrisi, tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa memanfaatkan buah ini sebagai sumber nutrisi harian. Apalagi bagi Anda yang sedang diet sehat, Anda bisa menambahkan pisang dalam menu makanan harian Anda. Pisang nangka memang sudah cukup nikmat dimakan secara langsung. Namun, sebagai menu diet harian, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie atau campuran yogurt.

Harga Pisang Nangka - www.idntimes.com
Harga Pisang Nangka – www.idntimes.com

Selain sebagai menu diet sehat, Anda bisa membuat masker pisang nangka untuk menghilangkan jerawat dan melembapkan kulit wajah. Cara membuat masker pisang nangka tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan satu buah pisang dan menghaluskannya menggunakan blender. Setelah pisang nangka menjadi bubur, oleskan hingga rata ke permukaan wajah Anda dan biarkan masker menempel di wajah selama 10 menit hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Gunakan masker organik ini seminggu 2 kali untuk membuat wajah tampak bersih dan lembap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cuka Apel Tahesta

Harga Pisang Nangka

Jenis Pisang Nangka Harga
Pisang Nangka 500 gr Rp6.900
Pisang Nangka 1 kg Rp11.000
Pisang Nangka 1 sisir Rp30.000
Pisang Nangka 2 kg Rp35.000
Pisang Nangka 1 tandan Rp60.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pisang nangka di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, pisang nangka yang awalnya dijual seharga Rp22.500, kini naik menjadi Rp30 ribu per sisir. Sementara itu, harga 1 tandan pisang nangka sedikit turun dari Rp66 ribu menjadi Rp60 ribu.

Pisang nangka (sumber: kompas)
Pisang nangka (sumber: kompas)

Tidak sulit menemukan buah pisang nangka, karena sudah banyak petani yang memanen buah pisang nangka dalam jumlah besar. Bahkan, untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu susah-susah mencarinya di pasar tradisional. Anda bisa membeli pisang nangka dan pisang jenis lainnya di supermarket seperti Superindo.

Harga Pisang di Superindo

Jenis Pisang Harga
Sunpride Pisang Cavendish 1 buah Rp4.100
Pisang Tanduk 1 buah Rp8.900
Sunpride Pisang Mini 1 sisir Rp12.700
Pisang Mas 1 sisir Rp16.900
Pisang Uli 1 sisir Rp17.600
Pisang Kepok 1 sisir Rp27.000
Pisang Berangan 1 sisir Rp31.900
Baca juga  Info Jadwal Program Vaksinasi & Harga Vaksin Ayam Petelur

Itu beberapa jenis pisang yang dapat Anda beli di Superindo. Perlu diingat, harga pisang di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak Superindo.

[Update: Ditta]

[1] Hilma, Rahmiwati dkk. 2016. Aktivitas Antioksidan dan Toksisitas Ekstrak Etanol Bonggol Pisang Nangka. Prosiding 1 th Celscitech-UMRI Fakultas MIPA dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Riau, Vol. 1: 55-61.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.