Info Terbaru Harga Pewarna Makanan Bubuk

Untuk makanan tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga punya warna yang menarik, sering digunakan pewarna makanan. Bahan ini sendiri sudah hadir dalam berbagai bentuk, termasuk bubuk dan cair. Jika Anda tertarik menggunakan pewarna bubuk untuk membuat tampilan makanan Anda lebih oke, Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan makanan atau lewat e-commerce dengan harga yang relatif terjangkau.

Pewarna makanan bubuk (sumber: my-best.id)
Pewarna makanan bubuk (sumber: my-best.id)

Apa Itu Pewarna Makanan?

Seperti dilansir dari Alodokter, pewarna makanan adalah zat aditif yang ditambahkan untuk meningkatkan warna makanan atau minuman. Selain itu, pewarna makanan juga dapat meningkatkan daya tarik makanan dan meningkatkan nafsu makan orang yang mengosumsinya. Secara umum, bahan ini dapat dibagi menjadi dua, yakni pewarna alami dan pewarna atau kimia. Pewarna alami terbuat dari bahan alami, seperti tumbuhan, hewan, dan mineral, sedangkan pewarna sintetis terbuat dari campuran dua atau lebih bahan atau zat kimia.

Bacaan Lainnya

Untuk pewarna makanan alami, bisa menggunakan Alkanat, Cochineal red (Karmin), Annatto, Karoten, Kurkumin, Saffron, Klorofil, Carbon Black, Titanium Oksida, dan Besi Oksida. Sementara itu, pewarna makanan biasanya memakai Ponceau 4R, Karmoisin, Brilliant Blue, Tartrazin, atau Allura Red.[1] Namun, terkadang ada pengusaha nakal yang memakai pewarna bukan makanan (non-food grade) untuk memberikan warna pada makanan, salah satunya Rhodamin B yang sebenarnya diperuntukkan industri tekstil.[2]

Baca juga  Update Harga Joran Daiwa Crossfire (Semua Tipe)

Pemakaian pewarna selain memiliki dampak positif, ternyata dapat menimbulkan efek negatif, terutama bagi konsumen. Pasalnya, jika zat-zat sintetis digunakan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama, akan memengaruhi organ di dalam tubuh, termasuk merusak fungsi hati dan ginjal manusia, dan bahkan bisa menyebabkan kanker.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan pewarna makanan, teliti sebelum membeli. Pastikan bahwa pewarna makanan itu aman dikonsumsi dan sudah diizinkan oleh pemerintah. Memang, alangkah lebih baik menggunakan pewarna makanan berbahan alami. Meski demikian, sudah ada sejumlah pewarna makanan yang memang cukup aman dikonsumsi. Lalu, berapa harganya saat ini?

Harga Pewarna Makanan Bubuk

Pewarna Makanan Bubuk (sumber: alibaba.com)
Pewarna Makanan Bubuk (sumber: alibaba.com)
Merk Pewarna Makanan Bubuk Harga
Pewarna Makanan Bubuk Cap Bebek Angsa 100 gr Rp2.775
Pewarna Makanan Bubuk 113 Food Coloring 10 gr Rp5.999
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe Koepoe 8 gr Rp7.500
Pewarna Makanan Bubuk Smelling Good 10 gr Rp10.000
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe Koepoe 10 gr Rp10.000
Pewarna Makanan Bubuk Opaque White 100 gr Rp10.500
Pewarna Makanan Bubuk Orange AG/Jingga 100 gr Rp22.000
Pewarna Makanan Bubuk Tartrazine 100 gr Rp25.000
Pewarna Makanan Bubuk Cross Mossgreen 15 gr Rp37.000
Pewarna Makanan Bubuk Cross Lemon Yellow 15gr Rp37.000
Pewarna Makanan Bubuk Carmoisine 100 gr Butterfield Rp50.000
Pewarna Makanan Bubuk Dark Black 100 gr Rp59.000
Pewarna Makanan Bubuk Koepoe Koepoe 1 kg Rp152.000
Pewarna Makanan Bubuk Indocol Tartrazine 1 kg Rp155.999
Baca juga  Tips Memelihara dan Update Harga Cucak Wilis (Bahan, Jantan, Gacor)

Harga pewarna makanan bubuk di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs online dan toko bahan makanan. Perlu Anda catat bahwa harga produk pewarna makanan bubuk tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2020, harga pewarna makanan bubuk tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan. Pewarna Dark Black 100 gr misalnya, dijual Rp45 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp55 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp59 ribu tahun 2022. Sebaliknya, harga pewarna Koepoe Koepoe 1 kg Rp148 ribu tahun 2020, sedikit turun menjadi Rp144 ribuan tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp152 ribu di tahun 2022.

Tips Menggunakan Pewarna Makanan Bubuk

Ilustrasi: Menggunakan Bahan Pewarna Makanan (credit: Sheknows)
Ilustrasi: Menggunakan Bahan Pewarna Makanan (credit: Sheknows)

Bubuk pewarna makanan berkualitas dapat digunakan dalam jumlah yang sedikit saja dibanding pewarna makanan cair. Jika Anda menggunakan pewarna makanan untuk adonan kue, sebaiknya campurkan saat Anda menggabungkan bahan kering dan bahan cair, sebelum adonan benar-benar terbentuk. Jadi, Anda masih punya waktu untuk menambahkan pewarna sebelum adonan tercampur seluruhnya.

Baca juga  Info Terkini Harga Printer Laser Jet Baru Termurah

Tips sederhana, jika Anda merasa adonan Anda sudah teraduk dengan kuat, istirahatkan adonan sebentar sebelum masuk ke pemanggang. Hal ini akan membantu kandungan gluten pada adonan untuk lebih sedikit rileks sebelum dipanggang. Jika pada adonan Anda pewarna makanan masih terlihat tipis,, mungkin perlu ditambahkan sedikit lagi pewarna makanan untuk mendapatkan warna yang lebih cerah setelah dipanggang.

[Update: Almas]

[1] Handayani, Rezqi dan Henilisa Yuliyana Larasati. 2018. Identifikasi Pewarna pada Produk Olahan Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis. Anterior Jurnal, Vol. 17(2): 130-135.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *