Info Harga Pewarna Makanan Cair dalam Berbagai Merek

Saat membuat atau minuman tertentu, tampilan menjadi aspek yang sangat penting, khususnya urusan warna. Bahkan warna dianggap bisa mewakili rasa dari suatu dan minuman. Oleh sebab itu, sampai saat ini penggunaan pewarna masih begitu umum di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis pewarna pun bermacam-macam, ada yang cair hingga bubuk. pewarna makanan variatif, tergantung .

Ilustrasi: Mengggunakan Pewarna Makanan (credit: additudemag)

Ilustrasi: Mengggunakan Pewarna Makanan (credit: additudemag)

Pewarna makanan adalah beberapa zat yang paling kontroversial ditambahkan ke makanan dan minuman di era modern. Pewarna secara khusus ditambahkan untuk mengubah warna produk dan membuat mereka lebih menarik bagi konsumen. Pewarna digunakan dalam berbagai macam fasilitas produksi makanan komersial, serta dalam domestik di seluruh dunia.

Alasan untuk popularitas mereka adalah bahwa individu secara psikologis terbukti mengasosiasikan warna tertentu dengan rasa tertentu, dan warna makanan dapat mempengaruhi individu untuk melihat rasa dalam produk, terlepas dari jenis produk, baik itu permen, anggur, bir, minuman ringan, atau bahkan air.

Baca juga  Update Harga Dekorasi Resepsi Pernikahan di Rumah

Pewarna makanan tidak memiliki tujuan lain selain untuk membuat individu lebih mungkin untuk membeli produk. Sementara kebanyakan konsumen sadar bahwa produk makanan memiliki beberapa bentuk pewarna makanan, para konsumen yang sama sebagian besar tidak menyadari fakta bahwa beberapa seharusnya makanan alami yang mereka konsumsi telah diwarnai untuk menutupi ketidaksempurnaan alam.

Sebagai contoh, salmon biasanya disuntik dengan pewarna makanan merah muda untuk membuatnya tampak berair dan merah muda. Selain itu, berbagai jenis penyimpanan dan pengolahan dapat mengubah warna makanan tertentu. Akibatnya, telah menjadi praktik umum untuk mewarnai makanan artifisial untuk meningkatkan penampilan mereka untuk membangkitkan selera konsumen.[1]

Pewarna makanan banyak digunakan untuk berbagai jenis makanan, terutama berbagai produk yang dijajakan di -pasar , serta berbagai makanan olahan yang dibuat oleh industri kecil atau industri rumah tangga, meskipun pewarna buatan juga ditemukan pada berbagai jenis makanan yang dibuat oleh industri besar.

Penggunaan pewarna sebenarnya sah-sah saja selama dalam jumlah terbatas. Namun demikian, apabila pewarna yang digunakan adalah pewarna non-pangan, misalnya pewarna tekstil ataupun pewarna makanan, tetapi dalam jumlah yang berlebihan, tentulah akan membahayakan kesehatan konsumen.[2]

Baca juga  Update Harga Es Krim Aice (Semua Rasa)
Ilustrasi: Pewarna Makanan Cair (credit: foodhighs)

Ilustrasi: Pewarna Makanan Cair (credit: foodhighs)

Nah, jika Anda sedang membutuhkan pewarna makanan cair untuk keperluan pribadi, simak harga berbagai merek pewarna makanan cair berikut ini!

Daftar Harga Pewarna Makanan Cair

Merek Pewarna Makanan CairHarga (Rp)
Pewarna makanan Hakiki1.600
Lion Brothers Pewarna makanan 30 g3.500
Pewarna makanan R&W (Rajawali)4.500
Pewarna makanan Smelling Good5.000
Pewarna makanan cair Koepoe-Koepoe 30 ml3.500 – 5.500
Pewarna makanan Ny. Liem 30 ml9.000
Cross pewarna makanan 20 gr10.000
Trans Pewarna 50ML10.000
Toffieco Food Coloring12.000
Ace Color pewarna makanan alami/natural18.000
Pewarna makanan Rajawali 12,5 ml 12 pcs (1 lusin)19.800
Colatta Choco Art Pewarna Makanan 50 gr28.500
Chefmaster Liqua Gel Color 36,86 gr42.750
Pewarna makanan Wilton Food Color53.500
Pewarna makanan Koepoe Koepoe 1 L58.500 – 65.000
Pewarna makanan Indocol 1 kg64.922
Cross pewarna makanan 500 cc107.000
My Flavor 16 pcs gel food color set400.000
Baca juga  Info Keunggulan dan Harga Pakan Lele Hi Pro Vite 781 di Pasaran

Informasi harga pewarna makanan cair di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga pewarna makanan cair dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga pewarna makanan cair yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Ilustrasi: Harga Pewarna Makanan Cair (credit: cravingsofafoodscientist)

Ilustrasi: Harga Pewarna Makanan Cair (credit: cravingsofafoodscientist)

Apabila Anda sedang mencari produk pewarna makanan cair, Anda bisa membelinya di toko-toko bahan kue terdekat atau di sejumlah pusat perbelanjaan besar seperti Giant, Hypermart, Superindo, Transmart Carrefour, atau sebagainya. Jika Anda kesulitan mencari pewarna makanan cair yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tak ada salahnya juga untuk membeli pewarna makanan cair secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka.

[1] Praja, DI. 2015. Zat Aditif Makanan: Manfaat dan Bahayanya (hlm 7-8). Yogyakarta: Garudhawaca.

[2] Rahman, S. 2018. Membangun Pertanian Dan Pangan Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan (hlm 170). Sleman: Deepublish.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Pewarna Makanan Cair dalam Berbagai Merek"