Update Harga Pianika Yamaha Original (P32D & P37D)

Bagi para pemain musik, pasti sudah tidak asing lagi dengan pianika. Pianika atau melodika merupakan alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Instrumen ini sejenis dengan harmonika, akan tetapi menggunakan bilah-bilah keyboard yang luasnya sekitar 3 oktaf. Sudah hadir dalam beragam merk, seperti Yamaha, Marvel, dan lain-lain, harga pianika tergolong murah.

Pianika Yamaha (sumber: shopee)
Pianika Yamaha (sumber: shopee)

Dalam bermain musik, pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu. Tuts pianika sendiri seperti piano atau keyboard, yakni terdiri dari tuts putih dan tuts hitam. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada-nada pokok atau asli, sedangkan tuts hitam berguna untuk memainkan nada-nada kromatis.

Bacaan Lainnya

Meski memiliki tuts layaknya keyboard, pianika tergolong sebagai instrumen musik tiup. Dalam memainkan alat musik pianika, tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan tuts untuk memainkan melodi lagu, sementara mulut meniupnya. Jadi, memang dibutuhkan kemahiran membagi konsentrasi jika ingin mahir bermain alat ini.

Teknik Memainkan Pianika

  • Tangan kiri digunakan untuk memegang pianika dan tangan kanan digunakan untuk menekan tuts pianika, sedangkan mulut untuk meniup pipa pianika.
  • Usahakan agar jari lemas, karena bisa leluasa saat memainkan pianika. Selain itu juga, setiap jari tangan kanan harus mempunyai tugas satu-persatu untuk menekan tuts-tuts tertentu.
  • Belajar untuk mengolah teknik pernapasan. Lalu, usahakanlah juga sekaligus untuk menghirup atau mengeluarkan napas secara serentak. Dengan begitu, akan mendapat pernapasan yang baik dan juga menghasilkan suara yang lemah dan juga lembut.

Saat ini, sudah beredar banyak merk pianika yang dapat ditemukan di pasaran, salah satunya adalah Yamaha. Yamaha sendiri merupakan produsen asal Jepang yang terkenal dengan produk motor. Namun, selain kendaraan roda dua, perusahaan raksasa ini juga gemar merilis produk-produk untuk musik, seperti gitar, bass, drum, keyboard, piano, hingga pianika ini.

Untuk pianika, seperti dilansir dari situs resminya, Yamaha saat ini menawarkan dua tipe pianika, yakni Yamaha P32D yang mengusung bodi berwarna biru dan Yamaha P37D yang membawa bodi berwarna merah. Produk pianika hasil besutan Yamaha dinilai menghasilkan suara yang jernih dan menawan dengan tone yang solid. Kemudian, punya tubuh yang solid, cat -karat, dan fitur anti korosi, serta diklaim mampu menghasilkan intonasi yang stabil. Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan informasi terbaru harga pianika merk Yamaha, berikut kami sajikan daftarnya untuk Anda.

Harga Pianika Yamaha

Tipe Pianika Yamaha UmumHarga
Yamaha Pianika P32D (warna biru) Original32 tuts dengan jangkauan nada hingga 3 oktaf, suara jernih, tone solid, cat karat, fitur anti korosi, intonasi stabil, lengkap dengan alat tiup dan selang, serta mouthpiece untuk meniupRp350.000 – Rp500.000
Yamaha Pianika P37D (warna merah) Original37 tuts dengan jangkauan nada hingga 3 oktaf, suara jernih, tone solid, cat karat, fitur anti korosi, intonasi stabil, lengkap dengan alat tiup dan selang, serta mouthpiece untuk meniupRp699.000 – Rp818.000

Informasi harga pianika Yamaha di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini terpantau stabil. Yamaha P32D misalnya, semula dijual Rp382 ribuan, sekarang sekitar Rp350 ribu hingga Rp500 ribuan. Namun, perlu dicatat bahwa harga di masing-masing toko bisa saja berbeda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *