Info Harga Ph Meter untuk Mengukur Instalasi Hidroponik

Saat memelihara ikan di aquarium, Anda perlu memperhatikan tingkat keasaman airnya. yang banyak dibutuhkan untuk mengukur kualitas air secara akurat dinamakan pH meter. Ph meter bahkan kerap digunakan untuk mengontrol kualitas air pada instalasi hidroponik di rumah Anda. Alat ukur air hidroponik pH meter hadir dalam berbagai merek di pasaran. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung produk pilihan.

Penggunaan Ph meter untuk mengukur kadar asam air (sumber: hannainst.com)

Penggunaan Ph meter untuk mengukur kadar asam air (sumber: hannainst.com)

Tak hanya kualitas air, pH meter juga bisa digunakan untuk mengukur pH tanah di pekarangan rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menanam sayuran segar yang berkualitas baik meskipun hanya dari pekarangan rumah. Saat ini, pH meter juga dimanfaatkan oleh air mineral untuk mengecek pH di setiap produk air mineral sehingga keamanan dan kualitasnya tetap terjamin. Nah, bagi Anda yang belum tahu mengenai pH meter, berikut ulasan lengkapnya.

PH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu zat. Ukuran keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan menghitung konsentrasi ion hidrogen dalam larutan tersebut. Dalam sistem hidroponik, pengukuran ph ditentukan dengan angka 1 hingga 14. Angka 7 menunjukkan Ph netral, sedangkan angka di bawah 7 hingga angka 1 menunjukkan kondisi asam, dan angka di atas 7 menunjukkan kondisi basa.[1] Terdapat dua tipe pH meter yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas air, yakni tipe compact dan handy.

Baca juga  Update Info Harga Burung Srigunting (Semua Jenis)

Jenis pH Meter

  • Tipe compact: memiliki bentuk bodi yang panjang sehingga mudah untuk melakukan pengukuran di mana saja. Jenis ini biasanya tidak waterproof. Meskipun bisa digunakan outdoor, Anda harus berhati-hati karena selain bagian sensor untuk mengukur air, bagian lainnya tidak waterproof.
  • Tipe handy: produk satu ini dilengkapi kabel yang tersambung dengan bodinya. Di bagian ujung kabelnya terdapat detektor untuk mengukur pH sampel. Kabel yang panjang membuat Anda lebih leluasa saat ingin mengukur pH sampel, seperti air sungai maupun genangan air.

Lalu, bagaimana cara memilih pH meter yang tepat sesuai kebutuhan? Selain mempertimbangkan tipe dan kegunaannya, Anda juga perlu memilih pH meter berdasarkan sampel yang akan dicek agar alat tersebut dapat berfungsi secara optimal. Memilih pH meter yang mudah dikalibrasi juga merupakan hal penting lantaran agar dapat mengukur secara akurat.

Dari sekian banyak varian produk pH meter, ada beberapa produk yang memiliki fungsi tambahan, misalnya bisa mengukur temperatur, zat padat terlarut (total dissolve solids/TDS), potensial reduksi (oxidation-reduction potential/ORP), dan sebagainya. Jenis ini lebih praktis untuk mengetahui kualitas air karena bisa langsung mengukur banyak parameter. Bagi Anda yang ingin membeli pH meter, di bawah ini daftar harga yang dapat dijadikan referensi.

Baca juga  Harga Greenbean Kopi Robusta Lampung (Semua Kemasan)

Harga Ph Meter Hidroponik Berbagai Merek

Ph meter (sumber: koehlerinstrument.com)

Ph meter (sumber: koehlerinstrument.com)

Merek Ph Meter HidroponikHarga (Rp)
Generic Digital pH Meter air PH-009(I)A140.000
Soil Analyzer 4 In 1 PH Meter152.000
Lutron PH-224 Pen Ph Meter700.000
Ph Meter Horiba715.000
TRUSCO pH Meter726.000
Lutron PH-223 Pen Ph Meter800.000
HM Digital PH Meter (PH-200)908.000
Lutron PH-222 Pen Ph Meter990.000
Ph Meter Hidroponik Hanna1.085.000
Lutron PH-201 Portabel Pen Ph Meter1.200.000
Lutron PH-220 Pen Ph Meter1.200.000
Lutron PH-233 Pen Ph Meter1.450.000
Shinwa Rules Digital pH Meter1.595.000
Lutron PH-208 Pen Ph Meter1.900.000
KRISBOW pH & Temperature Tester2.090.000
Lutron PH-207 Pen Ph Meter2.200.000
Ph Meter Ionix2.893.000
Ph60 Premium Pocket Ph Tester Kit Apera (Ph Meter)3.392.000
AS ONE Digital pH Meter13.860.000
PARTECH TSS Meter Model 750w249.000.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Mentega Putih (Shortening) dalam Berbagai Merek

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Harga pH meter alat ukur air hidroponik tentu dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membelinya di toko alat elektronik terdekat. Jika tidak ingin repot, maka Anda dapat melakukan pemesanan produk secara online di sejumlah marketplace dengan harga terbaik.

Sebagian orang mungkin belum mengerti perbedaan pH meter hidroponik dengan TDS. Keduanya memiliki perbedaan dari segi fungsinya. TDS (Total Dissolved Solid) meter digunakan untuk mengukur kadar nutrisi yang sudah dicampurkan dengan air. Harga TDS dan EC meter terbilang lebih murah dibandingkan pH meter hidroponik yang dibanderol mulai Rp51 ribu.

[1] Umar, Umi Fadillah, dkk. Jago Bertanam Hidroponik Untuk Pemula (Jakarta: AgroMedia, 2016), hlm. 24

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Harga Ph Meter untuk Mengukur Instalasi Hidroponik"