Info Lengkap Komposisi, Cara Minum dan Harga Pil Tuntas

Sudah menjadi rahasia umum, jika hormon menjadi pengendali siklus menstruasi setiap perempuan. Tak heran, jika terjadi beberapa gangguan saat menstruasi yang terbilang normal.[1] Kondisi tubuh yang terganggu misalnya menstruasi yang tidak lancar. Apabila dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat tubuh tidak nyaman. Sebagian wanita biasanya membeli pil Tuntas untuk melancarkan menstruasi yang dijual dengan terjangkau.

Harga Pil Tuntas - shopee.co.id

Harga Pil Tuntas - shopee.co.id

Mengulas terkait siklus menstruasi pada wanita biasanya berbeda-beda. Berkisar antara 27 sampai 30 hari, umumnya 28 hari. Artinya, masa menstruasi akan terjadi setiap 28 hari sejak masa menarche (menstruasi pertama) dan terus berlangsung sampai masa menopause (berhentinya menstruasi secara permanen). Walaupun siklus menstruasi rata-rata antara 27 – 30 hari, tetapi seseorang yang memiliki siklus menstruasi sangat pendek, misalnya 21 hari atau sangat panjang misalnya 40 hari masih dapat dianggap normal. Berbeda jika siklus menstruasi lebih pendek daripada 21 hari dan lebih panjang daripada 40 hari, sudah dapat dikategorikan abnormal.

Baca juga  Update Terkini Prosedur dan Biaya Veneer Gigi di Rumah Sakit

Pil Tuntas hadir sebagai pil yang dapat mengatasi keluhan-keluhan selama menstruasi. Diproduksi oleh PT Deltomed Laboratories, pil ini biasanya digunakan untuk mengatasi terlambat datang bulan, sehingga haid kembali lancar. Tak jarang, beberapa wanita mengonsumsi pil Tuntas untuk mengobati keluhan haid seperti pegal di bagian pinggang, nyeri pada perut, mulas, mual, bau tak sedap dan mengatasi jerawat yang tumbuh saat haid.

Meski terbilang aman karena terbuat dari bahan alami, Anda perlu memperhatikan penggunaan dengan produk lainnya. Beberapa review di internet mengungkapkan adanya reaksi saat mengonsumsi pil Tuntas dengan jamu Kiranti. Keluhan yang dilaporkan berupa nyeri pinggang dan payudara. Terkait dengan yang dialami, kemungkinan penyebabnya adalah karena mengonsumsi pil Tuntas dan Kiranti saat belum memasuki waktu menstruasi, sehingga menimbulkan .

Untuk mengatasi keluhan tersebut, menyarankan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang bergizi terutama sayur dan buah-buahan. Ada baiknya jika menambah saraf seperti B1, B2, dan B6. Jika tidak terjadi perubahan, maka disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke ke kandungan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Operasi Kista di Indonesia

Komposisi Pil Tuntas

Pil yang tergolong jamu modern ini diolah dari bahan-bahan alami, mulai dari Nigellae Sativae Semen 15%, Achilleae Folium 20%, Blumeae Folium 20%, Zingiberis Rhizoma 8%, dan bahan-bahan lain sampai 100% dalam bentuk ekstrak. Jika dilihat dari komposisinya, pil Tuntas tentu aman dikonsumsi. Namun perlu diperhatikan, wanita tidak dibolehkan mengkonsumsi atau meminum pil Tuntas.

Obat Pengendali Siklus Menstruasi - flo.health

Obat Pengendali Siklus Menstruasi - flo.health

Minum Pil Tuntas

Aturan pakai Pil Tuntas adalah 4 pil per hari, diminum 3 hari berturut-turut sebelum datang haid. Beberapa dosis yang disarankan saat mengonsumsi pil Tuntas yakni:

  • Untuk mengatasi keluhan haid: 1 x sehari 4 kapsul, diminum rutin selama 3 hari sebelum haid
  • Untuk memperlancar haid: 1 x sehari 4 kapsul setiap sore selama 3 hari, dimulai dari hari pertama haid

Lalu kapan pil Tuntas bereaksi? Jika Anda mengikuti petunjuk penggunaan pil Tuntas, maka obat tersebut akan bereaksi dalam beberapa waktu. Ada baiknya, Anda mengonsumsi pil Tuntas setelah makan. Pil Tuntas dapat dibeli di berbagai obat dan jamu dengan harga berbeda tergantung tempat pembelian.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, dan Harga Serum Dr Pure

Harga Pil Tuntas di Apotek

Anda dapat membeli pil Tuntas di Apotek K24 seharga Rp11.812 per pcs isi 10 pil. Selain di apotik, Anda juga dapat membeli pil Tuntas di sejumlah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Jika ingin lebih praktis, maka disarankan untuk memesan produk melalui sejumlah marketplace terpercaya.

Di pasaran, Anda juga akan menemukan produk yang serupa dengan nama Kapsul Tuntas. Keduanya memiliki persamaan komposisi dan yakni dapat melancarkan haid pada wanita. Namun, perbedaan dua produk ini yakni pada harga. Harga Kapsul Tuntas terbilang lebih mahal dari Pil Tuntas sebesar Rp12 ribuan per pcs.

[1]Sinaga, Ernawati. Manajemen Menstruasi (Jakarta: Universitas Nasional, 2017), hlm. 32

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Komposisi, Cara Minum dan Harga Pil Tuntas"