Harga Pintu Garasi Dorong Tikung di Pasaran

No comment1695 views

Pagar (biasanya terbuat dari besi) telah menjadi pilihan banyak orang sebagai penutup garasi. Namun, produk ini punya sejumlah kelemahan, antara lain sesuatu atau barang yang ada di dalam garasi masih bisa terlihat serta rawan mengalami karat. Nah, sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan pintu dorong tikung, yang tidak cuma enteng, tetapi juga membuat atau fasad rumah terlihat lebih menarik. Di pasaran, harga produk ini rata-rata jutaan rupiah, tergantung ukuran dan model.

Pintu garasi dorong tikung bukaan atas (sumber: garagedoordiscounts.co.uk)

Pintu garasi dorong tikung bukaan atas (sumber: garagedoordiscounts.co.uk)

Dalam pengertian yang luas, rumah tidak hanya sebagai sebuah , melainkan juga tempat kediaman yang memenuhi syarat-syarat kehidupan yang layak, dipandang dari berbagai segi kehidupan masyarakat.[1] Rumah dapat dikatakan sebagai tempat perlindungan, untuk menikmati kehidupan, beristirahat, dan bersuka ria bersama keluarga.

Sebagai tempat bermukim, rumah setidaknya memiliki tiga fungsi utama.[2] Fungsi yang pertama adalah sebagai penunjang identitas keluarga, yang diwujudkan dalam kualitas hunian. Kedua adalah sebagai penunjang kesempatan keluarga untuk berkembang dalam kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga. Sementara, yang terakhir adalah sebagai penunjang rasa aman (security), yang berarti terjaminnya keadaan keluarga di masa depan setelah mendapatkan rumah.

Baca juga  Update Harga Cat Dasar Alkali (Beragam Merk & Ukuran)

Nah, untuk fungsi keamanan, bagian depan atau fasad adalah unsur paling penting karena yang langsung berhubungan dengan lingkungan luar. Fasad adalah salah satu elemen yang dimiliki oleh selubung bangunan, punya makna sebagai muka arsitektur, menghubungkan antara ruang dalam dan ruang luar. Merupakan bagian yang pertama kali dilihat dan diapresiasi, fasad terdiri dari beberapa elemen, antara lain jendela, pintu, dinding, atap, serta sun shading.[3]

Khusus untuk pintu, selain pintu utama, sejumlah pemilik rumah juga menyediakan pintu khusus untuk garasi mereka. Ini bertujuan sebagai pelindung atau penutup bagian dalam garasi, umumnya berupa kendaraan bermotor. Saat ini, sudah ada berbagai model pintu yang bisa digunakan sebagai penutup garasi, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Model pertama, dan mungkin paling umum, adalah pintu garasi besi yang berkonsep minimalis modern. Kemudian, ada pula pintu lipat besi, yang memakai sistem tikung dan sistem lipat, dengan tipe seperti hollow dan GRC. Jika ingin tampilan depan rumah terlihat estetik, terdapat pintu garasi kayu yang hadir dalam berbagai motif dan warna. Pintu ini juga diklaim sangat kuat dan bisa melindungi dari sengatan panas matahari.

Baca juga  Info Terbaru Harga Frestea di Pasaran

Ada pula pintu garasi roller atau sistem buka ke atas, yang biasanya memiliki material yang relatif ringan. Karena menggunakan sistem bukaan ke atas, sehingga bahan yang enteng mutlak diperlukan. Jika Anda ingin memiliki tampilan model pintu garasi yang minimalis tetapi modern, Anda dapat menggunakan pintu garasi roller yang berbentuk solid.

Pintu Garasi Dorong Tikung

Model lainnya yang sekarang semakin banyak diaplikasikan masyarakat Indonesia adalah pintu garasi dorong tikung atau sliding tikung. Ini merupakan sistem bukaan pintu garasi dengan cara digeser ke arah samping. Pintu garasi model sliding ini dapat menjadi pilihan yang menarik karena memiliki kesan minimalis sekaligus modern. Anda pun dapat memilih tampilan pintu garasi ini dengan berbagai jenis material seperti besi, hollow, aluminium, atau kayu.

Pintu garasi dorong tikung (sumber: pinterest)

Pintu garasi dorong tikung (sumber: pinterest)

Nah, apabila Anda tertarik dengan pintu garasi model dorong tikung, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, sudah banyak toko yang menawarkan pintu seperti ini. Bahkan, tidak sedikit yang menjualnya lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tetapi berada di kisaran jutaan rupiah. Sebagai informasi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Jual Minyak Lintah di Apotik

Harga Pintu Garasi Dorong Tikung

Ukuran PintuHarga
Pintu garasi dorong tikung handmade 65 x 240 cm, material kayuRp2.400.000
Pintu garasi dorong tikung Henderson 65 x 240 cm, plat besi tebal 2 mmRp2.900.000
KENS pintu garasi dorong tikung 68 x 240 cm, plat besi tebal 1,5 mm & 2 mmRp2.900.000
Pintu garasi dorong tikung plat HISEN 1,5 mmRp3.200.000 – Rp4.300.000

Harga pintu garasi dorong tikung di atas berlaku untuk satu daun pintu. Jika Anda membutuhkan empat atau lima daun pintu, tinggal mengalikan angka tersebut. Ada pula toko yang menawarkan paket pintu garasi dorong tikung dengan harga sekitar Rp16 jutaan. Namun, perlu Anda catat bahwa harga tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing penjual.

[1] Rully. 2014. Merencanakan dan Merancang Rumah Tinggal yang Optimal. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan , Vol. 15(19).

[2] Ibid.

[3] Utami, dkk. 2013. Kajian Bentuk dan Fasade Hotel Hilton Bandung. Jurnal Reka Karsa Institut Teknologi Nasional Bandung, Vol. 1(1).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Pintu Garasi Dorong Tikung di Pasaran"