Info Lengkap Harga dan Cara Menggunakan Pewarna Makanan Bubuk di Pasaran

Di Indonesia, sering terjadi penyalahgunaan zat untuk tekstil atau kulit, dipakai untuk mewarnai atau minuman. Hal tersebut jelas dapat membahayakan kesehatan karena ada residu logam berat pada pewarna tersebut. Penyalahgunaan tersebut dapat disebabkan ketidaktahuan masyarakat atau tidak adanya penjelasan pada kemasan . Pewarna makanan yang banyak beredar di pasaran terdiri dari berbagai jenis mulai dari bentuk bubuk, gel, hingga cair. Harganya juga bervariasi tergantung pilihan.

Pewarna makanan bubuk (sumber: lazada)

Pewarna makanan bubuk (sumber: lazada)

Zat pewarna yang diizinkan untuk makanan dikenal sebagai permitted color atau certified color. Terdapat dua sumber bahan baku dari pewarna makanan yakni pewarna sintetik dan pewarna alami. Contoh-contoh pewarna sintetik yang diizinkan untuk makanan adalah: Tartrazin, Yellow AB dan OB, Guinea Green, Brilliant Blue, Orange B, FD & C Red no.40, Carmoisin, dan Erythrosin. Sedangkan, contoh pewarna alami untuk makanan yakni Alkanat, Cochineal red (Karmin), Annato, Karoten, Kurkumin, Safron, Klorofil, Carbon Black, Titanium Oksida, dan Besi Oksida.[1]

Baca juga  Update Harga KalsiPlank Semua Tipe dan Ukuran (8 mm, 9 mm, 10 mm)

Perlu diketahui, penambahan zat pewarna makanan akan dilarang jika digunakan untuk menyembunyikan proses yang salah dan menyembunyikan kerusakan atau kebusukan, sehingga bermaksud menipu konsumen. Beberapa penjual makanan nakal juga menambahkan pewarna makanan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar dari yang diperlukan.[2] Hal tersebut juga dilarang karena dapat menurunkan kualitas produk makanan. Lalu, berapa pewarna makanan bubuk di pasaran?

Harga Pewarna Makanan Bubuk Berbagai

Merek Pewarna Makanan BubukHarga (Rp)
Pewarna Makanan Bubuk Cap Bebek Angsa kemasan 100 gr3.000
Pewarna Makanan Bubuk 113 Food Coloring 10 gr4.000
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe koepoe 8 gr4.500
Pewarna Makanan Bubuk Smelling Good6.500
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe koepoe 10 gr10.000
Pewarna Makanan Bubuk Opaque White10.000
Pewarna Makanan Bubuk orange AG/jingga20.000
Cross Mossgreen Pewarna Makanan Bubuk 15 gr20.000
Pewarna Makanan Bubuk Tartrazine 10022.500
Pewarna Makanan Bubuk Merah Carmoisine25.000
Cross Pewarna Makanan Bubuk Lemon Yellow 15gr25.000
Pewarna Makanan Bubuk Dark Black45.000
Pewarna Makanan Bubuk Carmoisine 100 gr Butterfield45.000
Pewarna Makanan Bubuk Indocol Tartrazine 1 kg125.000
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe koepoe 1kg148.000
Pewarna makanan bubuk (sumber: my-best.id)

Pewarna makanan bubuk (sumber: my-best.id)

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Produk pewarna makanan bubuk berbagai merek dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Selain membelinya di bahan , Anda juga dapat menemukan produk ini di supermarket atau minimarket terdekat untuk tertentu. Untuk lebih praktis, tak ada salahnya memesannya secara online melalui sejumlah marketplace terpercaya.

Baca juga  Harga Kasur Busa Olympic (Semua Ukuran)

Menambahkan pewarna makanan memang mudah, tapi dalam proses aplikasinya akan ada beberapa tantangan untuk memastikan bahwa pewarna yang kita gunakan pas. Pada beberapa resep biasanya hanya mencantumkan petunjuk untuk menggunakan pewarna makanan secukupnya, tetapi sebenarnya berapa banyak pewarna makanan yang aman digunakan? Jumlah pewarna yang digunakan akan sangat bervariasi tergantung jenis pewarna yang Anda gunakan.

Cara Menggunakan Pewarna Makanan Bubuk

Bubuk pewarna makanan dan pasta berkualitas tinggi dapat digunakan pada jumlah yang sedikit saja dibanding pewarna makanan cair. Jika Anda menggunakan pewarna makanan untuk kue, sebaiknya campurkan saat Anda menggabungkan bahan kering dan bahan cair, sebelum benar-benar terbentuk. Dengan ini, Anda masih punya waktu untuk menambahkan pewarna sebelum tercampur seluruhnya.

Tips sederhana, jika Anda merasa adonan Anda sudah teraduk dengan kuat, istirahatkan adonan sebentar sebelum masuk ke pemanggang. Hal ini akan membantu kandungan gluten pada adonan untuk lebih sedikit rileks sebelum dipanggang. Jika pada adonan Anda pewarna makanan masih terlihat tipis, mungkin perlu ditambahkan sedikit lagi pewarna makanan untuk mendapatkan warna yang lebih cerah setelah dipanggang.

Baca juga  Info Terkini Harga Etalase Ukuran Kecil di Pasaran 

[1] Roswiem, Anna Priangani. Buku Saku Produk Halal: Makanan Dan Minuman (Jakarta: Republika Penerbit, 2015), hlm. 60.

[2] Elfi, dkk. Pigmen Sebagai Zat Pewarna dan Antioksidan Alami Identifikasi Pigmen Bunga. (Malang:  UMMPress, 2019), hlm. 54

author

Leave a reply "Info Lengkap Harga dan Cara Menggunakan Pewarna Makanan Bubuk di Pasaran"