Info Harga Piring Plastik Sekali Pakai (Semua Ukuran)

Piring untuk makan bisa dibuat dari berbagai material, mulai dari bahan keramik, kaca, melamin, hingga plastik. Dari seluruh bahan tersebut, piring untuk sekali pakai biasanya terbuat dari bahan plastik khusus yang memang bukan untuk digunakan berulang kali dan tidak untuk menampung bahan makanan yang sifatnya terlalu panas. piring plastik sekali pakai tersebut tidak terlalu di pasaran.

Agar lebih paham jenis-jenis plastik yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, simak uraian beberapa kode plastik yang biasa tertera pada kemasan berikut ini.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Berbagai Jenis Piring (credit: treadingmyownpath)
Ilustrasi: Berbagai Jenis Piring (credit: treadingmyownpath)

Jenis Material Plastik & Penggunaannya

  • Kode 1 bertuliskan PET atau PETE: PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate) sering digunakan sebagai kemasan minuman, goreng, kecap, sambal, obat, maupun kosmetik. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai. Habiskan segera isinya jika tutup wadah telah dibuka. Semakin lama wadah terbuka maka kandungan yang terlarut semakin banyak.
  • Kode 2 bertuliskan HDPE: HDPE atau High Density Polyethylene banyak ditemukan sebagai kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. Plastik jenis ini digunakan untuk kosmetik, obat, minuman, tutup plastik, jeriken pelumas, dan cairan kimia.
  • Kode 3 bertuliskan PVC: PVC atau Polyvinyl Chloride sering digunakan pada mainan anak, bahan bangunan, dan kemasan untuk produk bukan makanan. PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya. Beberapa negara Eropa bahkan sudah melarang penggunaan PVC untuk bahan mainan anak di bawah tiga tahun.
  • Kode 4 bertuliskan LDPE: LDPE atau Low Density Polyethylene sering digunakan untuk membungkus, misalnya sayuran, daging beku, dan kantung/tas kresek.
  • Kode 5 bertuliskan PP: PP atau Polypropylene sering digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman. Botol susu bayi menggunakan plastik jenis ini.
  • Kode 6 bertuliskan PS: PS atau Polystyrene termasuk kemasan sekali pakai. Contohnya, gelas dan bungkus makanan styrofoam, sendok, dan garpu plastik. Kotak CD juga mengandungPolystyrene. Kandungan bahan plastik jenis ini berbahaya bagi kesehatan. Jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini, styrene dari kemasan langsung berpindah ke makanan.[1]
  • Kode 7 bertuliskan other (jenis lainnya): Kategori ini mencakup semua jenis plastik yang tidak termasuk kategori di atas. Namun, bukan berarti plastik jenis ini aman sebagai wadah makanan karena di dalam kategori ini termasuk polycarbonate yang dapat melepaskan BPA. Polycarbonate digunakan untuk botol galon air minum, botol susu bayi, melamin untuk gelas, piring, alat makanan. Salah satu bahan perlengkapan makanan dan minuman yang sering digunakan adalah melamin yang tergolong jenis plastik termoset. Plastik jenis ini tergolong dalam “food grade” dan dapat digunakan sampai suhu 140°C.
Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Naik Singapore Flyer

Kalau harus mengonsumsi makanan dari kemasan plastik yang kita tidak yakin kandungannya, gunakan sesuai anjuran. Misalnya, tidak menggunakan botol PET yang dibuat sekali pakai atau memanaskan makanan di wadah plastik yang tidak untuk keperluan itu.[2] Nah, sebagai gambaran, berikut kami rangkum piring plastik sekali pakai yang biasa dipakai untuk wadah kue atau nasi saat pesta maupun keperluan lainnya.

Ilustrasi: Piring Plastik Sekali Pakai (credit: Dailymail)
Ilustrasi: Piring Plastik Sekali Pakai (credit: Dailymail)

Daftar Piring Plastik Sekali Pakai

Merk & Ukuran Piring Plastik Sekali Pakai Harga (Rp)
Piring Plastik 6 inch ecer 180
Piring Plastik 7 inch ecer 310
Piring Plastik 9 inch ecer 618
Indomaret Piring Plastik 10’S 9 Inch 11.500
Piring Plastik Kecil P6 isi 50 pcs 11.655
Piring Plastik Sedang P7 isi 50 pcs 19.199
Komax Piring Plastik 18 cm isi 10 pcs 29.900
Piring Plastik Besar P9 isi 50 pcs 34.193
Komax Piring Plastik 23 cm isi 10 pcs 54.900
Piring Plastik P7 per dus isi 1000 pcs 338.000
Piring Plastik P6 1 dus isi 2000 pcs 360.000
Piring Plastik P9 per dus isi 500 pcs 266.000 – 277.500
Baca juga  Jenis, Ukuran dan Info Terbaru Harga Kotak Nasi Kardus

Informasi piring plastik sekali pakai di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga piring plastik sekali pakai atau piring disposable dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga piring plastik sekali pakai yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Jika Anda sedang mencari piring plastik sekali pakai, Anda bisa membelinya di minimarket, pusat perbelanjaan, toko perlengkapan rumah tangga, atau di toko bahan kue. Biasanya di toko-toko bahan kue menyediakan aneka piring, mangkok, gelas, sendok, hingga sendok plastik sekali pakai dengan yang cukup murah.

[1] Aminah, MS &Septi R. 2009. Meraup Duit dari Barang Seken. Putra, editor. Jakarta: MeBook, hlm 17.

[2]Ibid., hlm 18.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *