Harga Pintu Kamar Mandi Galvalum (Berbagai Ukuran)

Pintu kamar mandi tidak hanya dapat dibuat dari bahan kayu, besi, plastik PVC, atau aluminium. Banyak juga perajin atau tukang yang menawarkan pintu kamar mandi dari material galvalum. Dengan harga yang ternyata relatif terjangkau, pintu kamar mandi berbahan galvalum diklaim awet atau tahan lama serta tidak membutuhkan perawatan khusus.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas galvalum memang terus meroket. Biasa juga disebut ringan, galvalum adalah dapat dikatakan sebagai baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, dengan kekuatan yang diklaim tidak kalah dengan baja konvensional.[1] Material galvalum memiliki tegangan tarik tinggi (G550), artinya punya kuat tarik 550 MPa (Mega Pascal).[2] Baja ringan merupakan yang diadaptasi dari Jepang dan semakin sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia.

Ilustrasi: Pintu Kamar Mandi (credit: hiatt-hardware)

Ilustrasi: Pintu Kamar Mandi (credit: hiatt-hardware)

Baja ringan sering disebutkan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering ada pada kayu, material yang sebelumnya lebih kerap dipakai untuk konstruksi atap, termasuk untuk menahan serangan rayap. Sebagai bahan bangunan, kayu memang memiliki sejumlah kelemahan, antara lain kualitas material yang tidak merata, rawan lapuk yang disebabkan serangan rayap, mudah memuai atau menyusut karena perubahan cuaca, mudah terbakar, serta semakin langkanya sumber daya kayu di alam.[3]

Baca juga  Info Terkini Harga Compound Gypsum (1 Kg, 5 Kg, 1 Sak)

Lebih sering digunakan sebagai atap, galvalum memiliki sejumlah kelebihan. Meski bentuknya sekilas mirip atap seng, galvalum adalah lempengan besi baja yang dilapisi campuran aluminium, seng, dan silikon, yang membuatnya istimewa. Atap galvalum juga tidak hanya berbentuk lembaran lurus, melainkan ada juga yang melengkung.

Kelebihan lainnya, material galvalum bermassa ringan, terlebih jika dibandingkan dengan atap keramik dan tanah liat. Meski ringan, atap galvalum tetap memiliki daya lindung yang kuat. Terakhir, penggunaan galvalum adalah pilihan yang tepat jika Anda kesal dengan rayap yang kerap memakan rangka atap kayu karena material ini tahan terhadap rayap, selain tidak menyusut dan memuai terlalu berlebihan.

Kelebihan Pintu Kamar Mandi Galvalum

Seperti disinggung di atas, tidak hanya untuk atap, material galvalum saat ini juga sudah mulai diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan lainnya, termasuk membuat pintu kamar mandi. Pintu kamar mandi yang terbuat dari bahan tersebut semakin lirik, terutama oleh masyarakat perkotaan, karena menawarkan sejumlah keunggulan, terutama dibandingkan pintu dari kayu.

Pintu dengan bahan galvalum diklaim lebih tahan terhadap air dan anti-korosi sehingga lebih awet atau bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, material galvalum yang ringan dan mudah dibentuk membuatnya dapat digunakan untuk membuat pintu kamar mandi dalam berbagai model, sehingga membuat desain interior rumah bakal menjadi menarik.

Baca juga  Indikasi dan Info Terkini Harga Microlax di Apotek

Kelebihan lainnya pintu kamar mandi dari material galvalum adalah perawatannya yang lebih mudah dibandingkan pintu yang terbuat dari bahan lainnya, seperti kaca dan kayu. Jika tampak kotor, Anda cukup mengelap bagian pintu yang sering terkena air, maka kotoran dijamin akan langsung lenyap. Bandingkan dengan kaca yang mesti menggunakan cairan khusus agar tidak mengembun atau buram.

Terakhir, dan mungkin menjadi bahan pertimbangan utama banyak konsumen, pintu kamar mandi dari galvalum punya harga yang relatif terjangkau. Dengan menebus biaya ratusan ribu rupiah saja, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah pintu kamar mandi yang awet dan punya desain menarik. Nah, sebagai referensi, berikut kisaran harga pintu kamar mandi galvalum di pasaran.

Ilustrasi: Pintu Kamar Mandi Galvalum (credit OLX)

Ilustrasi: Pintu Kamar Mandi Galvalum (credit OLX)

Harga Pintu Kamar Mandi Galvalum

Tipe/Ukuran Pintu Kamar MandiHarga
Pintu Kamar Mandi Galvalum 185 x 63 cmRp150.000 – Rp210.000
Wadja Pintu Kamar Mandi Galvalum 185 x 67 cmRp245.000 – Rp292.500
Pintu Kamar Mandi Galvalum 185 x 67 cmRp320.000
Pintu Kamar Mandi Galvalum Platinum 185 x 65,5 cmRp340.500
Pintu Kamar Mandi Galvalum Warna 185 x 65 cmRp390.000
Pintu Kamar Mandi Galvalum Warna 195 x 70 cmRp450.000
MU Pintu Kamar Mandi Galvalum 195 x 66 cmRp490.000
Pintu Kamar Mandi Galvalum 195 x 70 cm Motif BungaRp498.000
Inadoor Pintu Kamar Mandi Galvalum Mix Kaca 200 x 70 cmRp850.000
Pintu Kamar Mandi Galvalum Mix PVC 195 x 66 cmRp860.000
Wadja Pintu Kamar Mandi Galvalum Mix Kaca 200 x 70 cmRp1.050.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Cetakan Es Krim Stik di Pasaran

Harga pintu kamar mandi galvalum di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko perabotan rumah tangga dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga pintu kamar mandi galvalum tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

[1] Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik dan Lingkungan Universitas Ratu Samban Bengkulu, Vol. 2(4): 648-655.

[2] Rahayu, Sherly Anggun dan Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal FROPIL Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung, Vol. 3(2): 116-130.

[3] Pangaribuan, Mekar Ria. Op cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Pintu Kamar Mandi Galvalum (Berbagai Ukuran)"