Harga Perunggu per Gram di Pasaran Saat Ini

No comment1101 views

Emas memang menjadi logam yang paling populer, termasuk untuk maupun berinvestasi. Sayangnya, meski stabil, namun emas cukup mahal dan tidak semua orang bisa membelinya. Nah, sebagai alternatif yang lebih murah, Anda bisa memilih perhiasan berbahan . Meski harganya lebih terjangkau, namun tetap bisa membuat Anda terlihat kece.

Dikutip dari Wikipedia, perunggu dikatakan sebagai campuran tembaga dengan unsur kimia lain, biasanya dengan timah, walaupun bisa juga dengan unsur-unsur lain seperti fosfor, mangan, alumunium, atau silikon. Perunggu bersifat keras dan digunakan secara luas dalam industri. Perunggu sangat penting pada masa lampau, bahkan pernah suatu masa disebut sebagai Zaman Perunggu.

Masih menurut referensi yang sama, ditemukannya perunggu membuat manusia bisa menciptakan benda-benda perunggu yang lebih baik daripada segala benda yang diciptakan pada zaman sebelumnya. -alat, senjata, dan material lainnya yang dibuat dari perunggu bisa lebih keras dan lebih tahan daripada peralatan sebelumnya yang terbuat dari batu dan tembaga.

Pada awalnya, perunggu dicampur dengan arsenik untuk membentuk perunggu arsenik. Berikutnya, material timah yang digunakan, dan timah menggantikan posisi arsen di akhir abad ke-3 sebelum Masehi. Perunggu timah lebih unggul dibandingkan perunggu arsenik karena proses pembentukan dan pembuatannya lebih mudah. Selain itu, timah juga tidak beracun, jika dibandingkan dengan arsen yang beracun. Perunggu dari timah yang tertua diperkirakan berasal dari sejak milenium ke-4 sebelum Masehi di Susa (Iran) dan beberapa situs kuno lainnya di China, Luristan (Iran), dan Mesopotamia (Irak).

Sifat Perunggu

Perkakas rumah tangga berbahan perunggu (sumber: amazon.in)

Perkakas rumah tangga berbahan perunggu (sumber: amazon.in)

Secara umum, perunggu memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada tembaga dan kuningan (logam campuran antara tembaga dan seng). Perunggu juga memiliki sifat tahan terhadap proses korosi (karat) yang ditimbulkan oleh oksidasi logam dengan zat asam atau oksigen (O2), sehingga perunggu dapat bertahan lama walaupun ditempatkan pada udara terbuka.

Dibandingkan dengan baja (campuran besi dengan zat lain), perunggu memiliki titik leleh lebih rendah, dengan berat jenis yang hampir sama (sekitar 10 persen lebih berat), lebih lunak, serta lebih elastis. Selain itu, material ini juga memiliki konduktivitas listrik dan panas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan baja.

Perunggu dikenal sebagai logam campuran yang tahan terhadap korosi, keras, dan awet, sehingga logam ini sering dilebur sebagai berbagai perlengkapan keperluan hidup manusia. Aliase (campuran yang terbentuk karena pelelehan ini) banyak digunakan seperti untuk membuat perunggu meriam (campuran 90 persen tembaga dan 10 persen timah), perunggu aluminium (campuran 90 persen tembaga dan 10 persen aluminium), perunggu teropong (70 persen tembaga dan 30 persen timah), perunggu genta (80 persen tembaga dan 20 persen timah), serta perunggu asam (82-88 persen tembaga dan 2-8 persen timbel, 8-10 persen timah dan 0,2 persen seng).

Manfaat Perunggu

Pemanfaatan perunggu didasarkan pada sifat-sifatnya yang menguntungkan, baik secara fisik, mekanik, maupun kimia. Sifat perunggu yang cukup keras tetapi elastis dan memiliki titik leleh rendah memudahkan logam ini ditempa atau dicetak, antara lain menjadi perhiasan , patung, medali untuk penghargaan, dan peralatan rumah tangga.

Sementara, sifat perunggu yang tahan terhadap korosi membuatnya sering digunakan sebagai pelapis logam lain untuk menghindari proses korosi, seperti untuk bahan pembuatan kapal laut. Di samping itu, sifat perunggu yang memiliki kualitas resonansi (bunyi) yang baik, membuat logam tersebut banyak digunakan untuk membuat gong, lonceng, dan peralatan musik tradisional seperti gamelan.

Cara Merawat Perunggu

Perhiasan berbahan perunggu (sumber: alexeagle.co.uk)

Perhiasan berbahan perunggu (sumber: alexeagle.co.uk)

  • Meski dikatakan sebagai logam yang mudah dibersihkan, namun merawat perunggu juga tidak boleh sembarang. Hindari memakai pelarut untuk membersihkan perunggu. Ini karena zat kimia dalam pelarut bisa membuat lapisan lilin maupun patina mengelupas. Pada akhirnya, perhiasan perunggu akan mudah rusak jika Anda memakai bahan pelarut kala membersihkannya. Sebaiknya, gunakan sabun bayi untuk membersihkan perunggu. Ini karena dalam sabun bayi mengandung pH yang seimbang sehingga cocok untuk perunggu.
  • Anda bisa memakai wax untuk hasil pembersihan yang lebih maksimal. Wax akan menjaga agar warna patina atau lapisan lilin di perhiasan perunggu Anda lebih tahan lama. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk wax yang cocok untuk membersihkan perhiasan perunggu Anda.
  • Perhiasan perunggu Anda jangan hanya diletakkan tanpa disimpan dengan rapi. Usai mengenakan perhiasan ini, sebaiknya lap dengan tisu atau kain lembut. Setelahnya, simpan di tempat kering dan sejuk. Dengan demikian, perhiasan Anda lebih terjaga dan lebih awet. 
  • Jauhkan perhiasan perunggu Anda dari panas berlebihan. Jangan menaruh logam ini di tempat yang lembap dan kotor. Pastikan tempat penyimpanannya higienis dan cukup pergantian udara sehingga tidak pengap dan lembap. Pasalnya, paparan panas yang berlebihan bisa membuat lapisan wax pada perhiasan meleleh.

Harga Perunggu

Seperti diutarakan di atas, dibandingkan emas, bahkan perak, harga logam perunggu memang jauh lebih terjangkau. Meski tidak ada angka pasti, namun perunggu di pasaran saat ini dijual dengan harga Rp25.000 hingga Rp35.000 per . Harga perunggu tersebut bisa berubah kapan saja, tergantung angka permintaan. Namun, perubahan harga perunggu tidak terlalu lebar.

Di pasaran sendiri, selain dalam bentuk perhiasan, seperti kalung dan cincin, banyak juga produk berbahan perunggu lainnya, seperti patung, koin, medali, keris, hingga alat musik gamelan. Harga produk-produk perunggu ini juga sangat beragam, berkisar ratusan ribu, bahkan ada uang mencapai angka Rp10 jutaan, tergantung kadar perunggu dan keunikan produk yang bersangkutan.

Baca juga  Update Info Harga Pantene Leave on Treatment Hair Strength Tonic
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Perunggu per Gram di Pasaran Saat Ini"