Kandungan, Indikasi, Cara Pakai dan Harga Pil KB Diane

Bagi Anda yang belum siap memiliki momongan di usia pernikahan muda, Anda bisa mencoba memakai kontrasepsi, seperti pil KB. Sementara ada banyak pil KB yang beredar di pasaran, pil KB Diane menjadi salah satu alat kontrasepsi yang dicari banyak orang. Ini karena penggunaan yang mudah dan harganya yang terjangkau.

Keluarga kecil

kecil

Menurut penelitian, pil KB menjadi salah satu alat kontrasepsi paling laris setelah KB suntik. Pil KB termasuk metode yang efektif untuk mencegah kehamilan dan salah satu metode yang paling disukai. Ini karena penggunaan pil KB tidak mengancam risiko penurunan kesuburan. Pemberhentian penggunaan pil KB dapat mengembalikan kesuburan dan mengurangi risiko infertilitas primer hingga 40%.[1]

Kandungan dan Indikasi Pil KB Diane

Karena banyak pasangan yang ingin memiliki momongan jika merasa sudah siap, tak jarang para memakai pil KB. Nah, salah satu pil KB yang tergolong mudah dicari, karena dijual secara bebas di apotek, adalah pil KB Diane. Pil KB Diane merupakan obat yang mengandung estrogen sekaligus anti-androgen.

Baca juga  Info Harga Obat Pantoprazole Tablet & Injeksi

Dilansir dari helloSEHAT, dengan adanya dua kandungan tersebut, pil KB Diane ampuh untuk mencegah kehamilan pada wanita. Meskipun dijual secara bebas di pasaran, penggunaan obat tersebut tidak disarankan tanpa resep dokter. Jika Anda ingin mengonsumsinya, Anda harus periksa dan konsultasi dulu ke dokter kandungan atau bidan.

Selain bisa dijadikan sebagai obat mencegah kehamilan, pil KB Diane diklaim juga bisa mengobati beberapa penyakit atau masalah akibat hormon, seperti jerawat yang sulit disembuhkan, berminyak, pertumbuhan rambut yang berlebihan pada usia produktif, hingga menstruasi yang tidak teratur. Semua indikasi tersebut bisa disembuhkan memakai jika permasalahan disebabkan oleh tindakan kontrasepsi lain yang pernah dilakukan.

Selain disebabkan oleh alat kontrasepsi lain yang pernah digunakan sebelumnya, indikasi tersebut bisa diobati menggunakan pil KB Diane, jika Anda sudah mencoba berbagai macam cara. Bisa dibilang, pil KB Diane merupakan pertolongan terakhir, jika Anda sudah mencoba mengonsumsi berbagai macam obat untuk mengatasi permasalahan yang timbul akibat gangguan hormon.

Cara Memakai Pil KB Diane

Semua manfaat pil KB Diane tentu bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsinya sesuai dengan anjuran yang benar. Selain mengikuti resep dokter, Anda juga perlu mengetahui cara mengonsumsi pil tersebut. Minumalah pil KB Diane selama 21 hari dengan waktu konsumsi yang sama setiap hari. Untuk meminumnya, Anda harus menelannya langsung menggunakan air mineral.

Pil KB Diane (sumber: mg.co.za)

Pil KB Diane (sumber: mg.co.za)

Hindari mengunyah atau mengubah bentuknya menjadi puyer. Anda bisa meminumnya setelah atau sebelum makan, tetapi harus dalam kondisi dan waktu yang sama setiap hari. Setelah menggunakannya selama 21 hari berturut-turut, hentikan penggunaan selama 7 hari. Perlu Anda ketahui, beberapa hari setelah memakai pil KB Diane, Anda akan mengalami pendarahan seperti menstruasi. Pendarahan mungkin belum berhenti ketika 7 hari berhenti minum pil. Anda tidak perlu khawatir karena ini normal.

Baca juga  Info Harga Cream Eleora Skin Care Terbaru

Untuk mencegah kehamilan, pastikan Anda selalu memakai obat tersebut sesuai dengan aturan. Anda juga tidak disarankan untuk memakai alat kontrasepsi lain atau mengonsumsi pil KB lainnya bersamaan dengan pil KB Diane, karena sangat berbahaya untuk hormon Anda. Setelah 7 hari beristirahat menggunakan pil KB, Anda baru bisa menggunakannya lagi setelah pendarahan selesai atau jika Anda ingin melanjutkan masa infertil.

Untuk mempermudah penggunaan, kemasan pil KB Diane telah dilengkapi dengan tanda berupa hitungan hari dalam seminggu. Minumlah tablet pertama Anda dari kemasan yang ditandai dengan warna merah pada pack sesuai dengan hari dalam seminggu. Selanjutnya, minum obat sesuai dengan petunjuk panah pada pack, hingga semua tablet habis diminum.

Harga Pil KB Diane

Tidak sulit membeli pil KB Diane di apotek, asalkan Anda sudah mendapatkan resep dokter atau saran dari bidan. Harga pil KB Diane sendiri berkisar Rp130.000 hingga Rp165.368 per paket. Perlu Anda ketahui, harga pil KB Diane tersebut, tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Informasi tambahan, pil KB Diane harus disimpan pada tempat yang kering dan sejuk. Hindari tempat yang memiliki pencahayaan penuh atau ruang yang lembap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Produk & Biaya Perawatan Jasper Skin Care

[1] Prasetyawati, Anna, dkk. 2012. Hubungan Pengetahuan Akseptor Tentang Kontrasepsi Pil Oral Kombinasi dengan Kepatuhan dalam Mengonsumsi Pil KB di Wilayah Desa Margasana Kecamatan Jatilawang. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 3(2): 1-10.

author

Leave a reply "Kandungan, Indikasi, Cara Pakai dan Harga Pil KB Diane"