Harga Pianika Marvel di Pasaran (Biru dan Pink)

Siapa sih yang tidak mengetahui alat bernama pianika? Ini adalah salah satu yang sekilas mirip , namun juga punya pipa lentur untuk ditiup. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merek pianika yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Nah, apabila Anda kebetulan pianika berkualitas dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong, keluaran Marvel bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pianika Marvel warna pink (sumber: Tokopedia)

Pianika Marvel pink (sumber: Tokopedia)

Dikutip dari situs Wikipedia, pianika atau melodika disebutkan sebagai alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Umum dimainkan sebagai alat pendidikan di banyak sekolah, meski tergolong alat musik tiup, tetapi pianika juga memiliki bilah-bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf.

Hampir senada, Soeharto (1992:35) menuturkan bahwa pianika disebut juga dengan melodeon atau melodika, yakni alat musik yang memakai bilah-bilah nada dalam susunan khusus untuk dapat dimainkan dengan jari-jari pemain. Sementara, untuk mendapatkan atau menghasilkan , dilakukan dengan cara ditiup.

Ditambahkan Banoe (2003:48), pianika atau melodeon adalah instrumen tiup dengan lidah-lidah metal, bekerja seperti dengan prinsip kerja harmonika, yaitu dengan cara ditiup. Namun, untuk memperoleh beragam nada, diatur dengan tekanan pada bilah-bilah papan nada seperti papan nada yang bisa Anda temukan di instrumen .

Sekilas, pianika mirip dengan piano dan keyboard, baik yang model klasik maupun elektrik. Namun, ada perbedaan di antara kedua instrumen musik tersebut. Jika cara memainkan piano cukup dengan memencet tuts, maka pianika harus ditiup dulu dalam memainkannya. Jika tidak ada tiupan, maka tidak akan ada nada yang keluar walau tuts pianika kita tekan.

Dalam bermain musik, pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, dan bila memungkinkan, juga dapat mengiringi lagu. Kegunaan tuts pada pianika sendiri adalah untuk memainkan nada-nada pokok atau asli (tuts berwarna putih) dan memainkan nada-nada kromatis (tuts berwarna hitam).

Sebelum memainkan pianika, sebaiknya membentuk postur tubuh yang baik, dengan sikap berdiri yang tegak lurus dengan posisi kaki yang rapat. Setelah itu, pianika dapat dipegang dengan kedua tangan membentuk sudut 45 derajat, di register not tertentu, posisi tangan kanan dinaikkan sedikit ke atas dan membentuk sudut 60 derajat. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam bermain pianika adalah:

  • Memainkan dengan lima jari, dengan setiap jari memiliki tugas untuk menekan tuts-tuts tertentu.
  • Cara meniup pianika diusahakan halus dan rata.
  • Bentuk tangan kanan seperti memegang bola sehingga memungkinkan jari bergerak dengan leluasa.
  • Penjarian pada pianika biasanya menggunakan tangan kanan, yang terdiri dari ibu jari sebagai jari nomor 1, jari telunjuk sebagai jari nomor 2, jari tengah sebagai jari nomor 3, jari manis sebagai jari nomor 4, dan jari kelingking sebagai jari nomor 5.

Teknik Bermain Pianika

Anak sekolah bermain pianika (sumber: sindonews.com)

Anak sekolah bermain pianika (sumber: sindonews.com)

Layaknya instrumen musik lainnya, ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan ketika memainkan pianika. Selain teknik penjarian atau fingering seperti diuraikan di atas, ada juga teknik breathing atau mengambil napas melalui mulut pada sisi bibir. Teknik ini terdiri dari timing (menyamakan tempo tiupan dengan langkah kaki, bisa dilatih dengan jalan di tempat) dan frase (melatih disiplin panjang dan pendeknya tiupan sesuai partitur dan kebutuhan musik yang diajarkan).

Di samping itu, ada juga teknik artikulasi, salah satunya adalah Legato, yaitu cara memainkan not tanpa putus, atau menyambung antara not yang satu dengan not yang lain. Selain itu, ada juga Staccato, yaitu cara memainkan not dengan tegas dan putus-putus, atau memisahkan antara not yang satu dengan not yang lainnya.

Wagiman (1986:51) menuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bermain pianika, antara lain memainkan dengan lima jari dan setiap hari mempunyai tugas untuk menekan tuts tertentu, cara meniup pipa diusahakan halus dan rata, serta bentuk tangan melengkung seperti memegang bola sehingga jari bergerak dengan leluasa. Teknik dasar bermain pianika dalam memainkan nada atau akord sama, jari tetap menekan pada tuts sambil membuat artikulasi du/tu (nada tunggal), duku/tuku (nada rangkap), dan dukudu/tukutu (nada triple).

Review dan Harga Pianika Marvel

Jika Anda ingin membelikan buah hati Anda pianika, tidak perlu khawatir. Karena, ada banyak merk pianika yang sudah diluncurkan ke pasaran dalam negeri. Masing-masing brand tentunya menawarkan tersendiri. Namun, apabila Anda membutuhkan pianika yang tidak hanya punya harga terjangkau, tetapi juga berkualitas, salah satu rekomendasi menarik adalah Marvel.

Menurut banyak pedagang, pianika keluaran Marvel dikatakan sebagai pilihan yang sangat tepat untuk anak-anak yang belajar menggunakan alat musik. Selain itu, juga dapat digunakan oleh mereka yang sudah mahir dalam bermain. Pianika Marvel ini diklaim punya yang sangat baik dan tidak mudah rusak (dalam pemakaian normal). Bahkan, ketika ditiup, tidak terasa berat untuk anak-anak.

Tidak sulit mendapatkan pianika merk Marvel karena Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan musik dan situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, pianika Marvel yang diklaim asli sekarang dijual dengan harga sekitar Rp175.000 hingga Rp250.000, sudah termasuk bag, dengan pilihan warna pink atau biru. Ada juga yang menjual pianika sejenis dengan harga Rp130.000 hingga Rp150.000. Sementara, harga selangnya sekitar Rp20 ribu hingga Rp30 ribuan.


Referensi:

Baca juga  Harga Jual Burung Cucak Ijo Anakan dan Dewasa Terbaru

Banoe, Pono. 2003, Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Soeharto, M. 1992. Kamus Musik. Jakarta: PT Widiasarana Indonesia.

Wagiman, Joseph. 1986. Pembinaan Ansambel Musik di SMP 2 Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Pianika Marvel di Pasaran (Biru dan Pink)"