Info Keunggulan & Harga Pinang Betara

No comment249 views

Pinang adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pinang terdiri dari beberapa varietas, mulai dari pinang Thailand hingga varietas unggul seperti pinang Betara asal Jambi. Dibandingkan pinang lokal, pinang Betara memiliki berbagai kelebihan, baik dari segi kuantitas dan kualitas buahnya. Tak heran bila harga pinang Betara lebih mahal dari pinang lokal.

Pinang betara (youtube: Jakes Sito)

Pinang betara (youtube: Jakes Sito)

Pinang adalah salah satu spesies pohon palem yang terdapat di kawasan Pasifik bagian tropis, , dan Afrika. Tanaman yang tidak diketahui dari mana asalnya ini hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis atau subtropis yang hangat. Sekarang ini tanaman pinang dibudidayakan di Tiongkok, Afrika Timur, Indonesia, Madagaskar, Malaysia, hingga kawasan Melanesia.

Pinang (Areca catechu) biasanya dikunyah bersama dengan daun sirih setelah makan, terutama oleh orang-orang tua zaman dahulu. Caranya adalah dengan membungkus beberapa iris pinang dalam daun sirih bersama dengan kapur (kalsium hidroksida) dan kadang-kadang ditambah cengkih, kapulaga, dan rempah-rempah lain sebagai penyedap tambahan.

Baca juga  Update Harga Virtako (Sachet 10 ml, 50 ml, 100 ml)

Pinang yang dikunyah dengan daun sirih memberikan efek stimulan ringan yang memicu sensasi hangat dalam tubuh. Meskipun efeknya bervariasi pada setiap orang, pengaruh mengunyah daun sirih dan pinang bersama-sama relatif ringan, mirip dengan efek meminum secangkir kopi setelah makan.[1]

Pinang Betara merupakan varietasunggul pinang pertama di Indonesia.Berdasarkan hasil evaluasi melalui sidangpelepasan tanggal 8 November 2012,populasi pinang Betara telah dilepassebagai pinang unggul dengan SKMENTAN Nomor199/Kpts/SR.120/1/201. Keunggulanpinang ini adalah ukuran buahnya besar.Bayangkan saja, 1 kg saja hanya terdapat18 ± 25 butir. Sementara itu 1 tandan bisadihasilkan 150 butir dan 1 tahunproduksinya 5 ± 6 tandan perpohon.[2]

Dilansir dari Balitka Litbang Pertanian, perkebunan pinang di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi menyebar di 9 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di daerah Tanjung Jabung Barat, dengan total luas areal perkebunan pinang 8.309,5 hektare (total luas pinang Provinsi Jambi 17.969 ha) dengan produksi pada tahun 2008 mencapai 12.266 ton biji kering per tahun.

Baca juga  Update Harga Kacang Tanah Kupas di Pasaran (250 gr, 500 gr, 700 gr, 1 kg)

Berdasarkan hasil identifikasi dan evaluasi tanaman pinang yang dilakukan sejak tahun 2009 sampai 2012 di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, diperoleh populasi pinang Betara yang memiliki potensi produksi yang cukup tinggi, yakni 7.81 ton kernel kering/ha/tahun, dibandingkan dengan potensi produksi 5 varietas pinang yang berasal dari maupun 4 aksesi pinang lokal lainnya. Sebagai gambaran, berikut informasi mengenai keunggulan pinang Betara.

Keunggulan Pinang Betara

  • Masa produktif yang relatif cepat. Pohon berumur 4-5 tahun sudah mulai belajar berbuah dan memasuki masa produktif di usia 6-7 tahun.
  • Produksi buah mencapai 131 butir per tandan.
  • buah utuh dapat mencapai 47 gram.
  • Berat biji kering per butir sebesar 8,68 gram.
  • Kadar tanin 9,79%.
  • Produksi kernel kering per pohon per tahun 5,70 kg.
  • Memiliki potensi hasil kernel kering per ha 7,81 ton.
  • Tinggi batang 10,28 m.
  • Usia tanaman hingga 25 tahun.
  • Tahan terhadap penyakit Phyotphtora
  • Toleran terhadap kekeringan sekitar< 3 bulan kering
Pinang betara (sumber: bibitpinangbetara.com)

Pinang betara (sumber: bibitpinangbetara.com)

Harga Pinang Betara

Nama ProdukHarga (Rp)
Pinang kecambah betara1.100
Bibit Pinang Betara Tanpa Sertifikat6.000
Bibit Pinang betara asli bersertifikat12.000
Bibit Buah Pohon Pinang Betara Unggul umur 5 bulan37.050
Benih biji pohon pinang Betara Jambe 5 kg399.000
Baca juga  Info Harga dan Cara Menanam Aglonema Golden Hope

Informasi harga pinang betara di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ingat bahwa harga pinang betara dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga pinang betara yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda tertarik untuk membeli bibit, benih, atau buah pinang betara, Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian atau membeli secara online di sejumlah marketplace.

[1]Savitri, A. 2016. Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Nur A, editor. Depok: Bibit Publisher, hlm 95.

[2]Hendriyatno, F dkk. 2019. Pengaruh Pemberian Poc Urine Sapi Terhadap Pertumbuhan Bibit Pinang Betara (Areca catechu L.). Agro Bali (Agricultural Journal). 2(2): 89-97.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Keunggulan & Harga Pinang Betara"