Update Harga Piroxicam (Tablet dan Gel)

Anda pasti pernah atau malah sering mengalami . Nyeri bisa menimbulkan perasaan yang tidak enak karena tubuh merasa pegal-pegal dan sakit. Untungnya, saat ini sudah banyak obat yang terutama ditujukan untuk meredakan nyeri, salah satunya Piroxicam. Di beberapa toko obat atau apotek, obat ini sekarang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: mengoleskan gel pada permukaan kulit (sumber: liftmedspa.com)
Ilustrasi: mengoleskan gel pada permukaan kulit (sumber: liftmedspa.com)

Dilansir dari Wikipedia, nyeri adalah perasaan yang tidak nyaman, yang umumnya disebabkan oleh rangsangan yang kuat dan merusak. The International Association for the Study of Pain’s secara luas mendefinisikan nyeri sebagai ‘suatu sensor yang tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang berhubungan dengan kerusakan jaringan aktual atau potensial, atau digambarkan sebagai kerusakan tersebut’. Namun, karena menjadi kompleks, mendefinisikan nyeri telah menjadi tantangan. Dalam diagnosis , nyeri dianggap sebagai gejala dari kondisi yang lain.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, nyeri merupakan alasan umum untuk konsultasi ke dokter di sebagian besar -negara maju. Ini adalah gejala utama dalam banyak kondisi medis, yang dapat mengganggu kualitas hidup dan kegiatan sehari-hari. Faktor-faktor psikologis seperti dukungan sosial, sugesti hipnotis, kegembiraan, atau pengalihan perhatian secara signifikan dapat memengaruhi intensitas atau ketidaknyamanan nyeri seseorang.

Nyeri sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kategori. Dikutip dari Alodokter.com, berdasarkan waktu berlangsungnya, nyeri dibedakan menjadi nyeri kronis dan nyeri akut. Sementara, berdasarkan proses terjadinya, nyeri dibagi menjadi nyeri neuropatik, nyeri nosiseptif, dan nyeri psikogenik. Semua jenis nyeri ini berbeda satu sama lainnya, baik dari penyebab dan pengobatannya.

Jenis Nyeri

  • Nyeri akut, adalah rasa nyeri normal yang memperingatkan bahwa Anda telah terluka. Misalnya saat Anda terkena luka , atau ibu jari yang terpukul palu secara tidak sengaja. Nyeri akut biasanya datang secara tiba-tiba atau mendadak, dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat.
  • Nyeri kronis, didefinisikan sebagai keluhan nyeri yang berlangsung selama lebih dari 3 hingga 6 bulan, bahkan bisa bertahun-tahun setelah mengalami cedera atau gangguan tertentu. Kondisi ini umumnya memerlukan perawatan medis lebih lanjut. Seseorang yang mengalami nyeri kronis ternyata lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan, dibanding dengan orang yang mengalami nyeri akut.
  • Nyeri nosiseptif, terjadi bila ada kerusakan atau cedera pada jaringan tubuh Anda. Cedera yang menyebabkan nyeri nosiseptif meliputi memar, luka bakar, patah tulang, dan nyeri yang disebabkan oleh keseleo.
  • Nyeri psikogenik, yakni nyeri yang dipengaruhi oleh faktor psikologis. Beberapa jenis gangguan mental atau emosional dapat menyebabkan, memperberat, atau memperpanjang rasa nyeri jenis ini.
  • Nyeri neuropatik, timbul karena adanya kelainan pada saraf. Seseorang yang mengalami nyeri jenis ini akan merasakan sensasi perih di sepanjang jalur saraf yang terkena atau merasakan kebas atau mati rasa. Nyeri ini merupakan jenis paling umum yang dirasakan banyak manusia dibandingkan nyeri lainnya, salah satunya adalah nyeri punggung yang disebabkan adanya penyempitan saraf di area sekitar punggung.
Nyeri Neuropati (sumber: Hellosehat)
Nyeri Neuropati (sumber: Hellosehat)

Nah, salah satu nyeri yang umum dirasakan manusia adalah nyeri . Nyeri ini bisa mulai terasa ketika seseorang sedang melakukan aktivitas atau setelahnya. Kondisi ini bisa dirasakan pada bagian manapun karena hampir seluruh bagian tubuh memiliki jaringan otot dan biasanya tidak hanya melibatkan satu otot saja. Nyeri otot bisa melibatkan ligamen, tendon, dan fasia.

Indikasi Piroxicam

Jika Anda kebetulan mengalami nyeri otot, sebenarnya ada banyak varian obat yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan gangguan tersebut. Salah satu yang sering direkomendasikan oleh dokter adalah Piroxicam, sebuah obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAIDs) yang berguna untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Obat ini umum dikonsumsi untuk mengurangi gejala-gejala arthritis, seperti peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot.

Dosis Piroxicam

Jika Anda hendak mengonsumsi Piroxicam, Anda juga harus mengetahui dosis yang benar. Dosis obat ini sendiri tergantung pada jenis penyakit yang dialami, tingkat keparahan gejala, kondisi kesehatan, usia pasien, dan respons tubuh pasien. Dosis yang umum diberikan pada pasien dewasa adalah 20 mg per hari. Sementara, untuk Piroxicam oles, pasien disarankan menggunakan salep dengan kandungan piroxicam 0,5 persen sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari.

Tidak sulit mendapatkan Piroxicam karena obat ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya tanpa resep dokter di berbagai toko obat, apotek, hingga situs jual beli online. Umumnya, Piroxicam dijual dalam bentuk tablet 20 mg, per tablet, atau per dus. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga Piroxicam di pasaran Tanah Air.

Harga Piroxicam

Piroxicam tablet (sumber: firstmedipharma.co.id)
Piroxicam tablet (sumber: firstmedipharma.co.id)
Merek Piroxicam Harga
Xicalom Piroxicam 20 mg Rp241 per tablet
Rp2.453 per strip
Piroxicam Kimia Farma 20 mg Rp349 per tablet
Rp1.800 per strip
Rp24.000 per dus
Piroxicam IF 20 mg Rp482 per tablet
Rp4.700 per strip
Feldco Piroxicam 20 mg Rp2.412 per tablet
Pirofel Piroxicam 20 mg  Rp2.410 per tablet
Rp21.000 per strip
Feldene Flash Piroxicam 20 mg Rp25.577 per tablet
Pirofel Piroxicam 0,5% Gel 20 gr Rp26.425 per tube
Feldco Piroxicam 0,5% Gel 25 gr Rp76.002 per tube
Feldene Flash 0,5% Gel 15 gr Rp110.471 per tube
Feldene Flash 0,5% Gel 25 gr Rp197.845 per tube

Obat Piroxicam mengalami perubahan harga hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, harga obat Piroxicam berkisar Rp225 hingga Rp187 ribuan, tergantung mereknya. Lalu pada 2020, harga obat Piroxicam berkisar Rp241 hingga Rp189.115, berubah menjadi Rp241 hingga Rp196.063 tahun 2022.

Perubahan harga obat Piroxicam kembali terjadi di tahun 2022. Sebagai contoh, Feldene Flash 0,5% Gel 25 gr yang dibanderol Rp196.063 tahun 2021, naik menjadi Rp197.845 per tube tahun 2022.

Harga obat Piroxicam di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotik, toko obat, dan situs jual beli online. Harga obat Piroxicam tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke apotik atau toko obat seperti Apotek K24 terdekat dengan tempat tinggal Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait