Update Harga Piring Keramik per Lusin di Pasaran

Piring merupakan salah satu peralatan makan paling penting dan harus ada di rumah. Ada berbagai piring, tergantung dari bahan bakunya. piring, seperti piring kaca, piring plastik, piring rotan, hingga piring porcelain atau piring , punya harga bervariasi. Tidak cuma dari bahan bakunya, motif dan piring tersebut juga dapat memengaruhi harganya di .

Ilustrasi: Piring (credit: Made)

Ilustrasi: Piring (credit: Made)

Setiap jenis piring dengan bahan baku berbeda, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini yang mungkin membuat bingung ketika mereka akan memilih jenis piring yang baik. Pada dasarnya, Anda bisa memilih jenis piring yang sesuai dengan kebutuhan, tentunya juga dengan mempertimbangkan bahan baku dari piring tersebut.

Piring Plastik

Salah satu jenis piring yang laris di pasaran adalah piring plastik. Jenis piring ini dibedakan menjadi berbagai macam tipe. Tidak hanya dilihat dari atau mereknya saja, tetapi juga dilihat dari jenis plastik yang digunakan. Ada beberapa piring plastik menggunakan bahan baku melamine dalam pembuatan piringnya. Untuk piring plastik jenis ini, memiliki ketahanan tinggi.

Ilustrasi: Piring Plastik (credit: Pinterest)

Ilustrasi: Piring Plastik (credit: Pinterest)

Piring dengan bahan baku melamine tidak mudah pecah, namun akan sangat berisiko dengan suhu terlalu tinggi. Kandungan melamine mudah sekali meleleh jika terkena suhu tinggi, sehingga ada baiknya Anda tidak menggunakan piring jenis ini jika Anda ingin menghangatkan makanan di microwave. Selain itu, beberapa jenis piring makan dengan bahan baku melamine juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Jika terkena suhu tinggi, kandungan melamine dapat tercampur dengan makanan. 

Ada juga piring plastik dengan bahan baku plastik tipis. Biasanya, jenis piring plastik seperti ini banyak digunakan pedagang kaki lima. Piring seperti ini memiliki kelebihan tidak mudah pecah ataupun meleleh jika terkena panas. Kekurangannya, jenis piring plastik seperti ini hanya bisa digunakan sekali saja. Apabila digunakan berkali-kali, akan berbahaya bagi kesehatan.

Piring Gerabah/Tanah Liat

Selain plastik, beberapa produsen piring juga membuat piring dengan bahan gerabah atau tanah liat. Selain banyak dihasilkan oleh produsen piring, piring jenis ini mudah dijumpai di toko-toko penjual gerabah atau toko kerajinan tanah liat. Di samping lebih menarik dan unik, jenis ini juga awet dan tahan lama. Bahkan, untuk harga, piring gerabah memiliki harga tidak kalah murah dengan piring plastik. Satuan piring gerabah bisa dijual mulai Rp6.000.

Ilustrasi: Piring Tanah Liat (credit: Detik)

Ilustrasi: Piring Tanah Liat (credit: Detik)

Jenis piring ini kebanyakan digunakan di restoran, kedai makan, hingga warung-warung makan pinggir jalan untuk menarik banyak pelanggan. Makan makanan dari piring tanah liat tampaknya menjadi salah satu momen unik dan menarik bagi sebagian orang. Terlebih, restoran dengan gaya tradisional juga sering menggunakan piring gerabah sebagai peralatannya.

Kelebihan piring ini, karena terbuat dari gerabah, maka suhu makanan akan terjaga dengan baik. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan hangat atau panas, akan lebih tahan lama. Selain itu, piring jenis ini juga tahan terhadap suhu tinggi. Anda bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan di microwave. Namun, piring mudah pecah dan harus diletakkan pada suhu ruang yang sejuk.

Piring Keramik/Porcelain

Ada salah satu piring yang menjadi primadona di pasaran, yakni piring porcelain atau piring keramik. Banyak orang memilih jenis piring ini, bukan hanya karena bahan bakunya, tetapi juga motif pada piring. Piring keramik atau porcelain sendiri di pasaran dapat dibeli mulai dari satuan hingga lusinan. Harganya tergantung ukuran, merek, dan motif.

Harga Piring Keramik - www.jualo.com

Harga Piring Keramik - www.jualo.com

Piring keramik memiliki ukuran berbeda-beda. Mulai dari ukuran terkecil, yaitu ukuran diameter 10 cm hingga untuk ukuran terbesar, yaitu 19 cm. Selain ukuran, piring keramik juga memiliki motif dan berbeda-beda. Semakin bagus motif dengan yang beragam, maka harganya semakin mahal.

Kelebihan yang dimiliki oleh piring jenis ini adalah tidak mudah retak jika terkena suhu tinggi. Beberapa jenis piring porcelain/keramik bahkan biasa digunakan sebagai salah satu masak. Selain itu, piring ini juga memiliki fungsi lain, seperti hiasan dinding. Sayangnya, piring jenis ini mudah pecah jika jatuh. 

Bagi Anda yang sedang mencari piring keramik/porcelain dalam jumlah banyak, Anda bisa membelinya per lusin. Harga piring keramik per lusin terbilang beragam, tergantung dari ukuran serta tipenya. Untuk lebih rinci mengenai harga piring porcelain, Anda bisa melihat daftar berikut.

Harga Piring Keramik per Lusin 

Tipe piring KeramikSpesifikasiHarga Per Lusin
Piring Keramik Lis 9Bahan porcelain/keramik, kuat, tidak mudah pecah, bisa dimasukkan microwave, warna putih, diameter 9 inciRp130.000
Piring Keramik Ayam JagoBahan porcelain/keramik, tidak bisa dimasukkan microwave, warna putih, motif ayam jago, diameter 9 inciRp75.000
Piring Keramik Ayam KopinBahan porcelain/keramik, bisa dimasukkan microwave, warna putih/hitam, motif ayam jago, diameter 10 inciRp200.000
Piring Keramik PolosBahan porcelain/keramik, bisa dimasukkan microwave, warna putih polos, diameter 9 inciRp189.900
Piring Keramik Ayam Kopin 19Bahan porcelain/keramik, tidak bisa dimasukkan microwave, warna putih, motif ayam jago, diameter 19 cmRp288.000

Itulah daftar harga dari piring keramik per lusinnya di pasaran. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga piring keramik berkisar Rp130 ribu hingga Rp259 ribu per lusin.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Terkini, Harga Bolen dan Kue Kering Kartika Sari
author

Leave a reply "Update Harga Piring Keramik per Lusin di Pasaran"